6 Comfort Food yang Cocok untuk Ibu Hamil, Menyehatkan dan Menyegarkan

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, penting bagi ibu hamil untuk memilih makanan yang tidak hanya enak, tetapi juga bergizi.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 14 Okt 2024, 12:19 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 12:19 WIB
Cara Berpuasa dengan Aman untuk Ibu Hamil
Pilihlah sejumlah makanan untuk memenuhi asupan nutrisi selama berpuasa. (Foto: Freepik/Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan adalah periode yang dipenuhi dengan berbagai perubahan fisik dan emosional. Selama waktu ini, ibu hamil sering mengalami beragam gejala seperti mual, kelelahan, dan hasrat untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Memilih makanan saat mengandung tentu menjadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil. Setiap wanita hamil memiliki toleransi dan batasan masing-masing mengenai makanan yang tidak sesuai untuk dikonsumsi atau makanan yang menjadi favorit selama kehamilan.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, penting bagi ibu hamil untuk memilih makanan yang tidak hanya enak, tetapi juga bergizi. Comfort food yang sehat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menjaga suasana hati tetap baik sambil memenuhi kebutuhan nutrisi.

Berikut adalah beberapa ide comfort food yang bisa dinikmati oleh ibu hamil agar tetap segar dan sehat, seperti dihimpun dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (14/10/2024).

1. Kaldu ayam

ide comfort food ibu hamil
sup ayam/hak cipta freepik/jcomp

Sup ayam merupakan makanan penghibur yang klasik dan menyejukkan. Dengan tambahan sayuran seperti wortel, kentang, bayam, dan brokoli, hidangan ini tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral penting selama masa kehamilan.

Protein dari ayam mendukung pertumbuhan jaringan tubuh ibu dan janin, sementara sayuran menyediakan serat, vitamin C, dan zat besi untuk memperkuat sistem imun dan mencegah anemia. Untuk menambah kesegaran dan kehangatan, serta mengurangi rasa mual yang sering dialami ibu hamil, jahe dapat ditambahkan ke dalam sup ini.

2. Sandwich alpukat dan telur rebus

ide comfort food ibu hamil
roti bakar/hak cipta freepik/freepik

Roti gandum panggang yang dipadukan dengan alpukat dan telur rebus menawarkan perpaduan sempurna antara karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein. Hidangan ini tidak hanya mengenyangkan tetapi juga berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Alpukat mengandung banyak folat, yang sangat penting bagi perkembangan otak dan tulang belakang janin.

Telur menyediakan protein dan kolin yang mendukung perkembangan otak bayi. Roti gandum kaya serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Sebagai tambahan, coba tambahkan perasan lemon dan taburan lada hitam untuk cita rasa lebih segar.

3. Jus segar

ide comfort food ibu hamil
smoothie/hak cipta freepik/freepik

Smoothie bisa menjadi pilihan yang menyegarkan dan praktis, terutama saat ibu hamil kesulitan mengonsumsi makanan berat. Cobalah menggabungkan buah-buahan segar seperti mangga, pisang, blueberry, atau bayam dengan yogurt rendah lemak atau susu.

Buah-buahan ini kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Yogurt menyediakan probiotik untuk kesehatan pencernaan serta kalsium yang penting selama kehamilan. Sebagai tambahan, sedikit jahe bisa dicampurkan ke dalam smoothie untuk membantu meredakan mual di pagi hari.

4. Buah segar

ide comfort food ibu hamil
salad buah/hak cipta freepik/KamranAydinov

Di saat cuaca terik atau ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan, salad buah segar dapat menjadi pilihan yang menyegarkan. Gabungkan buah seperti semangka, mangga, anggur, dan apel, kemudian tambahkan yogurt sebagai sausnya.

Buah-buahan segar menyuplai vitamin C, serat, dan air yang penting untuk hidrasi tubuh. Yogurt memberikan kalsium dan probiotik yang mendukung kesehatan pencernaan. Sebaiknya pilih yogurt tanpa gula tambahan agar kadar gula tetap terkontrol.

5. Oatmeal

ide comfort food ibu hamil
oatmeal/hak cipta freepik/freepik

Oatmeal merupakan pilihan sarapan yang ideal bagi ibu hamil karena kandungan seratnya yang tinggi, yang dapat membantu mencegah sembelit, masalah umum selama kehamilan. Untuk variasi rasa dan tambahan gizi, Anda bisa menambahkan topping seperti pisang, stroberi, almond, dan biji chia. Oatmeal memberikan energi tahan lama dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Buah segar mengandung banyak antioksidan dan vitamin, sedangkan kacang-kacangan menyediakan protein serta lemak sehat. Anda juga bisa memilih susu rendah lemak atau susu almond untuk meningkatkan asupan kalsium, penting bagi kesehatan tulang ibu dan perkembangan tulang janin.

6. Keju leleh di atas ubi panggang

ide comfort food ibu hamil
ubi manis/hak cipta pexels/Anastasia Belousova

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang sehat, kaya akan vitamin A yang penting untuk perkembangan sel dan jaringan janin. Anda bisa memanggang ubi jalar dan menambahkan sedikit keju parut untuk cita rasa gurih yang lezat.

Ubi jalar juga mengandung banyak serat, vitamin A, dan vitamin C, serta memiliki indeks glikemik yang rendah, menjadikannya aman bagi ibu hamil yang perlu menjaga kadar gula darah. Keju menambah asupan protein dan kalsium. Anda juga dapat menambahkan sedikit yogurt dan irisan alpukat untuk memberikan rasa creamy yang sehat.

Itulah beberapa ide makanan yang nyaman dan bergizi untuk ibu hamil. Dengan memilih makanan yang sehat dan bernutrisi, ibu hamil dapat merasa nyaman sambil menjaga kesehatan diri dan janinnya. Cobalah beberapa ide menu di atas untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sambil menikmati rasa yang lezat dan menenangkan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya