Pahami 10 Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Buah Srikaya Bagi Kesehatan

Buah srikaya kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

oleh Miranti diperbarui 09 Okt 2024, 12:06 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 12:06 WIB
Manfaat buah srikaya
Manfaat buah srikaya (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Siapa di sini yang gemar dengan buah srikaya? Buah yang berwarna hijau dan berbentuk kerucut ini memiliki kulit yang kasar. Teksturnya yang creamy dan rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya.

Anda dapat menikmati kelezatan buah ini dengan mudah, cukup menggunakan sendok dan disajikan dalam keadaan dingin. Buah srikaya kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kandungan ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, serta meningkatkan kesehatan mata dan jantung.

Namun, Anda perlu berhati-hati karena ada bagian tertentu dari srikaya yang mengandung racun dan bisa merusak sistem saraf jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Simak 10 manfaat srikaya untuk kesehatan yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (9/10/2024), dan jangan lupa untuk mengonsumsinya dengan bijak.


1. Tinggi antioksidan

Buah Srikaya Kaya Manfaat
Srikaya adalah buah yang ideal untuk dijadikan favorit karena memiliki manfaat kesehatan yang berlimpah. (Foto: Unsplash/shraddha kulkarni)

Buah srikaya memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas dengan kadar tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif yang berhubungan dengan berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa kulit dan daging buah srikaya adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Senyawa dalam kulitnya sangat efektif dalam mencegah kerusakan oksidatif.

2. Dapat meningkatkan mood

Merasa suasana hati sedang tidak baik? Cobalah konsumsi buah srikaya. Mengapa? Karena buah ini mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam pembentukan neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin, yang membantu mengatur suasana hati.

Penelitian pada orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa kekurangan vitamin B6 dapat menggandakan risiko seseorang mengalami depresi. Mengonsumsi srikaya dapat membantu mengurangi risiko depresi yang terkait dengan kekurangan vitamin B6.

3. Baik untuk kesehatan mata

Srikaya mengandung antioksidan karotenoid lutein, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan dan melawan radikal bebas seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Beberapa penelitian mengaitkan asupan lutein yang tinggi dengan kesehatan mata yang lebih baik dan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan mata dan kehilangan penglihatan. Selain itu, lutein dalam srikaya dapat mengurangi risiko kondisi seperti AMD dan katarak.

 


4. Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat Lain Buah Srikaya
mengonsumsi buah srikaya untuk mencapai kesehatan yang maksimal. (Foto: Unsplash/Sandip Kalal)

Kalium dan magnesium membantu memperlebar pembuluh darah, yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Buah srikaya mengandung kedua mineral ini. Sebuah ulasan menunjukkan bahwa mengonsumsi 4.700 mg potasium per hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing sekitar 8 dan 4 mm Hg. Jika tekanan darah tetap tinggi, risiko terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

5. Meningkatkan pencernaan yang baik

Satu cangkir srikaya mengandung 5 gram serat makanan. Serat larut dalam srikaya mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus dan difermentasi menjadi asam lemak rantai pendek. Mengonsumsi buah ini dapat mendukung pergerakan usus yang sehat dan memberikan nutrisi pada bakteri usus, sehingga kesehatan pencernaan Anda dapat terjaga dengan baik.

6. Memiliki sifat antikanker

Srikaya mengandung flavonoid seperti katekin, epikatekin, dan epigalokatekin, yang telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker dalam penelitian laboratorium. Penelitian lain menunjukkan bahwa beberapa katekin dalam buah ini dapat menghentikan hingga 100% pertumbuhan sel kanker payudara. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memahami sepenuhnya bagaimana senyawa dalam srikaya mempengaruhi kanker.


7. Dapat melawan peradangan

Srikaya Kaya Manfaat Kesehatan
Buah srikaya menawarkan banyak manfaat, namun Anda perlu membuang biji dan kulitnya sebelum mengonsumsinya. (Foto: Unsplash/shraddha kulkarni)

Srikaya mengandung berbagai senyawa anti-inflamasi, termasuk asam kaurenoat. Asam ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan telah terbukti mengurangi protein inflamasi tertentu dalam penelitian pada hewan. Perlu diketahui bahwa peradangan kronis dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

8. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Srikaya kaya akan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dengan melawan infeksi dan penyakit. Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi durasi flu biasa. Namun, penelitian ini bervariasi dan sebagian besar berfokus pada suplemen daripada vitamin C dari makanan. Mari konsumsi srikaya untuk mendukung kekebalan tubuh Anda.

 

 


9. Mendukung kesehatan otak

Ilustrasi Kesehatan Otak
Ilustrasi Kesehatan Otak (sumber: unsplash)

Kandungan vitamin B6 dalam srikaya berperan dalam produksi neurotransmitter, yang penting untuk kesehatan otak. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mendukung fungsi kognitif yang baik.

10. Mendukung kesehatan kulit

Vitamin C dalam srikaya berperan penting dalam sintesis kolagen, yang menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi.

Efek Samping Buah Srikaya: Meskipun memiliki berbagai manfaat kesehatan, srikaya mungkin mengandung annoacin pada biji dan kulitnya. Senyawa ini dapat mempengaruhi otak dan sistem saraf. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari konsumsi biji dan kulitnya sebelum dimakan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya