Pertunjukan Dior di Mumbai Bertabur Bintang Bollywood, Tandai Status Kemewahan India

Dior mempersembahkan koleksi Pra-Musim Gugur 2023 di Mumbai, India kepada para tamu bertabur bintang termasuk ikon Bollywood Rekha, Sonam Kapoor dan Anushka Sharma, serta model Cara Delevingne dan aktor Maisie Williams.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 01 Apr 2023, 14:37 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2023, 14:32 WIB
Model menampilkan kreasi dari koleksi Musim Gugur 2023 Christian Dior di Mumbai, India
Model menampilkan kreasi dari koleksi Musim Gugur 2023 Christian Dior selama peragaan busana di Mumbai pada 30 Maret 2023.(Dok: Indranil MUKHERJEE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Dior menjadi tuan rumah pertunjukan landasan pacu penting di Mumbai pada Kamis, 30 Maret 2023. Sebuah langkah yang mengacu pada peran lama India dalam pembuatan mode kelas atas Eropa dan kekuatan pertumbuhan konsumen mewahnya.

Dengan monumen Gateway of India yang bersejarah sebagai latar belakang pertunjukan, label asal Prancis ini mempersembahkan koleksi Pra-Musim Gugur 2023 kepada para tamu bertabur bintang termasuk ikon Bollywood Rekha, Sonam Kapoor dan Anushka Sharma, serta model Cara Delevingne dan aktor Maisie Williams. Lokasinya menjadi inspirasi yang jelas, landasan pacu itu sendiri dihiasi dengan lampu marigold dan diya, dan pakaiannya menampilkan kain brokat Madras check dan Benarasi, karya cermin, detail pewarna dasi, kerah Nehru, dan penjahitan kurta.

Beberapa merek besar Barat telah menyelenggarakan satu kali pertunjukannya di India, antara lain Pierre Cardin pada 1967, Yves Saint Laurent tahun 1989 dan Valentino pada 2004. Di antara mereka, Dior merupakan yang pertama memasukkan negara tersebut ke dalam salah satu jadwal musiman regulernya.

Mengutip dari CNN, Sabtu (1/4/2023), label mewah biasanya menampilkan koleksi Musim Semi-Musim Panas dan Musim Gugur-Musim Dingin mereka di salah satu pekan mode "empat besar" di New York, London, Milan, dan Paris. Tetapi label mewah biasanya juga sering memamerkan lini Pra-Musim Gugur dan Kapal Pesiar mereka.

Dan pilihan Dior atas Mumbai datang pada saat sektor barang mewah semakin meningkat menandai status kemewahan di India. Pembeli India telah menjadi kekuatan utama dalam industri fesyen, dengan tingkat pendapatan negara yang dapat dibelanjakan melonjak lebih dari 24 persen antara 2019 dan 2022, menurut Anul Sareen, analis riset senior di firma intelijen bisnis Euromonitor. 

"Pengecer mewah bertaruh di pasar India untuk mempertahankan pertumbuhan mereka, yang sebaliknya mengalami stagnasi di pasar Barat dan China," katanya melalui email.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hadirkan Sulaman Tangan Para Pengrajin

Fashion Show Dior di Mumbai India
Model menampilkan kreasi dari koleksi Musim Gugur 2023 Christian Dior selama peragaan busana di Mumbai pada 30 Maret 2023. (Dok: Indranil MUKHERJEE / AFP)

Ia menyambung bahwa banyak pengecer ingin meningkatkan kegiatan mereka di negara India. Penghargaan untuk kerajinan India Dior memasuki pasar India pada 2006 ketika membuka butik di New Delhi. Dan meskipun hanya menambahkan satu toko di negara itu sejak saat itu, ikatan merek dengan negara tersebut jauh melampaui perdagangan.

Seperti banyak rumah mewah lainnya, Dior sering beralih ke pengrajin India karena keterampilan kerajinan mereka yang luar biasa. Banyak sulaman dan tekstil di landasan pacu Dior dibuat oleh Chanakya International, sebuah studio Mumbai yang telah bekerja sama dengan direktur kreatif label Prancis, Maria Grazia Chiuri, selama hampir tiga dekade.

Sehari sebelumnya studio tersebut mengadakan retrospektif di Mumbai yang menampilkan 50 sulaman tangan yang telah diproduksi untuk label tersebut sejak Chiuri mengambil alih kepemimpinan pada 2016. Dior juga beralih ke Sekolah Kerajinan Chanakaya, sebuah lembaga nirlaba yang dijalankan oleh Chankaya International dan dikelola oleh komunitas pekerja tekstil wanita, untuk berbagai latar landasan pacu.

Di antaranya adalah koleksi 22 permadani raksasa, yang dibuat bekerja sama dengan seniman India Madhvi dan Manu Parekh, yang dipesan Dior untuk pertunjukan Musim Semi-Musim Panas 2022 Haute Couture. "Sangat penting untuk merayakan kreativitas para perajin dan budaya India, sambil memberi mereka cita rasa kontemporer," kata Chiuri dalam jumpa pers jelang pertunjukan Kamis. 


Peran Tersembunyi Pengrajin India Sejak Abad ke-17

Model berjalan di landasan pacu, menampilkan kreasi dari koleksi Musim Gugur 2023 Christian Dior berlangsung di Mumbai, India
Model menampilkan kreasi dari koleksi Musim Gugur 2023 Christian Dior berlangsung di Mumbai, India. (Dok: AFP)

Chiuri menambahkan, "Koleksi ini adalah hasil dari semua upaya yang kami lakukan untuk menghidupkan bahasa ini."

Orang dalam mode, seperti stylist terkemuka dan mantan direktur mode Vogue India Anaita Shroff Adajania, melihat acara tersebut sebagai pengakuan yang sudah lama ditunggu-tunggu untuk atelier India. "Saya melihat pertunjukan ini sebagai ucapan terima kasih kepada India," katanya.

Menjelang presentasi, Mayank Kaul, seorang desainer dan kurator tekstil ternama, menyebutnya sebagai "momen bersejarah". "Pengakuan seperti ini yang diberikan oleh pembuat India di balik produk rumah mode internasional belum pernah terlihat sebelumnya," tambahnya.

Peran tersembunyi pengrajin India dengan mode kelas atas Prancis dimulai pada abad ke-17, ketika penjahit dari istana kerajaan Eropa akan mengambil tekstil dari anak benua. Saat ini, sebagian besar rantai pasokan industri mewah telah dialihkan ke India, kata Rahul Mishra, yang pada tahun 2020 menjadi desainer India pertama yang diundang untuk memamerkan koleksi landasan pacu selama musim Haute Couture di Paris.

 


Produksi Tekstil dan Orname di India

Beberapa koleksi yang ditampilkan Dior di Mumbai, India
Beberapa koleksi yang ditampilkan Dior di Mumbai, India. (Dok: Indranil MUKHERJEE / AFP)

"Sebuah garmen, selama proses pembuatannya, menghabiskan lebih banyak waktu di India daripada di Eropa karena produksi tekstil dan ornamen permukaannya," tambahnya.

Tetapi kain yang diproduksi India sering kali dirakit dan oleh karena itu diberi label "buatan" di Eropa. Menurut Adajania, hal ini membuat banyak atelier India merasa tidak mampu menghargai peran mereka.

"Saya punya banyak teman yang menjalankan rumah bordir yang bekerja sama dengan rumah mewah, tetapi merek memastikan bahwa mereka tidak membicarakannya," katanya.

"Orang dalam industri selalu tahu tentang kontribusi India tapi bukan konsumennya. Bagi Karishma Swali, direktur artistik Chanakya International dan Chanakya School of Craft, melihat kreasi ateliernya di landasan pacu di India merupakan pencapaian besar.

"Selama bertahun-tahun, kami membawa sebagian dari Mumbai ke Paris," katanya. Baginya, fakta bahwa Paris akan datang ke Mumbai berarti dunia bagi kita semua."

Infografis Ragam Material Fesyen Berkelanjutan
Macam-macam material fesyen berkelanjutan. (dok. Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya