4 Pemain Muslim yang Membela Liverpool FC, Ada Mohamed Salah hingga Sadio Mane

Liverpool Footbal Club atau biasa disebut Liverpool FC merupakan sebuah klub sepak bola profesional asal Inggris yang berbasis di Kota Liverpool. Saat ini The Reds -julukan Liverpool FC- bermain di Liga Utama Inggris (Premier League).

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 12 Nov 2022, 08:30 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2022, 08:30 WIB
Diogo Jota Bawa Liverpool Hajar Midtjylland di Stadion Anfield
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memberikan arahan kepada Sadio Mane dan Mohamed Salah saat menghadapi Midtjylland pada laga Liga Champions 2020/2021 di Stadion Anfield, Rabu (28/10/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 2-0 atas Midtjylland. (AFP/Peter Powell/pool)

Liputan6.com, Bogor - Liverpool Footbal Club atau biasa disebut Liverpool FC merupakan sebuah klub sepak bola profesional asal Inggris yang berbasis di Kota Liverpool. Saat ini The Reds -julukan Liverpool FC- bermain di Liga Utama Inggris (Premier League).

Melansir situs resmi Liverpoolfc.com, The Reds berdiri pada 15 Maret 1892. Menilik sejarahnya, awal mula Liverpool FC berdiri karena adanya perseteruan antara Komite Everton FC dengan John Houlding, pemilik stadion Anfield yang kala itu menjadi presiden klub.

Perseteruan tersebut membuat Everton FC hengkang dari Anfield. Kemudian The Toffees bermarkas di Goodison Park. Sementara John Houlding membentuk klub sepak bola baru yang kini dikenal Liverpool FC. Stadion Anfield menjadi markas The Reds hingga saat ini.

Jurgen Klopp menjadi pelatih Liverpool FC sejak tahun 2015. Beberapa prestasi pernah diraih The Reds selama diarsiteki oleh Klopp, di antaranya juara Liga Champions 2018/2019, juara Piala Super UEFA 2019, juara Piala Dunia Antarklub 2019, juara Premier League 2019/2020, dan juara Piala Liga 2021/2022.

Keberhasilan The Reds tentu saja bukan hanya karena pelatih, tapi para pemain juga ikut andil. Pemain Liverpool FC berasal dari berbagai negara dan agama. Beberapa pemain di antaranya adalah seorang muslim.

Pemain-pemain muslim Liverpool FC antara lain Naby Keita, Ibrahima Konate, Sadio Mane, dan Mohamed Salah. Mereka tetap menjalankan kewajiban ibadah di tengah kesibukannya dalam dunia sepak bola sebagaimana muslim lainnya.

Berikut ini profil singkat mengenai empat pemain muslim yang memperkuat Liverpool FC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Naby Keita dan Ibrahima Konate

Foto: Siap-siap, 7 Gelandang Top Liga Inggris Ini Bakal Jadi Rebutan Musim Depan Karena Berstatus Bebas Transfer
Naby Keita. Gelandang Guinea berusia 27 tahun ini akan mengakhiri kontrak 5 tahun bersama Liverpool pada akhir musim 2022/2023. Ia didatangkan pada awal musim 2018/2019 dari RB Leipzig dengan nilai transfer 60 juta euro. Hingga kini ia telah tampil dalam 111 laga bareng The Reds di semua ajang dengan torehan 11 gol dan 7 assist. Kabarnya ia diminati beberapa klub, seperti Barcelona, Liverpool dan Aston Villa. (AFP/Adrian Dennis)

1. Naby Keita

Naby Laye Keita atau akrab disapa Naby Keita lahir di Conakry pada 10 Februari 1995. Ia merupakan pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai gelandang tengah di Liverpool FC dan tim nasional Guinea.

2. Ibrahima Konate

Pemain muslim The Reds berikutnya adalah Ibrahima Konate. Ia adalah pemain sepak bola profesional berkebangsaan Prancis yang lahir pada 25 Mei 1999. Sebelumnya, ia memulai karier sebagai pemain sepak bola yang bermain di lini depan. Namun sekarang, Ibrahima Konate bermain sebagai bek tengah di Liverpool FC.


Mohamed Salah dan Sadio Mane

Foto: Dua Gol Bola Muntah Warnai Kemenangan Liverpool atas Newcastle United di Liga Inggris dan Terus Tempel Manchester City
Liverpool berbalik unggul 2-1 pada menit ke-25. Mohamed Salah berhasil memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Sadio Mane yang ditepis Martin Dubravka. (AFP/Oli Scarff)

3. Mohamed Salah

Pemain sepak bola profesional ini berasal dari Mesir. Nama lengkapnya adalah Mohamed Salah Hamed Mahrous Ghaly, namun akrab disapa Mohamed Salah. Salah lahir di Basyoun, El Gharbia, Mesir pada 15 Juni 1992. Saat ini ia bermain sebagai penyerang untuk Liverpool FC dan tim nasional Mesir.

4. Sadio Mane

Sadio Mane juga merupakan pemain muslim yang memperkuat Liverpool FC. Ia lahir pada 10 April 1992 di Sedhiou, Senegal. Selain Liverpool, ia juga ikut membela tim nasional Senegal. Sejak belia, Mane sudah berambisi untuk menjadi pesepakbola. Awalnya ia dilarang oleh sang ayah. Namun ketika ayahnya meninggal, Mane mendapat dukungan dari keluarga untuk meniti karier di dunia sepak bola.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya