Cerita Wanita Jerman Menikahi Pria Indonesia, Akrab dengan Mertua dan Suka Ikan Asin

Viola sempat mengungkapkan kekagumannya akan Indonesia karena tidak biasa melihat warung di Jerman.

oleh Henry diperbarui 10 Jul 2021, 03:03 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2021, 03:03 WIB
Cerita Wanita Jerman Menikah dengan Pria Indonesia, Akrab dengan Mertua dan Suka Ikan Asin
Cerita Wanita Jerman Menikah dengan Pria Indonesia, Akrab dengan Mertua dan Suka Ikan Asin. foto; Youtube 'VIGUS GITANO'

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani pernikahan beda negara memang bukan hal yang mudah, tapi kerap menghadirkan cerita yang menarik dan menggelitik. Hal itu juga dialami seorang wanita asal Jerman yang menikah dengan pria Indonesia

Wanita bernama Viola tersebut menikahi Agus Setiawan, mantan awak kapal pesiar asal Cirebon, Jawa Barat. Pasangan yang menikah pada 2016 di Cirebon ini sempat tinggal di Jerman, tapi kini memutuskan tinggal di Indonesia. Setelah menikah, pasangan yang sidah punya dua orang anak ini kerap membagikan kegiatan mereka lewat media sosial dan banyak yang menyukai video-video unggahan mereka.

Belum lama ini, wanita asal Jerman tersebut membagikan pengalamannya berinteraksi dengan mertuanya lewat unggahan yang berjudul "Rasanya Tinggal dengan Mertua Satu Rumah di Indonesia", pada 1 Juli 2021. Viola menunjukkan keakrabannya bersama ibu mertuanya. Salah satunya ketika Viola diajak belanja sayuran di warung dan memasak makanan khas Indonesia.

Selama belanja sayuran di warung, Viola pun sempat mengungkapkan kekagumannya karena tidak biasa melihat warung di Jerman. "Untuk saya ini aneh, karena ada toko kecil dengan sayuran, di rumah," ucapnya saat diajak belanja bahan makanan.

Viola kemudian menunjukkan momen ketika diajari ibu mertuanya untuk memasak urap. Ia tampak membantu memotong kangkung hingga kacang panjang. Sambil memotong, ia mengungkapkan bahwa dirinya tidak biasa bangun pagi maupun belanja setiap hari saat di Jerman.

"Biasanya di Jerman kami tidak bangun di jam 5 (pagi). Dan di Jerman, kami masak tapi kami tidak beli bahan-bahannya setiap hari. Biasanya kami beli belanja satu atau dua kali seminggu, lalu simpan di kulkas atau storage room," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut:


Beda Orangtua di Jerman dan Indonesia

Cerita Wanita Jerman Menikah dengan Pria Indonesia, Akrab dengan Mertua dan Suka Ikan Asin
Cerita Wanita Jerman Menikah dengan Pria Indonesia, Akrab dengan Mertua dan Suka Ikan Asin. foto; Youtube 'VIGUS GITANO'

Viola tidak terlihat canggung saat melewatkan waktu belajar memasak urap dengan mertuanya. Ia justru banyak mengobrol dan mengajukan pertanyaan. Bahasa Indonesianya juga sudah cukup lancar.

Viola juga mengungkap bahwa pengalaman memasak dengan mertua merupakan sesuatu yang menarik baginya. Selain itu, ia membagikan suka-duka tinggal dengan mertua di Indonesia.

"Gimana rasanya tinggal dengan mertua, buat saya enak ya karena dia bantu banyak dengan take care anak-anak dan makanan," ungkap Viola.  Ia pun menyebut jika orangtua di Indonesia berbeda dengan di Jerman.

"Di Jerman itu beda ya orangtua lebih sibuk dan di keluarga sendiri take care anak-anak dengan semua kerjaan. Tapi di sini orangtua lebih punya waktu, dan normal bantu di keluarga dan dengan anak-anak," tuturnya.


Pentingnya Komunikasi

Cerita Wanita Jerman Menikah dengan Pria Indonesia, Akrab dengan Mertua dan Suka Ikan Asin
Cerita Wanita Jerman Menikah dengan Pria Indonesia, Akrab dengan Mertua dan Suka Ikan Asin. foto; Youtube 'VIGUS GITANO'

Saat bicara pro-kontra tinggal dengan mertua, Viola mengatakan bahwa dirinya mencoba berpikiran terbuka serta menekankan pentingnya komunikasi dengan mertua di Indonesia.

"Mungkin harus lebih open minded dan tidak bikin masalah dan banyak ngomong-ngomong. Yang paling penting itu punya respect, dan jujur, dan bicara jika ada masalah," katanya.

Usai memasak, Viola mencoba masakan yang sudah dimasaknya. Selain urap, ada ikan asin, tahu, tempe dan cumi goreng, dan tentunya nasi putih. "Enak semua makanannya, saya suka. Tapi ikannya ini asin sekali, agak beda sama ikan asin yang pernah saya makan dulu. Tapi saya suka semuanya, boleh saya habisin semuanya ya," canda Viola yang asyik makan dengan tangan.

Video tersebut mendapat banyak perhatian warganet dan sudah mendapatkan lebih dari 1.500 komentar.  "Viola yg cantik & humble...sy respek skl krn viola bisa membawa diri & beradaptasi dg lingkungan yg sangat berbeda dg budaya jerman nya 💪😍❤️," komentar seorang warganet.

"Salut utk viola yg menikmati kebersamaan dgn mertua, masak urap plus ikan asin... waaww.. itu pasangan yg klop, maknyus.. 👍😘," komentar warganet tentang video Viola yang akrab dengan ibu mertuanya.


7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya