Mengulik Rumah Para Mantan Presiden RI, dari Sukarno hingga SBY

Menapak tilas rumah mantan Presiden RI dari pertama Sukarno, hingga mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seperti pergi melintasi zaman.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 05 Jun 2023, 13:19 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2023, 13:18 WIB
Rumah masa kecil Soekarno di Surabaya
Rumah masa kecil Soekarno di Surabaya. (Dok: Pemkot Surabaya)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sudah beberapa kali berganti kepemimpinan sejak era kemerdekaan, mulai dari Presiden RI yang pertama Sukarno hingga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Masing-masing punya persona dan preferensi berbeda tentang hunian yang ditinggali.

Karena itu, menapaktilasi rumah mantan orang-orang nomor satu di Indonesia ini seperti pergi melintasi zaman. Berikut detail rumah para mantan Presiden RI yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (5/6/2023).

1. Rumah Masa Kecil Sukarno, Mantan Presiden RI ke-1

Presiden pertama RI, Sukarno, dikenal selalu berpindah-pindah tempat karena pendidikan, aktivitas berpolitiknya, hingga akibat diasingkan pemerintah Belanda. Namun yang pasti, ia menghabiskan masa kecil di Surabaya, Jawa Timur, tepatnya tinggal di Jl. Peneleh, Gang Pandean IV Nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Mengutip dari laman resmi Pemerintah Surabaya, tempat ini berada di kampung dengan gang kecil yang berada di pusat kota Surabaya. Rumah masa kecil Sukarno ini sangat sederhana, yang kini kusen pintu serta jendela dicat berwarna hijau.

Ventilasi udara pada bagian dinding rumah dengan gaya lama masih terlihat, bahkan bagian bawah dindingnya juga diplester keramik cokelat. Keluarga Sukarno menetap di Surabaya setelah sang ayah, Raden Soekemi Sosrodihardjo, dipindahtugaskan dari Singaraja, Bali, sebagai guru di Sekolah Rakyat Sulung Surabaya pada 1900.

Soekemi datang ke Surabaya bersama istrinya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, yang tengah mengandung Soekarno dan melahirkan pada 1 Juni 1901. Kini, rumah tersebut sudah menjadi museum yang bisa dikunjungi masyarakat luas. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Rumah Soeharto, Presiden ke-2 RI

Rumah mantan presiden RI ke-2 Soeharto di Jl Cendana
Rumah mantan presiden RI ke-2 Soeharto di Jl Cendana. (Dok: YouTube Calon Sarjana)

Sosok Presiden ke-2 RI Soeharto lekat di ingatan publik karena ia berkuasa paling lama, yaitu 32 tahun. Rumah Soeharto yang berada di Jalan Cendana No 8, Jakarta Pusat, merupakan saksi sejarah bagaimana masa kejayaan hingga tumbangnya pemerintahannya pada 1998.

Mengutip dari laman Merdeka, meski Soeharto telah meninggal, keluarga Cendana nampaknya berusaha mempertahankan bangunan rumah utama Soeharto yang didominasi warna hijau itu. Halaman depan terbentang luas untuk menampung jajaran mobil, serta deretan taman yang tersusun rapi. 

Bangunan lama yang masih berdiri kokoh itu direncanakan oleh Keluarga Cendana akan dijadikan sebagai museum. Jika melihat isi rumahnya, terdapat ruang tamu yang mewah dengan sofa dominasi warna krem.

Salah satu sudut yang berhasil mencuri perhatian adalah keberadaan gading gajah yang menjulang. Tempatnya berdampingan dengan potret Soeharto dan istrinya yang diambil pada 1960an, ketika awal menjabat presiden. 

Selain itu di dalamnya terdapat banyak pajangan antik. Seluruh kenang-kenangan itu berasal dari tamu mancanegara dan dalam negeri yang tersusun rapi di dalam lemari kaca.


3. Rumah BJ Habibie, Presiden ke-3 RI

7 Potret Penampakan Isi Rumah BJ Habibie, Penuh Filosofi Kebudayaan
7 Potret Penampakan Isi Rumah BJ Habibie, Penuh Filosofi Kebudayaan (sumber: YouTube The Bramantyos)

Rumah mendiang BJ Habibie sebagai mantan presiden ke-3 Indonesia juga cukup menarik untuk disimak. Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, 13 September 2019, rumah BJ Habibie sangat megah yang terdiri dari empat kavling. 

Saat masuk ke dalam rumah, banyak sekali ruangan yang dihias dengan nuansa kebudayaan. Barang-barang yang dimiliki BJ Habibie punya makna filosofi.

Jika masuk dari pintu depan, Anda akan menemui lantai yang terdapat semacam lingkaran berwarna biru. Kemudian halaman utama rumahnya di bagian samping kanan kirinya terdapat kolam ikan hias. Ini merupakan ruangan untuk menjamu tamu-tamu BJ Habibie. Di rumahnya terdapat pula perpustakaan yang penuh dengan buku tertata rapi.

4. Rumah Masa Kecil Gus Dur, Presiden ke-4 RI

Mengutip dari laman Merdeka, terlahir di lingkungan agamis dari pasangan Wahid Hasyim dan Solichah. Gus Dur banyak menghabiskan masa kecilnya di rumah Matraman, Jakarta Pusat.

Saat itu ayahnya sempat menjabat sebagai menteri agama di kabinet pertama Indonesia. Tidak banyak yang diubah dari rumah masa kecil Gus Dur, lebih pada pergantian warna dinding serta penataan ruangan. Bagian halaman yang luas, dilengkapi taman hijau terasa sangat nyaman nan asri.

Rumah yang sudah berdiri kokoh sejak 1940-an dan menjadi persinggahan orang kenamaan dari masa ke masa. Abdul Wahid Hasjim ketika bertolak dari Jawa Timur ke Jakarta Pusat bersama keluarga untuk mempermudah tugasnya sebagai Menteri Agama.

 

Rumah Masa Kecil Gus Dur di Jakarta
Rumah Masa Kecil Gus Dur di Jakarta. (Dok: Merdeka)

5. Rumah Megawati, Presiden ke-5 RI

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat ngabuburit di rumah Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat ngabuburit di rumah Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Rabu 6 April 2022 bersama pejabat PBNU. (Instagram @gusyaqut)

Megawati memiliki rumah mewah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Rumah tersebut tampak begitu luas dan asri. Dari unggahan channel Youtube Surya Citra Televisi (SCTV), tampak potret rumah Megawati Soekarnoputri.

Dilihat dari luar, halaman rumah Megawati tampak luas. Terdapat gerbang tinggi berwarna putih serta pepohonan di pekarangan rumah Megawati. 

Ruang tamu di rumah Megawati tampak begitu luas. Terdapat sofa-sofa dan meja yang tertata rapi di sana. Selain itu, ada pula beberapa hiasan dari kayu di ruang tamu. Di sini Megawati kerap menyambut tamu-tamu pentingnya.

6. Rumah SBY, Presiden ke-6 RI

Mantan Presiden SBY diketahui melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya di Pacitan. Ia adalah seorang pensiunan militer. Rumah masa kecil SBY kini dinamakan Pendopo SBY, lantaran bentuknya yang seperti pendopo.

Selama di militer SBY lebih dikenal sebagai Bambang Yudhoyono. Karier militernya terhenti saat diangkat Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1999, serta tampil sebagai salah seorang pendiri Partai Demokrat.

Mengutip dari laman Kapan Lagi, rumah yang ditempati oleh SBY semasa kecil ini sekarang telah dipasangi galeri foto-foto masa lalu SBY dan juga almarhumah Ani Yudhoyono. Rumah model joglo khas Jawa ini punya ruangan yang luas di bagian tengah, sedangkan ruangan lainnya lebih kecil. 

6 Potret Rumah Masa Kecil SBY, Kamarnya Sempit dan Jauh dari Kemewahan
6 Potret Rumah Masa Kecil SBY, Kamarnya Sempit dan Jauh dari Kemewahan (Sumber: Brilio)
Infografis 6 Tips Decluttering Barang di Rumah
Infografis 6 Tips Decluttering Barang di Rumah. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya