Hewan Peliharaan Joe Biden Bakal Jadi Anjing Asal Tempat Penampungan Pertama di Gedung Putih

Kehadiran hewan peliharaan Joe Biden ini juga menandai kembalinya anjing ke Gedung Putih.

oleh Asnida Riani diperbarui 10 Nov 2020, 11:13 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2020, 11:01 WIB
Joe Biden
Joe Biden (@ajplus/Twitter).

Liputan6.com, Jakarta - Pilpes AS 2020 membawa banyak hal pertama ke Gedung Putih. Mulai dari wakil presiden wanita pertama, serta wanita kulit hitam pertama, sekaligus orang keturunan Asia Selatan yang memegang posisi itu. Ibu negara pertama yang terus bekerja penuh waktu, juga pasangan keturunan Yahudi pertama, baik dari presiden maupun wakil presiden.

Terlepas dari itu, presiden terpilih Joe Biden bakal membawa satu lagi yang juga pertama pada Januari 2021 mendatang. Peliharaannya bakal jadi anjing asal tempat penampungan pertama yang akan tinggal di Gedung Putih.

Melansir laman Buzzfeed, Selasa (10/11/2020), Presiden dan ibu negara Jill Biden akan datang membawa dua anjing. Mereka adalah anjing gembala Jerman, Champ, yang berasal dari peternak pada 2008, dan Mayor, yang diadopsi pasangan tersebut dari Delaware Humane Association di 2018.

Mayor datang ke Delaware Humane Association sebagai anak anjing bersama lima saudara kandungnya setelah rumah mereka terkena racun. Keenamnya menjalani perawatan medis di pusat darurat hewan setempat dan semuanya kemudian diadopsi.

Joe Biden pertama kali mendengar tentang Mayor setelah putrinya, Ashley Biden, mengirimkan unggahan Facebook dari tempat penampungan. Kala itu, pihaknya mengatakan tengah mencari rumah untuk anak-anak anjing, menurut News Journal.

Biden kemudian menelepon tempat penampungan dan akhirnya mengadopsi Mayor. Meski bakal jadi anjing asal tempat penampungan pertama di Gedung Putih, secara teknis, Mayor bukan anjing pertama yang diselamatkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Tradisi Anjing Peliharaan di Gedung Putih

Joe Biden
Major, anjing asal tempat penampungan pertama yang bakal ikut tinggal di Gedung Putih bersama presiden terpilih, Joe Biden. (dok. Instagram @drbiden/https://www.instagram.com/p/CFfmA09BsQk/)

Gelar anjing pertama yang diselamatkan merupakan milik Yuki, anjing kampung liar yang diadopsi Presiden Lyndon B. Johnson. Yuki ikut ke Gedung Putih setelah putri Johnson menemukan hewan tersebut berkeliaran di sebuah pompa bensin Texas pada Hari Thanksgiving di 1966.

Champ dan Major akan mengembalikan tradisi panjang keberadaan anjing di Gedung Putih. Sebagaimana diketahui, Presiden Donald Trump tak memiliki anjing, presiden pertama tanpa anjing sejak William McKinley, yang bertugas dari 1897 hingga pembunuhannya di 1901. 

Pada 2019, menurut Washington Post, Trump menjelaskan mengapa ia tidak punya anjing dengan mengatakan, ia pikir itu akan tampak palsu dan bahwa suami Melania Trump itu terlalu sibuk.

"Sejujurnya, saya tidak keberatan memilikinya (anjing peliharaan), tapi saya tak punya waktu," katanya saat itu. "Bagaimana penampilan saya saat mengajak anjing berjalan-jalan di halaman Gedung Putih?"

Biden menyertakan anjingnya dalam kampanye presiden, memainkan emosi banyak pendukungnya yang bersemangat untuk mengembalikan tradisi Gedung Putih yang dicintai. "Mari kita kembalikan anjing ke Gedung Putih," Biden berkicau di akun Twitter-nya pada 1 November 2020.

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya