Segera Terselenggara, Simak Tema hingga Dress Code Met Gala 2023

Met Gala 2023 akan berlangsung di Metropolitan Museum of Art di New York City, Amerika Serikat pada 1 Mei 2023 waktu setempat (2 Mei 2023 waktu Indonesia). Acara ini akan memberi penghormatan kepada mendiang perancang busana Karl Lagerfeld.

oleh Putu Elmira diperbarui 01 Mei 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2023, 15:00 WIB
Karl Lagerfeld
Desainer legendaris Karl Lagerfeld berpose di samping foto kucingnya "Choupette" selama peresmian acara "Corsa Karl and Choupette" di Palazzo Italia di Berlin pada 3 Februari 2015. Sepeninggal Lagerfeld, kucingnya diundang untuk menghadiri Met Gala 2023. (JIM WATSON, ROBYN BECK, DENIS CHARLET, JENS KALAENE/DPA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Met Gala 2023 akan berlangsung di Metropolitan Museum of Art di New York City, Amerika Serikat pada 1 Mei 2023 waktu setempat (2 Mei 2023 waktu Indonesia). Malam gelaran Met Gala 2023 akan memberi penghormatan kepada mendiang perancang busana Karl Lagerfeld.

Dikutip dari Page Six, Senin (1/5/2023), Met Gala tahun ini akan dipandu oleh Dua Lipa, Penelope Cruz, Roger Federer dan Michaela Coel. Para tamu Met Gala 2023 akan merayakan karya Lagerfeld untuk Chanel, Fendi, Chloé, Balmain, Patou, dan merek eponimnya sepanjang kariernya selama enam dekade.

Pameran yang menyertainya, berjudul "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty," akan menampilkan 150 looks yang dirancang oleh Lagerfeld. Suguhan tersebut dipasangkan dengan sketsa yang sesuai dari sebelum pakaian dijahit.

Pameran dikurasi oleh Andrew Bolton, Kurator Penanggung Jawab Costume Institute, serta kolaborator lama Lagerfeld, yakni Amanda Harlech, yang menjabat sebagai konsultan kreatif pameran. Mencerminkan judul pameran Costume Institute yang akan datang, tema Met Gala tahun ini adalah "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty," dengan frasa terakhir yang merujuk pada gambar garis luar biasa dari seniman berbakat.

Sementara, Karl Lagerfeld telah lama identik dengan Chanel, rumah mode yang tampil sebagai tema Met Gala pada 2005. Tahun ini akan merayakan karya ikonoklas (menghapuskan gambar dan patung dari ibadat suatu agama) dari sepanjang kariernya yang terkenal, termasuk menjalankan tugas di beberapa label lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Dress Code Tahun Ini?

Alicia Keys menghadiri Met Gala 2022 di The Metropolitan Museum of Art pada 2 Mei 2022 di New York City, AS. (Jamie McCarthy/Getty Images/AFP)
Alicia Keys menghadiri Met Gala 2022 di The Metropolitan Museum of Art pada 2 Mei 2022 di New York City, AS. (Jamie McCarthy/Getty Images/AFP)

Met Gala sebelumnya telah menyertakan pedoman dress code yang cukup tidak jelas tahun ini. Para tamu diharapkan berpakaian sederhana "untuk menghormati Karl".

Banyak bintang yang telah memakai Chanel sampai ke masa lalu, termasuk pimpinan Vogue Anna Wintour, yang hampir selalu memakai desain teman dekat Lagerfeld. Namun itu tidak berarti semua orang akan memakai busana merek Prancis itu.

Kemungkinan para hadirin menghormati superstar Jerman itu dengan berpakaian serupa. Lagerfeld terkenal dengan pakaian hitam-putihnya, dasi yang rapi, dan kuncir kuda yang halus.

Bintang-bintang dapat menarik salah satu dari ribuan koleksi yang dibuat oleh perancang untuk berbagai rumah mode. Perlu dicatat bahwa Chanel adalah sponsor utama malam itu, dengan dukungan tambahan yang diberikan oleh Fendi. Dengan demikian, kemungkinan besar banyak yang akan memilih untuk memakai label tersebut.

Sementara, ketika perancang terkenal itu meninggal pada 2019 di usia 85 tahun setelah berjuang melawan kanker pankreas, dunia mode kehilangan salah satu tokoh yang paling dihormati.


Mengapa Karl Lagerfeld Dihormati?

Karl Lagerfeld
Desainer legendaris Karl Lagerfeld berpose di samping foto kucingnya "Choupette" selama peresmian acara "Corsa Karl and Choupette" di Palazzo Italia di Berlin pada 3 Februari 2015. Sepeninggal Lagerfeld, kucingnya diundang untuk menghadiri Met Gala 2023. (JENS KALAENE/DPA/AFP)

The New York Times menyebut Karl Lagerfeld sebagai "perancang paling produktif abad ke-20 dan ke-21". Fotografer dan seniman ini merancang rata-rata 14 koleksi baru setiap tahun di masa jayanya.

Ia dikenal karena mengambil merek warisan yang masih baru, termasuk Fendi dan Chanel, dan mengubahnya menjadi label wajib yang keren yang menyelenggarakan acara musiman yang spektakuler, yakni komedi putar Chanel, kapal roket, dan landasan pacu yang terinspirasi supermarket, selalu dipentaskan di Grand Palais di Paris, adalah beberapa di antara yang paling berkesan.

Lagerfeld juga berteman sangat dekat dengan Wintour, yang menjabat sebagai ketua Met ball sejak 1995. "Lebih dari siapa pun yang saya kenal, dia mewakili jiwa mode: gelisah, berwawasan ke depan, dan sangat memerhatikan perubahan budaya kita," kata Wintour tentang Lagerfeld saat mempersembahkan Outstanding Achievement Award di British Fashion Awards pada 2015.

Ia adalah sosok yang dicintai, meskipun kontroversial. Lagerfeld juga dekat dengan selebritas yang tak terhitung jumlahnya termasuk Kristen Stewart, Cara Delevingne, Pharrell, Naomi Campbell, dan banyak lagi.


Menentukan Dress Code hingga Karpet Merah

Pemimpin Redaksi Vogue Amerika dan Direktur Artistik Dame, Anna Wintour berpose setelah menerima lencana Komandan Dame-nya dari Ratu Inggris Elizabeth II di Istana Buckingham, London, Jumat 5 Mei 2017. (Dominic Lipinski / PA Pool via AP)
Pemimpin Redaksi Vogue Amerika dan Direktur Artistik Dame, Anna Wintour berpose setelah menerima lencana Komandan Dame-nya dari Ratu Inggris Elizabeth II di Istana Buckingham, London, Jumat 5 Mei 2017. (Dominic Lipinski / PA Pool via AP)

Wintour, bersama dengan Bolton, memilih tema acara dan karya yang ditampilkan setiap tahun, dan membawa Harlech untuk membantu kali ini. Namun pada akhirnya, segala sesuatu tentang acara amal tersebut diserahkan kepada kebijaksanaan Wintour, termasuk daftar tamu, dekorasi, dan bahkan apa yang dikenakan para peserta.

Mempertimbangkan panjang karier Lagerfeld, pilihannya tidak terbatas bagi mereka yang bisa mendapatkan salah satu kreasi arsipnya. Orang lain yang hadir dengan merek selain Chanel atau Fendi mungkin sebaiknya bakal menampilkan bouclé, bunga kamelia, jas dan bulu yang disesuaikan, yang merupakan salah satu elemen khas Lagerfeld.

Kim Kardashian hampir pasti akan mengenakan sesuatu dari salah satu koleksi Lagerfeld, seperti yang dia unggah dari studio Lagerfeld di Paris. Bahkan Kim berpose dengan kucing kesayangan Lagerfeld, Choupette, beberapa hari sebelum acara. 

"Bertemu dengan @choupetteofficiel di Paris. Kami kemudian menghabiskan waktu di kantor @karllagerfeld untuk mendapatkan sedikit inspirasi untuk Met," tulisnya pada kolom keterangan potret foto, yang menampilkan sekilas tempat kerja Lagerfeld semasa hidup.

Kim tampak mengenakan jaket PVC hitam dan sepatu bot hitam. Ia juga berbaring di tempat tidur yang tampak megah dengan Choupette dan berpose ke kamera saat dia berswafoto dengan teman berbulu Lagerfeld.

 

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya