Kenapa Pria ini Bisa Positif Hamil Saat Dites?

Ini salah satu hal yang membuat pria bisa mendapat hasil positif saat tes kehamilan.

oleh Bio In God Bless diperbarui 03 Nov 2015, 17:51 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2015, 17:51 WIB
Byron Geldard - Pria Tes Hamil Positif & Kanker Testis
Foto: Mirror.co.uk

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda lakukan bila Anda adalah seorang Byron Geldard, remaja asal Inggris yang mendapat hasil positif saat melakukan tes kehamilan menggunakan urinnya? Heran bisa jadi satu hal wajar.

Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Perlu disimak cerita Geldard secara kronologis. Pada Agustus 2014, usai berlibur, ia merasa sakit di bagian samping tubuhnya. Ia kemudian pergi ke dokter dan dirujuk ke rumah sakit untuk melakukan scan.

Hasilnya menunjukkan bahwa ia terjangkit kanker yang telah menyebar ke paru-paru. Untuk mengidentifikasi jenis kanker apa yang diderita, ia diminta ke Teenage Cancer Trust di Cambridge.

Pada saat itulah ia diminta untuk melakukan tes kehamilan melalui urin. Hasilnya positif. Dari hal itu lantas diketahui jenis kanker yang ia derita. Yakni kanker testis stadium 4. Seperti dilansir dari situs Mirror pada Kamis (4/11/2015), tumor dan kanker testis menghasilkan hormon yang sama seperti hormon kehamilan.

Byron akhirnya menjalani kemoterapi selama 5 hari perawatan. Selama itu, pihak rumah sakit memantau hormon kehamilan yang diproduksi kankernya melalui tes darah. Akibat kemo, perlahan hormon itu berkurang. Artinya kanker tersebut mengecil.

Pada Desember 2014, Geldard melakukan operasi untuk membersihkan kanker yang ada di testisnya dan beberapa area lain, Pada januari 2015, tes menyatakan bahwa ia telah bebas kanker.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya