Kepedulian Sederet Pesohor Korea pada Wabah Corona

Tercatat sudah ada kurang lebih 1,2 ribu kasus corona di seantero Korea Selatan.

oleh Komarudin diperbarui 01 Mar 2020, 11:30 WIB
Diterbitkan 01 Mar 2020, 11:30 WIB
Kim Woo Bin
Kim Woo Bin (Pinterest)

Liputan6.com, Jakarta - Korea Selatan  tercatat sebagai negara dengan jumlah kasus virus corona yang terbanyak di luar China. Sejumlah selebritas Korea pun tak tinggal diam dengan menawarkan sejumlah bantuan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau badan amal Korea.

Selain masker dengan jumlah besar, mereka juga menyumbangkan uang. Ada sejumlah badan amal yang ikut menangani virus corona bahkan yang mendapat dukungan dari para selebritas.

Dilansir dari SBS, Jumat, 29 Februari 2020, aktor Suzy dan Joo Ji Hoon telah mendonasikan masing-masing 100 juta won atau Rp1,1 miliar dan 50 juta won atau Rp582 juta dan penyanyi IU telah menyumbangkan 100 juta won atau Rp1,1 miliar untuk amal Good Neighbors.

Aktor Kim Go Eun juga telah menyumbangkan 100 juta won atau Rp1,1 miliar (setara dengan sekitar 40.000 masker) ke Good Neighbors untuk mendukung keluarga berpenghasilan rendah, anak-anak dan orang tua yang tidak bisa mendapatkan masker karena wabah virus.

IU juga telah menyumbangkan sebesar 100 juta won atau Rp1,1 miliar kepada Asosiasi Medis Korea. Girl's Day's Hyeri menyumbang 100 juta won atau Rp1,1 miliar untuk Save The Children, yang akan digunakan untuk memberikan bantuan darurat kepada anak-anak di Daehu serta membantu keluarga berpenghasilan rendah yang terkena virus.

Aktor Shin Min Ah, Kim Woo Bin, Jung Woo Sung dan Gong Yoo semuanya telah memberikan masing-masing 100 juta won Rp1,1 miliar ke Community Chest of Korea, seperti halnya Irene Red Velvet. Sesama anggota Seulgi, Joy dan Yeri, serta labelmate TVXQ mereka Yunho telah menyumbang masing-masing 30 juta won atau Rp349 juta. Aktor Park Bo Young menyumbangkan 50 juta won Rp582 juta kepada organisasi yang sama.

Komedian terkenal Korea Selatan dan bintang variety show Yoo Jae Suk dan aktor Song Joong Ki telah menyumbangkan masing-masing 100 juta won atau Rp1,1 miliar untuk Hope Bridge untuk membantu orang yang membutuhkan karena virus corona, sementara Cha Eun Woo dari ASTRO menyumbang 30 juta won atau Rp349 juta. Penyanyi Sunmi, GOT7 JB dan Kim Yohan, serta aktor Kim So Hyun masing-masing menyumbangkan 10 juta won atau Rp116 juta untuk amal yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Masker dan Uang

Lee Si Young
Lee Si Young, selebritas Korea yang ikut menyumbang sebagai bentuk kepeduliannya terhadap virus corona (Dok.Instagram/@leesiyoung38/https://www.instagram.com/p/B8jMkDFnRlr/Komarudin)

SM Entertainment juga telah menyumbangkan 500 juta won ke Hope Bridge, dan Kang Daniel telah menyumbangkan 50 juta won. Suga BTS telah menyumbangkan 100 juta won kepada Hope Bridge juga.

Direktur Bong Joon Ho telah menyumbang 100 juta won  atau Rp1,1 mliar dengan nama 'Parasite' ke Hope Bridge Disaster Relief juga.

Mantan pemimpin iKON B.I telah menyumbangkan 100 ribu masker untuk membantu mereka yang mengalami kesulitan mendapatkan masker karena kurangnya pasokan dari coronavirus.

Aktor Ahn Jae Wook menyumbangkan 20 juta won  Rp232 juta kepada Palang Merah Nasional Korea di Daegu, yang telah menjadi pusat penyebaran virus di Korea Selatan.

Aktor Lee Si Young menyumbangkan 10 juta won atau Rp116 juta kepada Beautiful Foundation, yang akan digunakan sebagai dana darurat untuk ibu tunggal di Daegu.

Donasi Daegu lain datang dari aktor Son Ye Jin yang memberi 100 juta won atau Rp1,1 miliar ke Komunitas Daegu Korea. A Pink's Naeun telah menyumbangkan 50 juta won atau Rp585 juta untuk tujuan yang sama.

Aktor Kim Hye Eun menyumbangkan 50 juta won Rp582 juta kepada LSM Korea Food for the Hungry International, yang akan digunakan untuk pembelian masker dan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah.

Aktor Kim Shin Hye telah menyumbangkan 50 juta won atau Rp582 juta untuk UNICEF Korea, sementara Kim Yuna dan para penggemarnya telah menyumbangkan total 185 juta won untuk organisasi yang sama. Kim Yuna menyumbang 100 juta won atau Rp1,1 miliar, sementara 73.000 penggemar mengumpulkan 85 juta won  atau Rp989 yang juga untuk disumbangkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya