Amalan Sederhana yang Memberi Syafaat di Hari Kiamat, Membaca Al-Qur'an

Banyak fadhilah membaca Al-Qur'an. Di antaranya, ketenangan hati dan pikiran. Selain itu, membaca Al-Qur'an juga akan memberi syafaat di hari kiamat

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Okt 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi kiamat
Ilustrasi kiamat (manataka.org)

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam dianjurkan untuk sering membaca Al-Qur'an. Bahkan, saking banyaknya keutamaannya, seorang muslim dianjurkan membaca Al-Qur'an tiap ada kesempatan.

Banyak fadhilah membaca Al-Qur'an. Di antaranya, ketenangan hati dan pikiran.

Selain itu, membaca Al-Qur'an juga akan memberi syafaat di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِقْرَؤُوْا القُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهِ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Bacalah Al-Qur’an karena pada hari kiamat, ia akan datang sebagai syafaat untuk para pembacanya.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 804].

Namun begitu, yang perlu diperhatikan oleh umat Islam, membaca Al-Qur'an bukan sekadar membacanya. Berikut ini adalah penjelasan hadis tersebut, ada istilah sahabat Al-Qur'an (Ash-habihi) atau shahibul Qur'an.

Lantas siapa yang disebut shahibul Qur'an?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Shabihul Qur'an

Ilustrasi membaca Al-Qur'an
Ilustrasi membaca Al-Qur'an. (Photo by Ed Us on Unsplash)

Mengutip rumaysho.com:

1. Shahibul qur’an adalah

:المُلاَزِمِيْنَ لِتِلاَوَتِهِ العَامِلِيْنَ بِهِ

“Yang terus menerus membacanya dan mengamalkannya.” (Al-Bahr Al-Muhith, 16:353)

2. Keterangan dari Nuzhah Al-Muttaqin (hlm. 394), syafii’an adalah memberi syafaat dengan memintakan ampun pada shahibul qur’an. Shahibul qur’an adalah yang membaca dan mengamalkan hukum serta petunjuk dalam Al-Qur’an.

3. Hadits ini mendorong untuk membaca Al-Qur’an dan memperbanyak membacanya. Jangan sampai lalai membaca Al-Qur’an karena tersibukkan dengan yang lainnya.

4. Allah memberikan syafaat lewat Al-Qur’an pada shahibul Qur’an. Shahibul Qur’an adalah yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya.

5. Di dalam hadits dimutlakkan perintah membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an itu disunnahkan dibaca setiap waktu dan setiap keadaan kecuali saat: (a) Buang hajat, karena Al-Qur’an itu mesti diagungkan, (b) sedang berhubungan intim dengan istrinya.

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya