Wamentan Optimistis Kondisi Pertanian Karawang Aman di Tengah El Nino

Kondisi air di Karawang masih dalam batas aman sampai Desember 2023.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Sep 2023, 18:01 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2023, 17:59 WIB
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi saat melakukan panen padi dan meninjau tanaman kedelai di lahan seluas 16 hektar milik Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) di Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (1/9/2023).

Liputan6.com, Karawang - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengapresiasi kondisi perairan lahan pertanian di Kabupaten Karawang yang realtif aman sampai Desember 2023, meski di tengah cuaca ekstrem El Nino saat ini. Berdasarkan laporan bupati ia menyatakan persediaan air di Kabupaten Karawang masih cukup sampai akhir tahun.

“Tentu saja ini juga akan mendukung ketersediaan pangan kita ke depan,” kata Harvick saat melakukan panen padi dan meninjau tanaman kedelai di lahan seluas 16 hektar milik Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) di Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (1/9/2023).

Ia melihat Kementerian Pertanian terus berupaya melakukan langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi El Nino, seperti, gerakan percepatan tanam, penguatan alat mesin pertanian berupa pompa air, sumur, serta penyediaan benih yang tahan terhadap cuaca panas.

Sementara Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengungkapkan bahwa hingga Rabu (30/8/2023) kemarin, kondisi air di Karawang masih dalam batas aman sampai Desember 2023.

“Jadi tidak ada potensi kurang air, paling hanya sedimentasi, kemudian pompa dan irigasi sedang kami maksimalkan. Selain itu percepatan tanam juga kami upayakan untuk antisipasi El Nino,” ucap Cellica.

Ia akan terus berupaya agar daerahnya tetap menjadi lumbung pangan nasional kedua setelah Kabupaten Indramayu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya