Ini Cara Membuat Air Naqi' Kesukaan Rasulullah

Cara membuat air naqi' ternyata tidaklah sulit.

oleh Umi Septia diperbarui 08 Jun 2017, 17:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2017, 17:00 WIB
ilustrasi air naqi'
Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)

Liputan6.com, Jakarta - Cara membuat air naqi' yaitu rendamlah beberapa butir kurma (sunnah-nya dalam bilangan ganjil) ke dalam air masak di dalam segelas air. Alangkah baiknya dibuat pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat.

Keesokan paginya kurang lebih 8 hingga 12 jam setelah perendaman, air rendaman baru boleh diminum dan buah kurma hasil rendaman yang telah lembut ikut dimakan.

Kalau ingin membuat air naqi' dengan menggunakan buah kismis pun bisa. Caranya ambil segenggam kismis, kemudian direndam dalam segelas air. Dan dibiarkan semalaman seperti membuat air rendaman kurma.

Kalau ingin meminum air naqi' di waktu pagi hari, siapkan rendaman kurma atau kismis pada sore menjelang malam. Dan kalau ingin meminum air nabeez di waktu malam, buatlah rendaman kurma dan kismis di waktu pagi hari selama 8 sampai 12 jam perendaman.

Air naqi' bila tersimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari.Tetapi dilarang meminum air rendaman kurma atau kismis yang sudah memasuki lebih dari 3 hari.

Ini disebabkan air rendaman kurma atau kismis yang dibiarkan melebihi 3 hari terjadi proses fermentasi, yang menjadikan, air rendaman kismis atau kurma tersebut menjadi arak, dan hukumnya haram untuk diminum.
Oleh karena itu, lebih baik membuat air naqi' yang segar setiap harinya.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya