Menikmati Keindahan Destinasi Wisata di Indonesia Lewat Desain Bungkus Cokelat

Dengan desain bungkus cokelat yang menarik dan colorful, kita seperti diajak menikmati keindahan sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan kompetisi desain

oleh Henry diperbarui 09 Agu 2023, 07:30 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2023, 07:30 WIB
Kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja
Kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja. foto: dok. Kemenparekraf

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai cara kreatif untuk mempromosikan keindahan berbagai destinasi wisata di Indonesia. Salah satunya dengan menggelar kompetisi desain bungkus cokelat KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja.

Dengan desain yang menarik dan colorful, kita seperti diajak menikmati keindahan sejumlah tempat wisata di Indonesia. Ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan kompetisi tersebut sebagai kelanjutan kerja sama antara KitKat dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam payung co-branding "Wonderful Indonesia."

Kompetisi ini menghadirkan enam kemasan spesial pariwisata yang didesain anak-anak muda Indonesia, mengangkat tema desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas liburan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa sektor swasta, seperti KitKat, berperan penting dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Kompetisi ini juga turut mendukung Kemenparekraf dalam mempromosikan pariwisata Indonesia dan melestarikan kebudayaan. Harapannya, kompetisi ini bisa melahirkan bakat dan karya-karya yang membanggakan Indonesia di tingkat nasional dan internasional," ucap Sandi di kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin, 7 Agustus 2023.

Dengan semangat #DiIndonesiaAja, Direktur Corporate Affairs PT Nestle Indonesia, Sufintri Rahayu, menyatakan komitmen perusahaan dalam mendukung visi dan misi Kemenparekraf. KitKat berharap, program ini bisa mendorong pelestarian budaya lokal, memajukan sektor pariwisata dalam negeri, serta mendukung peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, terutama di sektor bisnis dan pariwisata.

"Peserta kompetisi tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, dengan 602 desain dari seluruh Indonesia diseleksi tim juri yang terdiri dari Kemenparekraf, KitKat, serta beberapa ilustrator dan kreator digital terkemuka," tutur Sufintri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Liburan di Indonesia Aja

Kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja
Kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja.  foto: dok. Kemenparekraf

Business Manager Confectionery PT Nestle Indonesia, Pritha, mengatakan, melalui kompetisi Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja, pihaknya berharap anak muda Indonesia lebih mengenal budaya dan pariwisata lokal, sehingga dapat mendorong mereka memilih liburan #DiIndonesiaAja.

Kompetisi ini dibagi jadi dua kategori, yaitu Individu dan Tim, dengan tema desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling. Setelah melewati tahap seleksi, para pemenang Kategori Individu adalah Emira Bunga Ramadhan, Arif Rachmad Wijanarko, dan Ervina Mugi Astari.

Sementara itu, Kategori Tim dimenangkan Muh Ayub Tahang dan Kurnia Afdillah, Ameerakhaiya Syamsuar dan Amarrakhaisya Syamsuar, serta Shakira Talitha Bryliana Fajar dan R. P. Hero Wijaya. Pemenang utama Kategori Individu, Emira Bunga Ramadhan, bahagia karena karyanya terpilih sebagai salah satu desain kemasan KitKat edisi khusus pariwisata.

Ia merasa terinspirasi kekayaan budaya Indonesia, khususnya Kampung Minang Nagari Sumpu di Sumatra Barat, dan berharap kompetisi ini bisa jadi sarana bagi para desainer muda untuk terus memperkenalkan budaya Indonesia pada masyarakat lokal dan internasional.


Membanggakan Kekayaan Alam Indonesia

Kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja
Talk Show Kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja. (Liputan6.com/Henry)

Hal serupa juga diungkap pemenang utama Kategori Tim, Muh Ayub Tahang dan Kurnia Afdillah. Mereka antusias menyampaikan berbagai inspirasi melalui tema kebudayaan Indonesia yang beragam.

Dalam desainnya, keduanya ingin memperkenalkan Pesona Hiu Taka Bonerate di Sulawesi Selatan pada para wisatawan lokal maupun mancanegara, sekaligus membanggakan kekayaan alam Indonesia dan mengajak masyarakat untuk turut melestarikan budaya.

Melalui desainnya, Ayub berharap Taka Bonerate dijadikan salah satu pilihan berlibur di Indonesia dan bangga akan kekayaan alam sekaligus mengajak masyarakat untuk turut serta dalam melestarikan budaya Indonesia.

Desain kemasan KitKat Breakreasi spesial pariwisata #DiIndonesiaAja akan dicetak dalam kemasan KitKat multipack (6x17g) dan KitKat 4F (35g), serta KitKat Travel Pack, dengan total 2,5 juta buah yang akan tersedia di minimarket dan toko suvenir pada 15 Agustus 2023 selama persediaan masih ada.


KitKat dan Kemenparekraf

KitKat Breakreasi Design Challenge
KitKat hadirkan kemasan edisi pariwisata hasil karya anak bangsa di KitKat Breakreasi Design Challenge 2022.

Tahun lalu, KitKat dan Kemenparekraf meluncurkan kemasan spesial bertemakan destinasi wisata ikonis di Indonesia seperti Borobudur, Mandalika, Likupang, Danau Toba, dan Bali.

Peluncuran kemasan ini merupakan salah satu upaya mendukung Wonderful Indonesia dengan desain kemasan yang dibuat khusus oleh anak bangsa melalui kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge: Destinasi Ter-Indonesia Lo!, yang diadakan pada Maret hingga April 2022.

Kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge yang diadakan KitKat berhasil mendapat perhatian 350 peserta dari seluruh Indonesia. Tahap seleksi karya dilakukan para juri yang terdiri dari Kemenparekraf, KitKat, Hari Prast selaku Ilustrator, Olivia Valen selaku Digital Creator, dan Aprilia selaku Ilustrator.

Di kompetisi tersebut, peserta dengan desain Bali, Irdina Junaida asal Kediri berhasil terpilih sebagai pemenang utama yang mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp15 juta, akomodasi liburan ke Bali selama 3 hari 2 malam, dan voucer belanja senilai Rp1 juta.

Infografis 5 Destinasi Wisata Super Prioritas
Pemerintah telah menetapkan 5 Destinasi Super Prioritas, antara lain Borobudur, Likupang, Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo. (Dok: Tim Grafis/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya