6 Fakta Menarik Denmark, Kerajaan Tertua di Eropa yang Dijuluki Negeri Dongeng

Meskipun kecil dalam wilayah dan populasi, Denmark tetap memainkan peran penting dalam sejarah Eropa.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 24 Okt 2022, 08:30 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2022, 08:30 WIB
Ibu Kota Denmark Menyambut Tour de France 2022
Sebuah gambar yang diambil di Kopenhagen pada 28 Juni 2022 menunjukkan bendera balap sepeda Tour de France 2022. Lomba balap sepeda Grand Tour paling terkemuka Tour de France (TdF) 2022 akan bermula di Copenhagen, Denmark sebagai tuan rumah untuk tiga etape awal pada Jumat, 1 Juli 2022. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Denmark, negara di semenanjung Jutlandia yang membentang ke utara dari pusat benua Eropa barat. Negara ini berbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara. Wilayah Denmark juga meliputi kepulauan Fyn, Zealand, Vendsyssel-Thy, Lolland, Falster, Bornholm dan ratusan pulau kecil lebih dari 400 pulau, yang sering disebut kepulauan Denmark.

Denmark pernah lama menguasai Laut Baltik. Sebelum penggalian Terusan Kiel, jalan air menuju Laut Baltik hanya dapat dilewati melalui tiga Selat Denmark. Satu-satunya batas darat Denmark adalah dengan Jerman, sedangkan tetangganya yang dibatasi oleh laut adalah Swedia di timur laut dan Norwegia di utara.

Mengutip dari Britannica, Minggu 23 Oktober 2022, Denmark bersama dengan Norwegia dan Swedia adalah bagian dari wilayah Eropa utara yang dikenal sebagai Skandinavia. Ibu kota Denmark adalah Kopenhagen, kota terbesar kedua setelah pusat kota utama Jutlandia.

Meskipun kecil dalam wilayah dan populasi, Denmark tetap memainkan peran penting dalam sejarah Eropa. Pada zaman prasejarah, Denmark dan Skandinavia lainnya mengkonfigurasi ulang masyarakat Eropa ketika Viking melakukan ekspedisi perampokan, perdagangan, dan kolonisasi.

Selama Abad Pertengahan, kerajaan Denmark mendominasi Eropa barat laut melalui kekuatan Kalmar Union. Pada abad-abad berikutnya, dibentuk oleh kondisi geografis yang mendukung industri maritim, Denmark membentuk aliansi perdagangan di seluruh Eropa utara dan barat sekitarnya, terutama dengan Inggris Raya dan Amerika Serikat.

Masih banyak hal menarik mengenai Denmark, berikut enam fakta menarik Denmark yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Minggu 23 Oktober 2022. 

1. Sistem Pemerintahan

Negara Denmark menganut monarki konstitusional dan sistem pemerintahan parlementer. Denmark memiliki satu pemerintah pusat dan 98 munisipalitas sebagai pemerintah daerah. Denmark telah menjadi anggota Uni Eropa sejak 1973, tetapi sampai sekarang masih belum bergabung dalam Eurozone. 

Denmark, yang menganut konsep ekonomi kapitalis pasar campuran sekaligus kesejahteraan sosial, adalah negara yang memiliki pendapatan tertinggi di dunia. Menurut majalah Forbes, Denmark adalah negara yang memiliki iklim bisnis terbaik. 

Survei Global Peace Index tahun 2009 mengatakan bahwa Denmark menduduki posisi negara paling damai kedua di dunia setelah Selandia Baru. Pada 2009, Denmark adalah salah satu dari negara yang paling tidak korup di dunia berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi, posisi kedua setelah Selandia Baru.

 

Memberikan kontribusi penting bagi budaya dunia, Denmark juga mengembangkan lembaga pemerintah yang manusiawi dan pendekatan kooperatif tanpa kekerasan untuk pemecahan masalah. Sementara itu, Kerajaan Denmark juga meliputi Kepulauan Faroe dan pulau Greenland, keduanya terletak di Samudra Atlantik Utara.

Setiap daerah memiliki ciri khas dalam sejarah, bahasa, dan budaya. Pemerintahan dalam negeri diberikan kepada Faroe pada 1948 dan Greenland pada 1979, meskipun kebijakan luar negeri dan pertahanan tetap berada di bawah kendali Denmark.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Kerajaan Tertua di Eropa

'Drama' Penyelamatan Pengeran Denmark Ditengah Gelombang
Salah satu keluarga kerajaan Denmark, Putra Mahkota Frederik. (BBC)

Sejarah Denmark sebagai kerajaan bersatu dimulai pada abad ke-8, tetapi dokumen sejarah menggambarkan wilayah geografis dan orang-orang yang tinggal di sana sejak tahun 500 M. Dokumen-dokumen awal ini termasuk tulisan Jordanes dan Procopius.

Dengan Kristenisasi Denmark diungkapkan jelas silsilah kerajaan. Ratu Margrethe II dapat melacak garis keturunannya kembali ke raja Viking Gorm the Old dan Harald Bluetooth sejak saat ini, sehingga menjadikan Monarki Denmark yang tertua di Eropa.

Daerah yang sekarang dikenal sebagai Denmark memiliki kekayaan prasejarah, telah dihuni oleh beberapa budaya dan orang prasejarah selama sekitar 12.000 tahun, sejak akhir zaman es terakhir.  Namun Denmark sudah lama berselisih dengan Swedia atas kendali Skånelandene dan dengan Jerman atas kendali Schleswig (sebuah wilayah Denmark ) dan Holstein (sebuah wilayah Jerman).

Akhirnya, Denmark kalah dalam konflik ini dan akhirnya menyerahkan Skåneland pertama ke Swedia dan kemudian Schleswig-Holstein ke Kekaisaran Jerman. Setelah penyerahan Norwegia akhirnya pada tahun 1814, Denmark mempertahankan kendali atas koloni Norwegia lama di Kepulauan Faroe, Greenland dan Islandia.

Selama abad ke-20, Islandia memperoleh kemerdekaan, Greenland dan Faroe menjadi bagian integral dari Kerajaan Denmark dan Schleswig Utara bersatu kembali dengan Denmark pada tahun 1920 setelah referendum. Selama Perang Dunia II, Denmark diduduki oleh Nazi Jerman, tetapi akhirnya dibebaskan oleh pasukan Inggris dari Sekutu pada tahun 1945.

Setelah itu Denmark bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Setelah Perang Dunia II, dengan munculnya Perang Dingin berikutnya, Denmark dengan cepat bergabung dengan aliansi militer NATO sebagai anggota pendiri pada 1949.


3. Dikenal Sebagai Viking

Denmark, Eropa
Tempat wisata yang ada di Copenhagen, Denmark. (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Antara abad ke-8 hingga 10, bangsa Denmark dikenal sebagai Viking. Bersama dengan orang Norwegia dan Swedia, mereka melakukan kolonisasi, berlomba dan berdagang di semua bagian Eropa. Pertama kali penjelajah Viking menemukan Eslandia melalui kecelakaan pada abad ke-9, melalui jalur Kepulauan Faroe (Føroyar) dan akhirnya menemukan "vinland" (tanah anggur) yang kini juga dikenal sebagai New Foundland.

Selama beberapa waktu bangsa Viking juga menaklukkan bagian Inggris, yang dikenal sebagai Danelaw, Irlandia dan Prancis, memberi nama ke bagian Normandia di Prancis. Seperti yang ditegaskan oleh batu Jelling, bangsa Denmark bersatu dan dikristenkan sekitar 965 oleh Harald Bluetooth, raja Denmark kedua yang diakui.

Melampaui abad pertengahan dan akhir, raja Denmark menguasai Skåneland (Skåne, Halland dan Blekinge), Estonia Denmark, seperti kadipaten Schleswig dan Holstein di wilayah Jerman utara. Pada tahun 1397, Denmark memasuki Persatuan Kalmar dengan Norwegia dan Swedia-Finlandia.

4. Etnis dan Bahasa

Negara ini hampir seluruhnya dihuni oleh etnis Denmark. Beberapa orang Faroe atau Greenlanders telah menetap di Denmark, meskipun status mereka sebagai warga negara Denmark.

Sebagian kecil orang Jerman, di sisi lain telah lama berdiri dan berasimilasi secara substansial. Pada awal abad ke-21, etnis minoritas penting di negara ini termasuk Turki, Jerman, Polandia, Irak, Swedia, Norwegia, Bosnia (Muslim dari Bosnia dan Herzegovina), Iran, dan Somalia.

Denmark atau Dansk adalah bahasa resminya. Ini terkait erat dengan bahasa Norwegia yang dengannya saling dimengerti, terutama dalam bentuk tertulis. Meskipun bahasa Skandinavia lainnya adalah kerabat dekat, mereka cukup berbeda untuk dipahami dengan mudah hanya oleh mereka yang berpendidikan atau berpengalaman.

Banyak orang Denmark berpendidikan, di wilayah perkotaan mereka telah belajar berbicara bahasa kedua terutama bahasa Inggris. Bahasa Turki, Arab, Jerman, dan bahasa minoritas lainnya dituturkan oleh anggota berbagai kelompok etnis di negara itu.

Sementara itu kebebasan beragama pada dasarnya adalah nilai yang tak tertandingi di Denmark. Gereja Katolik Roma dan sinagoga Yahudi telah lama ada di kota-kota besar, dan masjid pertama di negara itu dibangun pada 1967.

Pada awal abad ke-21 Islam telah menjadi agama minoritas yang semakin penting dan sejumlah besar orang Denmark tidak beragama di semua. Namun demikian, sebagian besar orang Denmark tetap setidaknya secara nominal menjadi anggota gereja negara, Gereja Rakyat Lutheran Injili Denmark.

Lutheranisme menggantikan Katolik Roma sebagai agama resmi negara itu pada tahun 1536, selama Reformasi. Pada abad ke-19, pada saat Lutheranisme Denmark menjadi sangat formal dan ritualistik, sebuah gerakan revitalisasi yang dikenal sebagai “Grundtvigianisme” mengilhami kesadaran baru akan kesadaran Kristiani.

 

 


5. Pariwisata

Ilustrasi tempat wisata Nyhavn River, Denmark
Ilustrasi tempat wisata Nyhavn River, Denmark. (Photo by Nick Karvounis on Unsplash)

Pariwisata di Denmark adalah industri yang berkembang dan kontributor ekonomi utama. Pada 2018, wisatawan dari negara tetangga Denmark yaitu Jerman, Norwegia, dan Swedia menjadi mayoritas wisatawan asing. Tahun itu juga melihat 30 juta kedatangan internasional.

Denmark memiliki pantai berpasir yang membentang panjang, menarik banyak turis di musim panas, dengan Jerman yang paling banyak dikunjungi turis asing. Turis Swedia dan Norwegia sering datang mengunjungi kota Kopenhagen yang relatif ramai, sementara banyak pemuda Skandinavia datang untuk menikmati bir, anggur, dan minuman keras Denmark yang relatif murah dan mudah diakses.

Sebagai kerajaan tertua di Eropa dan rumah Hans Christian Andersen, Denmark sering dipasarkan sebagai "negara dongeng". Istilah ini begitu mendarah daging, sehingga masih digunakan dalam laporan berita internasional, terutama ketika berita bersifat bertentangan dengan citra, seperti kerusuhan Kopenhagen atau kontroversi kartun Jyllands-Posten Muhammad.

Denmark memiliki pariwisata outbound yang relatif besar, dengan Spanyol sebagai tujuan utama. Terhitung 14 persen dari semua menginap semalam di luar negeri selama empat hari atau lebih pada 2013. Turki menempati peringkat sebagai tujuan utama di luar Eropa sebesar 7 persen. 

6. Kuliner

Masakan Denmark bagian dari gerakan masakan Nordik yang baru telah menarik perhatian internasional di milenium baru sebagai masakan gourmet berkualitas tinggi yang menginspirasi dengan beberapa restoran terkenal. Restoran paling populer dari masakan khusus ini terutama terletak di daerah Kopenhagen.

Banyak restoran di daerah Kopenhagen ini telah dianugerahi bintang Michelin dan pada 2015, restoran di Aarhus adalah tempat provinsi pertama yang menerima peringkat yang sangat diakui ini. Banyak restoran lain di seluruh negeri yang tercantum dalam panduan makanan penting lainnya, termasuk Panduan Putih Nordik.

Makanan tradisional Denmark yang biasa disajikan sehari-hari bagi warga, terdiri dari makan siang smørrebrød di atas roti gandum hitam yang diiris tipis. Kadang-kadang, sandwich dihiasi dengan bawang, irisan lobak, mentimun, irisan tomat, peterseli, remoulade, atau mayones.

Untuk makan siang yang rumit, biasanya dimulai dengan makanan laut, biasanya ikan seperti herring yang diasinkan, makarel atau belut asap, udang, atau filet plaice dilapisi tepung roti dengan remoulade, setelah itu dilanjutkan dengan daging seperti irisan daging babi atau sapi panggang, frikadeller (bakso), ham dan pate hati.

Makan sering disertai dengan bir, kadang-kadang juga tembakan es dingin atau akvavit. Di malam hari, makanan panas biasanya disajikan. Hidangan tradisional termasuk ikan babak belur dan goreng, babi panggang dengan kubis merah, ayam panggang, dan daging babi. 

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya