Patung Hanoman Raksasa 27,5 Meter Diresmikan di AS, Disebut 'Patung Persatuan'

Patung Hanoman raksasa setinggi 90 kaki atau 27,432 meter diresmikan pada upacara Pran Pratishtha di Amerika Serikat.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 25 Agu 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 11:30 WIB
Patung Hanoman Raksasa 27,5 Meter Diresmikan di AS, Disebut 'Patung Persatuan'
Patung Hanoman raksasa diresmikan pada upacara Pran Pratishtha di Amerika Serikat. (sumber: X/SaffronSunanda/OnTheNewsBeat via India Times)

Liputan6.com, Jakarta Pada tanggal 18 Agustus, patung Dewa Hanuman berukuran raksasa setinggi 90 kaki atau 27,432 meter diresmikan pada upacara Pran Pratishtha di Houston, Texas, di Amerika Serikat. Patung unik itu kemudian disebut 'Patung Persatuan'.

Dinamakan 'Patung Persatuan' karena "perwujudan kekuatan, pengabdian, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri, serta pelayanan tanpa pamrih." Semua hal yang terkait dengan Dewa Hanoman dan perannya dalam menyatukan kembali Rama dan Shinta.

Dilansir Liputan6.com dari India Times, Minggu (25/8/2024), menurut berbagai laporan, sekarang patung tersebut menjadi patung tertinggi ketiga di Amerika Serikat, dan patung Hanoman tertinggi di Amerika Utara.

Menurut laporan, Yang Mulia Sri Chinnajeeyar Swamiji adalah otak di balik proyek ini. 'Patung Persatuan' setinggi hampir 27,5 itu menampilkan patung Dewa Hanoman berwarna perunggu berdiri tegak sambil kedua telapak tangannya menghadap ke depan.

Patung ini berada di dalam lokasi Kuil Sri Ashtalakshmi di Sugar Land, Texas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Patung Hanoman di Texas, AS

Patung Hanoman Raksasa 27,5 Meter Diresmikan di AS, Disebut 'Patung Persatuan'
Patung Hanoman raksasa diresmikan pada upacara Pran Pratishtha di Amerika Serikat. (sumber: X/SaffronSunanda via India Times)

Patung Dewa Hanoman yang disebut sebagai 'Patung Persatuan' setinggi hampir 27,5 itu menampilkan patung Dewa Hanoman berwarna perunggu berdiri tegak sambil kedua telapak tangannya menghadap ke depan.

Patung yang berada di dalam lokasi Kuil Sri Ashtalakshmi di Sugar Land, Texas ini mengungkap rincian bahwa patung tersebut Panchaloha Abhaya Hanuman akan berdiri setinggi 90 kaki – memancarkan kebajikan, kekuatan, dan harapan.

Patung Persatuan adalah tentang menciptakan pusat spiritual di mana hati menemukan pelipur lara, pikiran menemukan kedamaian, dan jiwa menemukan jalan menuju transendensi.

"Mari kita wujudkan visi Patung Hanoman tertinggi di Amerika Utara, dan bersama-sama, mari kita terus menciptakan dunia yang penuh dengan cinta, kedamaian, dan pengabdian," tulis keterangan pada situs web.

Situs web tersebut juga menyebutnya sebagai kesempatan bagi kami sebagai komunitas untuk menentukan jalan bagi generasi mendatang untuk mencari berkah ilahi dari Dewa Hanuman.


Di mana patung Hanoman tertinggi di AS?

Patung Hanoman Raksasa 27,5 Meter Diresmikan di AS, Disebut 'Patung Persatuan'
Patung Hanoman tertinggi di Amerika Serikat. (sumber: Financial Express via India Times)

Telah disebutkan sebelumnya jika Patung Hanoman yang baru saja diresmikan adalah patung tertinggi ketiga di Amerika Serikat. Lalu, di mana patung Hanoman tertinggi di AS?

Patung Dewa Hanoman tertinggi di AS dipasang di Delaware pada Juni 2020, menurut Financial Express. Dengan berat 45 ton, patung itu diangkut dari Hyderabad ke New York melalui laut.

Patung itu dipasang di Hockessin, di New Castle County, Delaware. Patibanda Sharma, Presiden Asosiasi Kuil Hindu Delaware mengatakan kepada ANI, "Telah dikirim dari Warangal, Telangana ke Delaware."

Seorang pendeta dari Bengaluru melakukan upacara dan ritual selama 10 hari upacara instalasi yang dihadiri lebih dari 300 umat dari seluruh kota. Menurut laporan, total biaya pembuatan patung dan pengangkutannya berjumlah $100.000 atau lebih dari Rp1,54 miliar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya