Al-Qur'an Surah Al Maidah: Kisah Hidangan Makanan yang Turun dari Langit

Salah satu kandungan yang terdapat dalam surah al maidah yaitu menceritakan tentang permintaan umat nabi isa agar Allah menurunkan hidangan makanan langsung dari langit. Namun, ternyata inilah yang terjadi pada mereka.

oleh Putry Damayanty diperbarui 09 Jan 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2024, 16:30 WIB
Foto ilustrasi makanan atau hidangan Ramadhan 2023. (Foto: Dok. Tim Artotel)
Foto ilustrasi makanan atau hidangan Ramadhan 2023. (Foto: Dok. Tim Artotel)

Liputan6.com, Jakarta - Surah al Maidah merupakan surah kelima dalam Al-Qur’an. Surah yang terdiri dari 120 ayat ini tergolong ke dalam surah madaniyah.

Surah ini dinamakan al Maidah sebab menceritakan tentang kaum Bani Israil, yaitu para pengikut Nabi Isa. Al Maidah sendiri bermakna hidangan makanan.

Namun, di antara banyaknya ayat dalam surah ini tidak hanya semata mengisahkan tentang hidangan makanan. Banyak hal lain yang juga dibahas di dalam surah al Maidah.

Salah satu kandungan dari surah al Maidah ini yaitu menceritakan tentang perjanjian antar manusia hingga pembahasan tentang Nabi Isa alaihi salam yang memberi kesaksian terhadap umatnya kelak di hari akhir.

Lantas apa  maksud dari al Maidah? Berikut ulasan dan kisah tentang hidangan makanan yang turun dari langit, dikutip dari laman dream.co.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Arti al-Maidah

Al Maidah artinya adalah hidangan makanan. Misalnya dalam ayat ke-111 sampai 115 dari surah al Maidah mengisahkan tentang umat Nabi Isa alaihi salam yang meminta agar Tuhan Allah menurunkan hidangan makanan secara langsung dari langit.

Sebenarnya ayat-ayat tersebut secara umum membahas tentang umat Nabi Isa alaihi salam yang diberi nikmat berupa hidangan makanan dari langit dari Allah SWT untuk memenuhi kebutuhan mereka.

اِذْ قَالَ الْحَوَارِيُّوْنَ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ هَلْ يَسْتَطِيْعُ رَبُّكَ اَنْ يُّنَزِّلَ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ ۗقَالَ اتَّقُوا اللّٰهَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Artinya: (Ingatlah), ketika pengikut-pengikut Isa yang setia berkata, “Wahai Isa putra Maryam! Bersediakah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?” Isa menjawab, “Bertakwalah kepada Allah jika kamu orang-orang beriman.”


Kisah Hidangan Makanan dari Langit

Terdapat kisah tentang hidangan dari langit dalam surah al-Maidah. Suatu ketika, Nabi Isa memerintahkan para pengikut setianya (kaum hawariyyun) dan para umatnya untuk berpuasa 30 hari. Usai berpuasa, mereka pun meminta kepada Nabi Isa untuk berdoa kepada Allah SWT agar Dia menurunkan hidangan makanan langsung dari langit.

Menurut para pengikut Nabi Isa, permintaan itu menjadi bukti Allah SWT telah menerima puasa mereka sehingga hati menjadi tenang. Nabi Isa pun memenuhi permintaan tersebut sebagai perayaan bagi mereka.

Semua pengikut Nabi Isa pun berkumpul di satu tempat, sementara Nabi Isa mendirikan sholat dan berdoa dengan penuh harap serta mata bercucuran agar permintaan kaumnya dikabulkan.

Namun demikian, sebelum berdoa kepada Allah, Nabi Isa telah memerintahkan kepada kaumnya untuk bersyukur dan selalu bertakwa kepada Allah SWT.

Doa Nabi Isa pun dikabulkan oleh Allah SWT. Hidangan makanan turun dari langit lewat sela-sela di antara dua awan. Fenomena luar biasa itu disaksikan sendiri oleh umat Nabi Isa. Beliau pun kemudian berdoa kepada Allah agar hidangan makanan yang turun itu sebagai nikmat, bukan azab dari-Nya.


Menolak dan Menyesal

Hidangan makanan (al Maidah) yang turun dari langit itu terdiri dari ikan laut, roti dan buah-buahan. Saat hidangan tiba di hadapan kaumnya, Nabi Isa berdiri dan berseru: “Dengan menyebut nama Allah, sebaik-baik pemberi rezeki.”

Kemudian beliau meminta kepada kaumnya untuk menikmati hidangan tersebut. Tak disangka-sangka, rupanya mereka menolak untuk mencicipi hidangan tersebut. Mereka khawatir hidangan tersebut merupakan azab dari Allah. Sehingga mereka meminta Nabi Isa untuk makan terlebih dahulu.

“Kami tidak akan makan sebelum kamu makan.” Nabi Isa menjawab: “Kalianlah yang meminta hidangan ini.”

Lantas Nabi Isa mengundang orang-orang kafir, orang-orang miskin, orang-orang yang penyakitan hingga 1.300an orang untuk menikmati hidangan dari langit tersebut.

Keajaiban pun terjadi, orang-orang yang awalnya punya penyakit menahun sembuh total setelah mengonsumsi hidangan dari langit itu. Fenomena ini tentu saja membuat orang yang tidak mau memakannya menjadi menyesal.


Protes dari Orang-orang yang Tak Bersyukur

Berdasarkan buku kisah para nabi dan rasul, hidangan makanan dari Allah itu turun setiap hari dari langit. Melihat manfaat yang luar biasa dari hidangan tersebut, para pengikut Nabi Isa yang awalnya tidak mau memakannya itu pun menjadi berani mengonsumsinya.

Namun khasiat yang didapat tidak luar biasa seperti saat hidangan pertama kali diturunkan. Mereka hanya bisa merasakan kenyang tanpa mendapat manfaatnya seperti yang terjadi pertama kali.

Beberapa waktu kemudian, hidangan dari langit itu tidak turun setiap hari melainkan turun berselang satu hari. Tak hanya itu, Allah SWT pun memerintahkan Nabi Isa untuk memberikan hidangan tersebut hanya kepada orang fakir dan orang yang membutuhkan.

Perintah Allah ini mendapat protes dari orang kaya dan orang munafik. Menurut mereka tindakan tersebut tidaklah adil. Mereka mengaku juga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karena protes dari mereka yang tak kunjung berhenti, pada akhirnya Allah SWT tidak lagi menurunkan hidangan makanan dari langit. Bahkan Allah mengubah orang-orang yang protes tersebut menjadi seekor babi. Na'udzubillahi mindzaalik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya