Tanda-Tandanya Banyak Dibahas, tapi Kenapa Waktu Datangnya Kiamat Dirahasiakan?

Allah SWT begitu rapat menyimpan rahasia kapan waktu kiamat tiba, Hal paling penting adalah bagaimana mempersiapkan diri bila terjadi kiamat.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Apr 2024, 05:30 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2024, 05:30 WIB
Ilustrasi mimpi, kiamat
Ilustrasi kiamat. (Photo by NOAA on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Hari kiamat banyak dibahas dalam Al-Qur'an maupun hadis. Mulai dari dahsyatnya kehancuran alam semesta, kebangkitan, hari penghitungan, penimbangan hingga pembalasan.

Namun, waktu yang tepat dari kiamat tidak diketahui siapa pun kecuali Allah SWT. Bahkan sang kekasih Allah pun tidak diberitahu rahasia ini.

Hal ini menimbulkan banyak spekulasi dan keingintahuan, kenapa waktu Kiamat dirahasiakan?

Islam menekankan pentingnya menjalani kehidupan yang benar dan saleh, dan mempersiapkan diri untuk hari perhitungan yang tak terelakkan dengan mengikuti ajaran Al-Qur'an dan Nabi Muhammad SAW.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Al-Qur'an dan Hadis Banyak yang Membahas Kiamat

[Bintang] Fenomena Terompet Sangkakala & Ramalan-Ramalan Gagal Soal Kiamat
Ilustrasi kiamat | via: theengsi.blogspot.com

Keyakinan akan hari kiamat berfungsi sebagai pengingat bagi umat Islam untuk menjalani hidup mereka dengan tujuan, untuk melakukan perbuatan baik, dan untuk mencari pengampunan atas dosa-dosa mereka.

Sementara, menukil Hidayatuna.com, Al-Qur'an dan hadis banyak merekam tentang hari kiamat, misalnya surah Al Ahzab ayat 63, Al A’rof ayat 187, serta An Nazi’at ayat 42.

Bahkan, ada surah yang dinamai dengan hari kiamat, seperti surah Al Waqi’ah dan surah Al Haqqah. Namun, dalam waktu yang bersamaan ayat-ayat AL-Qur'anjuga menegaskan tentang kepastian pengetahuan tentang hal itu hanyalah berada di sisi Allah.

Dalam surah Al Ahzab ayat 63 itu, Allah menegaskan bahwa: “Orang-orang bertanya kepadamu tentang hari kiamat. Katakanlah, “Pengetahuan tentang hal itu hanya berada di sisi Allah. Tetapi bagaimana bila ternyata hari kiamat itu sangatlah dekat?!”


Pendapat Ulama

[Bintang] 5 Tanda-tanda Kiamat Sudah Dekat!
5 Tanda-tanda Kiamat Sudah Dekat! | via: 2.bp.blogspot.com

Menurut Ibnu Taimiyah dan para ulama lainnya, menyibukkan diri dan orang lain dengan memastikan kapan terjadinya peristiwa kiamat itu adalah bagian dari pernyataan tanpa dilandasi argumen yang baik, secara syar’i maupun benar secara logika.

Hari kiamat pasti akan terjadi, itu jelas benar. Sebab, begitulah yang ditegaskan oleh AL-Qur'andan As-Sunnah as-Shahihah (hadis). Lalu, mengapa AL-Qur'an dan hadis merahasiakan kapan persis terjadinya kiamat?

Kehidupan Dunia Akan Stagnan

Menurut Sayid Quthb, hal itu sesuai dengan jati diri manusia yang penuh dengan faktor majhul (ketidakjelasan). Hal itu terlihat pada kepribadian orang per orang, maupun perjalanan nasib kehidupan mereka.

Agar dengan cara itu ia terus tertantang untuk secara dinamis beraktivitas membongkar apa di belakang ke-majhulan itu.

Ia akan berhati-hati, terus belajar, dan tetap berharap. Bila semua serba dibuka, maka kehidupan dunia akan stagnan dan berhenti. Sebab bukan untuk itu kehidupan manusia dihadirkan.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadisnya mengingatkan, seandainya hari ini terjadi kiamat juga, sedangkan di tangan Anda masih terdapat bibit tetumbuhan (kurma, misalnya) yang dapat Anda tanam, maka tanamlah. Hadis ini jelas menunjukkan sebuah metode Islami untuk mempersiapkan diri bila terjadi kiamat.

Tidak panik menyebar teror isu dan fitnah, apalagi menunggangi kuda politik bellum omnium contra omnes (perang oleh semua melawan semua), melainkan dengan proaktif berkontribusi menyebarkan kedamaian, kesejahteraan, serta keadilan bagi semua, termasuk bagi generasi yang akan menuai tanaman generasi kita.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya