Top 3 Islami: Tanggal Berapa Idul Adha Muhammadiyah, NU dan Pemerintah?

Tiga artikel masuk jajaran Top 3 Islami, yakni tanggal berapa Idul Adha 2023, Kisah Uwais Al-Qarni dan nama bayi islami berawalan huruf R

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 15 Jun 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023, 06:30 WIB
Wujud Sapi Braman 1,4 Ton Kurban Jokowi di Cibinong
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan sapi braman 1,4 ton kepada DKM Baitul Faizin usai salat Idul Adha 1439 Hijriah di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/08). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Kira-kira dua pekan lagi umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha. Hanya saja, hingga kini baru Ormas Islam Muhammadiyah yang telah menetapkan kapan tanggal Idul Adha, yakni 28 Juni 2023.

Sementara, ormas Islam besar lainnya, Nahdlatul Ulama (NU) dan pemerintah belum menetapkan. Karenanya, banyak yang sudah bertanya-tanya, tanggal berapa Idul Adha 2023.

Artikel ini menyedot perhatian pembaca kanal Islami Liputan6.com, dan masuk jajaran teratas top 3, Rabu (14/6/2023).

Kemudian, ada pula kisah Uwais Al-Qarni, pemuda saleh namun tak dikenal di dunia namun begitu populer di langit. Uwais menggendong ibunya berhaji, mulai dari pemberangkatan dari kampungnya di Yaman, hingga melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Prioritas jemaah lansia, membuat kisah Uwais kembali menuai perhatian. Sebab, kini banyak petugas haji dan jemaah haji berusia muda yang secara sadar membantu jemaah lansia, mulai dari mendorong kursi roda dan bahkan menggendongnya.

Sementara, artikel lain yang juga menarik adalah nama bayi Islami berawalan huruf R. Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. Muhammadiyah 28 Juni, Tanggal Berapa Idul Adha 2023 versi Pemerintah dan NU?

Pasar Kambing Karangpucung, Cilacap selalu ramai menjelang Perayaan Idul Adha 2018. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Pasar Kambing Karangpucung, Cilacap selalu ramai menjelang Perayaan Idul Adha 2018. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Ormas Islam, Muhammadiyah telah menetapkan hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah akan jatuh pada Rabu (28/6/2023).

Hal ini didasari bahwa 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Senin (19/6/2023) sehingga Idul Adha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada hari Rabu.

Sementara, hingga saat ini pemerintah dan Ormas Islam besar lainnya, Nahdlatul Ulama (NU) belum menetapkan tanggal berapa Idul Adha 2023.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib mengatakan, Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) awal bulan Zulhijah 1444 H sekaligus Idul Adha 2023 pada Ahad (18/6/2023) di 99 titik di seluruh Indonesia.

"Kita memutuskan akan menggelar rukyatul hilal di 99 lokasi seluruh wilayah Indonesia," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, di Jakarta, Selasa, dikutip Antara.

Adib mengatakan semua sistem hisab sepakat bahwa ijtimak menjelang Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Ahad (18/6), atau bertepatan dengan tanggal 29 Zulkaidah 1444 H sekitar pukul 11.37 WIB.

Selengkapnya baca di sini


2. Kisah Uwais Al-Qarni yang Gendong Ibunya dan Risalah Jemaah Haji Lansia

Kisah Uwais Al Qarni
Kisah Uwais Al Qarni

Dalam khazanah Islam, Uwais al Qarni merupakan sosok yang populer. Pemuda Yaman ini saleh, sekaligus amat berbakti kepada ibunya.

Kisah inilah yang memantik Khaeroni (Tim Monev Penyelenggaraan Haji Indonesia 1444 H), menyandingkan dengan kondisi sekarang, di mana jemaah haji lansia menjadi prioritas. Banyaknya jemaah lansia membuat simpati dan empati jemaah haji lainnya diuji.

Terbukti kemudian, banyak yang berlaku seperti Sahabat Nabi, Uwais Al Qarni, meski bukan ibunya sendiri. Mereka menggendong para lansia dalam prosesi jemaah haji. Berikut ulasan Khaeroni, dikutip dari laman Kemenag.

Berbicara tentang memuliakan manusia apalagi terhadap seorang ibu, kita perlu belajar kepada salah seorang sahabat Nabi. Pemuda ini tidak pernah berjumpa dengan nabi. Dia seorang pemuda miskin yang tinggal di pinggiran Yaman, namanya Uwais Al-Qarni.

Uwais Al-Qarni bukan pemuda terkenal. Dia miskin dan memiliki penyakit kulit. Namun, ia pernah disebut Rasulullah SAW sebagai pemuda yang sangat dicintai Allah dan terkenal di langit.

Dikisahkan, Uwais al Qarni sehari-hari mencari nafkah dengan berdagang dan menggembala kambing milik orang lain. Dia masuk Islam setelah beberapa sahabat yang diutus Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah di Yaman.

Selengkapnya baca di sini


3. 45 Nama Bayi Laki-Laki Islami Huruf R, Pilihan Terbaik si Buah Hati

Ilustrasi nama, bayi laki-laki, Islami
Ilustrasi nama, bayi laki-laki, Islami. (Photo by Arr N on Unsplash)

Menjelang kelahiran si buah hati, ayah dan bunda perlu menyiapkan nama terbaik untuk bayi. Nama bukan hanya sebagai identitas, lebih jauh akan menjadi doa dan harapan sepanjang hidupnya.

Nama bayi bukan sekadar indah, tapi harus memiliki makna. Kebanyakan para orangtua memilih nama yang bernuansa islami dengan arti yang terbaik.

Nama bayi islami memang cocok untuk disematkan untuk si buah hati. Tentu saja nama bayi islami ini adalah yang bermakna positif.

Ayah dan bunda bisa memilih beberapa ide nama bayi islami berikut. Nama yang akan dibagikan kali ini berawalan huruf R dan khusus untuk laki-laki.

Mengutip merdeka.com, berikut ini kumpulan nama bayi laki-laki islami yang dapat digunakan orangtua atau dikombinasikan dengan nama lain.

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya