Jadikan Meditasi Sebagai Kebiasaan Sehari-hari dengan Terapkan 6 Langkah Ini

6 langkah menjadikan meditasi sebagai kebiasaan sehari-hari.

oleh Fachri pada 10 Jan 2023, 10:32 WIB
Diperbarui 10 Jan 2023, 10:31 WIB
Ilustrasi Meditasi
Pentingnya Persiapkan Mental Sebelum Mulai Berolahraga, Apa Saja Kiatnya? (dok. Cliff Booth via Pexels/ Brigitta Bellion)

Liputan6.com, Jakarta Sedang merasa stres karena rutinitas sehari-hari? Apakah kondisi tersebut secara tidak langsung memengaruhi kesehatan mental dan produktivitas Anda? Guna menghindari hal tersebut, Anda bisa melakukan meditasi.

Meditasi dapat memberikan relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Meditasi pun dilakukan dengan melepaskan semua pikiran yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan.

Jika ingin melakukan meditasi dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikannya sebagai kebiasaan, Anda bisa ikuti tips di bawah ini ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Dimulai dari 5 Menit

Meditasi - Vania
Ilustrasi Meditasi/https://www.shutterstock.com/fizkes 

Jika Anda belum terbiasa melakukan meditasi, ada baiknya jangan melakukannya dalam rentang waktu yang lama, semisal 30 menit dan dilakukan setiap hari. Lakukanlah dari hal yang kecil terlebih dahulu, seperti 5 menit tapi dalam jangka waktu 3 minggu. 

2. Pilih Waktu yang Tepat

Waktu ideal dalam melakukan meditasi bisa Anda tentukan sendiri. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk bermeditasi.

Pasalnya, jika ingin melakukan meditasi tanpa ada rasa beban yang mengintai, Anda harus menyesuaikan dengan waktu yang cocok. Jika tidak? Akan menimbulkan demotivasi dalam diri dan meditasi pun dilakukan secara terpaksa.

3. Dapatkan Kenyamanan

Hal ini menjadi penting, karena kenyamanan adalah nomor satu agar meditasi berjalan dengan lancar dan optimal. Anda bisa bisa mengambil posisi yang terasa mudah dan alami.

Selain itu, Anda bisa duduk di kursi, berbaring, atau melakukan keduanya jika membuat Anda nyaman. Jika Anda tidak nyaman dalam keadaan diam duduk di kursi, bisa dicoba dengan berjalan atau berdiri.


4. Gunakan Aplikasi Tambahan

Meditasi - Vania
Ilustrasi Meditasi/https://www.shutterstock.com/interstid 

Anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi yang terdapat di gawai pintat guna membantu bermeditasi agar semakin optimal. Anda bisa menambahkan suasana yang menenangkan seperti di pegunungan, aplikasi latihan pernapasan, hingga podcast yang membahas tentang meditasi.

5. Lakukan dengan Konsisten

Masih merasa bahwa meditasi kurang cocok dengan Anda? Mungkin Anda belum terbiasa jika masih merasakan hal tersebut. Untuk itu, ketidakcocokan yang Anda rasakan lewati dan jalani secara konsisten dengan pikiran terbuka.

6. Get Started!

Setelah mengetahui 5 tips sebelumnya, Anda harus melakukannya ya! Berikut adalah langkah untuk memulai meditasi sehari-hari.

  1. Temukan tempat yang nyaman. Setel pengatur waktu selama tiga hingga lima menit. Mulailah dengan berfokus pada napas Anda.
  2. Perhatikan sensasi setiap tarikan dan hembusan napas. Bernapaslah perlahan dan dalam, dengan cara yang terasa alami.
  3. Segera setelah pikiran Anda mulai mengembara, akui pikiran yang muncul, lepaskan, dan kembalikan fokus Anda ke pernapasan. Saat waktu habis, buka mata Anda. Perhatikan lingkungan, tubuh, hingga perasaan Anda. 
  4. Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin akan menyadari diri Anda menjadi lebih memperhatikan pengalaman dan juga lingkungan sekitar Anda. Perasaan ini bertahan lama setelah Anda selesai bermeditasi.

So, langsung saja mencoba meditasi sehari-hari agar pikiran Anda tetap fresh dan stres dapat dihindari ya! Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu sedia air mineral agar kebutuhan mineral dan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga.

 

(*) 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya