Lauv Batalkan Konser di Malaysia Diduga Gara-Gara Pernah Mengaku Biseksual

Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat, Lauv, batal konser di Malaysia. Konser Lauv di Negeri Jiran yang tiketnya ludes terjual tersebut seharusnya berlangsung selama dua hari, yakni 6--7 September 2023.

oleh Putu Elmira diperbarui 01 Agu 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2023, 18:00 WIB
[Bintang] LAuv
Lauv (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat, Lauv, batal konser di Negeri Jiran. Konser Lauv di Malaysia yang tiketnya ludes terjual tersebut seharusnya berlangsung selama dua hari, yakni 6--7 September 2023.

Dikutip dari mStar, Selasa (1/8/2023), pengumuman Lauv batal konser di Malaysia dibagikan pihak promotor Live Nation Singapore dalam sebuah pernyataan. Namun, tidak dijelaskan penyebab sebenarnya Lauv membatalkan konser tersebut.

Promotor hanya menyampaikan bahwa hal-hal yang tak dapat dihindari sebagai penyebab pembatalan. Pihaknya juga menjelaskan pembeli tiket dapat pengembalian dana mereka.

Di sisi lain, beredar pula rumor bahwa batalnya konser Lauv di Malaysia menyusul insiden vokalis The 1975, Matty Healy yang tampil di The Good Vibes Festival di Malaysia pada 21 Juli 2023 lalu. Matty dikritik tajam oleh warga Malaysia yang menghina undang-undang Malaysia berkaitan dengan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).

Matty juga secara spontan mencium pemain bass The 1975, Ross McDonald. Ia juga memamerkan aksi liarnya di atas panggung seperti meminum minuman keras dan meludah ke arah penonton.

Menyusul kontrobersi itu, penampilan The 1975 dihentikan. The Good Vibes Festival yang seharusnya digelar selama tiga hari juga dibatalkan atas arahan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia.

Konser Lauv batal seharusnya dilaksanakan di Plenary Hall, KLCC. Isu yang ramai beredar menduga penyebabnya karena Lauv pernah mengakui bahwa dirinya menyukai perempuan dan laki-laki alias biseksual.


Dugaan Pengakuan ke Publik Biseksual

[Bintang] LAuv
Lauv (Bambang E. Ros/bintang.com)

Dikutip dari The Pink News, Selasa (1/8/2023), Lauv disebut telah "membuka diri" mengenai seksualitasnya dalam video TikTok. "Pengakuan" Lauv tersebut disambut gelombang dukungan yang positif.

Seiring berjalannya waktu dan masyarakat bergerak maju, perdebatan tentang apakah orang harus 'mengaku' atau melabeli seksualitas mereka dalam pengertian tradisional kian meningkat. Salah seorang yang disebut membuka diri tersebut adalah Lauv.

Pengumuman itu datang dalam bentuk video selfie lima detik yang buram. Video tersebut diunggah ke 1,3 juta pengikut TikToknya, dengan teks ditempatkan di atas video yang berbunyi, "Kapan Anda berkencan dengan seorang gadis tetapi Anda juga sedikit menyukai pria."

"Apakah itu harus menjadi masalah besar?" tanya penyanyi berusia 28 tahun itu dalam caption unggahan TikTok.

"Aku belum melakukan banyak hal selain ciuman jadi sejujurnya tidak mau melompat tapi aku merasakan sesuatu dan aku tidak ingin berpura-pura tidak melakukannya," lanjutnya.

Komentar di TikTok Lauv berkisar dari dukungan hingga reaksi lucu, tetapi sebagian besar sangat positif. "Straight relationship tidak menghilangkan fakta bahwa Anda bi(seksual)," tulis seorang warganet.

"Kami suka "mengaku" secara santai," tambah yang lain.


Rumor yang Beredar

[Bintang] LAuv
Lauv (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Pencarian Twitter sepintas dari nama penyanyi "I Like Me Better" di Twitter mengungkapkan dukungan lebih lanjut untuk kemunculan paling santai di abad ke-21. "Omg Lauv adalah bi(seksual)… kami menang… kami menang," bunyi komentar tersebut.

Hanya beberapa jam sebelum Lauv membagikan ketertarikannya kepada pria di TikTok, ia mengunggah klip pendek serupa ke akunnya yang menunjukkan ketakutannya "untuk mengatakan apa pun di internet". Ia menuliskan, "Saya ingin menjadi diri saya sendiri."

Lauv sebelumnya dikabarkan punya hubungan dekat dengan bintang pop Australia Troye Sivan. Hal ini terjadi setelah keduanya menggambarkan yang pertama sebagai "teman baru saya".

Lauv tidak pernah menanggapi rumor tersebut, berkomentar "we cute" di unggahan Instagram saat itu. Lauv bukan bintang pertama yang menggunakan TikTok untuk membuka diri tentang seksualitas mereka.

Pada Januari 2023, bintang Stranger Things Noah Schnapp juga melakukannya. Sedangkan, rilisan musik terbaru Lauv adalah single "Steal the Show", dari soundtrack Pixar's Elemental, sebuah film yang menampilkan karakter non-biner pertama di studio.


Tentang Lauv

[Bintang] LAuv
Lauv (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Dikutip dari AllMusic, Selasa (1/8/2023), penyanyi atau penulis lagu yang berbasis di New York, Ari Leff, alias Lauv, membuat lagu pop berbasis elektronik yang dipengaruhi R&B. Menganggap dirinya terutama sebagai storyteller, selain sebagai produser dan musisi, dia dikenal karena lagu-lagunya yang menarik tentang patah hati, kesepian, dan kerumitan tumbuh dewasa.

Ia menerobos dengan hit di seluruh dunia 2017 "I Like Me Better," yang disertakan di I Met You When I Was 18, daftar putar dari single awalnya. Debut penuhnya pada 2020, "How I'm Feeling", menampilkan bintang seperti Troye Sivan, BTS, dan Alessia Cara dan mencapai Top 20 di beberapa negara. Single 2022 miliknya "26" tiba sebelum album keduanya, "All 4 Nothing".

Tertarik pada musik sejak usia muda, Leff yang lahir di San Francisco mengambil pelajaran piano dan biola sebagai seorang anak sebelum belajar gitar sekitar usia 11 tahun. Selama sekolah menengah, dia bermain di beberapa band dan belajar jazz sebelum menemukan produksi musik elektronik.

Saat menghadiri NYU sebagai jurusan teknologi musik pada 2014, perpisahan yang buruk menemukannya sendiri dan menggali jauh ke dalam proses penulisan dan rekamannya. Dari periode ini muncul lagu "The Other", yang ditulis bersama dengan penulis lagu/instrumentalis Michael Matosic.

Dirilis dengan nama panggung Leff Lauv (terinspirasi oleh bahasa Latvia "lauve", atau singa), lagu tersebut menjadi viral setelah mendapatkan perhatian blog dan memuncak di nomor tiga di agregator blog Mesin Hype. Pada 2015, dia kembali dengan EP debutnya Lost in the Light, yang menampilkan "The Other."

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya