8 Ciri Skincare yang Tidak Cocok di Kulitmu, Pahami Sekarang daripada Menyesal Kemudian

Penting untuk mengenali tanda-tanda ketidakcocokan produk skincare agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat.

oleh Miranti diperbarui 30 Agu 2024, 21:37 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 21:37 WIB
Skincare - Vania
Ilustrasi Skincare/https://www.freepik.com/freepik 

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan produk perawatan kulit yang sesuai adalah kunci untuk memperoleh kulit yang sehat dan berkilau. Namun masalahnya, tidak semua produk akan cocok dengan jenis kulit setiap orang. Kasus orang yang kulitnya rusak karena salah memilih produk perawatan pun sangat banyak dijumpai.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda ketidakcocokan produk skincare agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat. Salah satu tanda yang paling umum adalah munculnya iritasi atau kemerahan setelah penggunaan produk tertentu.

Ini bisa menjadi indikasi bahwa kulit kamu bereaksi negatif terhadap bahan-bahan yang ada dalam produk tersebut. Berikut adalah berbagai tanda bahwa produk skincare yang kamu gunakan tidak cocok dengan kulitmu sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (30/8/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 


1. Kulit Kemerahan dan Iritasi

tanda - Vania
"Gambar Skincare yang Tidak Sesuai/https://www.freepik.com/cookie_studio "

Salah satu tanda paling umum dari ketidakcocokan produk skincare adalah munculnya kemerahan dan iritasi pada kulit. Kemerahan ini biasanya disertai dengan rasa panas atau gatal. Jika kulit kamu menunjukkan reaksi seperti ini setelah menggunakan produk tertentu, sebaiknya hentikan penggunaannya segera.


2. Munculnya Jerawat dan Komedo

Skincare - Vania
Gambar Ilustrasi Skincare diambil dari https://www.freepik.com/freepik

Jerawat dan komedo yang muncul setelah penggunaan produk skincare baru bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut tidak sesuai dengan kulit. Ini bisa disebabkan oleh bahan yang menyumbat pori-pori atau memicu produksi minyak berlebih.


3. Kulit Kering dan Mengelupas

Skincare - Vania
Ilustrasi Skincare/https://www.freepik.com/freepik 

Kulit yang tiba-tiba menjadi sangat kering dan mengelupas adalah indikasi lain bahwa skincare yang kamu gunakan tidak cocok. Bahan aktif tertentu dalam produk bisa terlalu keras dan menghilangkan kelembapan alami kulit. 


4. Sensasi Terbakar atau Menyengat

Jika kamu merasakan sensasi terbakar atau menyengat setelah mengaplikasikan produk skincare, ini adalah tanda jelas bahwa kulit tidak cocok dengan produk tersebut. Sensasi ini bisa menunjukkan adanya bahan iritan atau alergi terhadap salah satu komponen produk.


5. Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit, seperti hiperpigmentasi atau munculnya bintik-bintik gelap, bisa menjadi tanda bahwa produk skincare tidak cocok. Bahan kimia tertentu dalam produk bisa menyebabkan reaksi yang tidak diinginkan pada kulit. 


6. Pembengkakan dan Bintik Merah

Pembengkakan dan munculnya bintik merah adalah tanda-tanda reaksi alergi terhadap produk skincare. Jika kamu mengalami gejala ini, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter kulit.


7. Kulit Menjadi Lebih Sensitif

How To: 5 Langkah Pengaplikasian Serum Wajah yang Tepat Untuk Hasil Dapatkan Manfaat Maksimal
Ilustrasi pemakaian skincare. (Sumber foto pexels.com)

Kulit yang menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari atau produk lain setelah menggunakan skincare tertentu adalah tanda bahwa produk tersebut tidak cocok. Kulit yang sensitif bisa menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dan iritasi.


8. Pori-Pori Terlihat Membesar

skincare-kezo
ilustrasi Manfaat cucian air beras untuk wajah/pixabay

Penggunaan produk yang tidak cocok dapat menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar atau lebih tersumbat. Ini bisa disebabkan oleh penumpukan produk atau bahan yang menyumbat pori-pori, yang mengganggu proses eksfoliasi alami kulit dan memperburuk tampilan pori-pori.

Jika kamu mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, sebaiknya segera hentikan penggunaan produk dan konsultasikan dengan ahli dermatologi. Memilih produk skincare yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya