Top 3 Islami: Nasib Pengajian Rutin ST Pusat Sepeninggal Gus Iqdam Umrah, 40 Link Twibbon Hari Santri 2023

Artikel tentang nasib pengajian rutin di ST Pusat sepeninggal Gus Iqdam umrah ini jadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 21 Okt 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 06:30 WIB
Gus Iqdam
Gus Iqdam (tangkap layar)

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi Gus Iqdam melaksanakan ibadah umrah. Pendakwah bernama Muhammad Iqdam Kholid ini dijadwalkan berangkat pada 6 November 2023.

Gus Iqdam melakukan perjalanan Umrah kurang lebih selama dua pekan. Itu artinya, ada dua pekan jadwal pengajian rutin tanpa Gus Iqdam.

Lantas, apakah pengajian Gus Iqdam akan libur?

Artikel tentang nasib pengajian rutin di ST Pusat ini jadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com.

Artikel lain yang tak kalah menyita perhatian adalah 40 link twibbon hari santri 2023.

Sementara, artikel ketiga populer lainnya adalah pernyataan Nabi SAW bahwa tulang sulbi atau tulang ekor manusia yang tak akan hancur hingga hari kiamat.

Selengkapnya mari simak Top 3 Islami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. Gus Iqdam Umrah, Bagimana Nasib Pengajian Rutinan Sabilu Taubah, Ngaji atau Libur?

Gus Iqdam
Gus Iqdam (tangkap layar)

Dai muda asal Blitar, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam rencananya akan beribadah umrah ke tanah suci pada 6 November 2023 mendatang.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana nasib pengajian rutin di markas Sabilu Taubah atau ST Pusat? Pengajian yang dijadwalkan seminggu dua kali ini akan bagaimana?

Jika Gus Iqdam akan umroh kira-kira selama dua minggu. Ootomatis akan ada empat kali pengajian yang kosong tanpa Gus Iqdam.

Lantas, apakah ada yang menggantikan dirinya memimpin pengajian para 'garangan' ini selama sekitar dua pekan tersebut?

Selain rutinan, diketahui banyak pula pengajian Gus Iqdam yang telah dijadwalkan. Jadwalnya bahkan telah penuh hingga Februari 2023.

Selengkapnya baca di sini


2. 40 Link Twibbon Hari Santri 2023 Gratis, Bagikan di Medsos

Ilustrasi Hari Santri Nasional 22 Oktober
Ilustrasi Hari Santri Nasional 22 Oktober. (Photo created by pikisuperstar on www.freepik.com)

Pemerintah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional sejak tahun 2015. Hingga kini Hari Santri selalu diperingati setiap tahunnya dengan mengangkat tema yang berbeda-beda.

Tahun ini tema Hari Santri 2023 yang diusung Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia adalah "Jihad Santri Jayakan Negeri". Dengan tema ini Menag Yaqut Cholil Qoumas mengajak para santri ikut berjuang dalam jihad intelektual di era transformasi digital.

"Jihad santri secara kontekstual adalah jihad intelektual, di mana para santri adalah para pejuang dalam melawan kebodohan dan ketertinggalan. Santri juga turut berjuang dan mengambil peran di era transformasi digital,” katanya dikutip dari laman Kemenag.

Peringatan Hari Santri akan mengingatkan perjuangan ulama dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan. Tentu saja peringatan ini akan menjadi momen penting untuk mengenal kembali sejarah perjuangan kemerdekaan.

Sebagai muslim tentunya harus dapat memaknai peringatan Hari Santri secara mendalam. Selain itu, muslim juga dapat membagikan twibbon di media sosial (medsos) untuk memeriahkan Hari Santri.

Twibbon Hari Santri merupakan bingkai yang didesain semenarik mungkin sesuai tema Hari Santri. Twibbon tersebut kemudian ditambahkan foto sendiri dan dibagikan ke medsos.

Selengkapnya baca di sini


3. Rasulullah Sebut Tulang Ekor Manusia Tak Akan Hancur hingga Hari Kiamat, Ini Bukti Ilmiahnya

Ini Upaya NASA Selamatkan Bumi Dari Ancaman Asteroid `Kiamat`
Ilustrasi asteroid.

Setiap orang yang telah meninggal dunia dan dikuburkan pasti akan mengalami proses pembusukan dan penguraian tubuh. Namun, ternyata ada satu bagian tubuh manusia yang tak akan hancur setelah ia dimakamkan

Bagian tersebut adalah tulang ekor (tulang sulbi). Tulang ini kelak kelak akan menjadi awal mula dibangkitkannya manusia kembali dari alam kubur pada hari kiamat.

Dalam suatu riwayat disebutkan, “Jarak antara dua tiupan [Sangkakala](5423664/ "") itu empat puluh. Kemudian Allah menurunkan hujan dari langit, lalu mereka tumbuh seperti tumbuhnya sayuran. Semua bagian manusia akan hancur kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor. Dari tulang ekor itulah manusia diciptakan pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari 4554 dan Muslim 5253).

Dalam redaksi hadis lain, Rasulullah SAW bersabda, “Semua bagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah kecuali tulang sulbi yang darinya ia mulai diciptakan dan darinya dia akan dibangkitkan.‟ (HR Bukhari, Nasa'i, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad in Musnad-nya, dan Malik dalam kitab al-Muwaththa‟).

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya