Gaya Jokowi dan Prabowo Pakai Jaket Couple dari Brand Lokal Bandung yang Produknya Pernah Dikenakan Billie Eilish

Jaket kulit dari brand asal Bandung yang pernah merancang busana Billie Eilish itu dipakai dalam dua model berbeda oleh Jokowi dan Prabowo, dipadukan dengan kemeja putih dan kopiah hitam serasi.

oleh Asnida Riani diperbarui 09 Nov 2023, 12:30 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2023, 12:30 WIB
Jokowi dan Prabowo
Jokowi dan Prabowo kompak pakai jaket couple dari brand lokal asal Bandung, Dressedlikeparents, yang mana produknya pernah dikenakan Billie Eilish. (dok. Instagram @prabowo/https://www.instagram.com/p/CzYULeQyCSO/)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus membuka acara Rapat Kerja Nasional Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2023 di Jakarta, Selasa, 7 November 2023 didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Saat mampir ke expo acara tersebut, keduanya kompak memakai jaket couple.

Potongan mode berwarna monokrom itu merupakan rilisan brand lokal asal Bandung, Jawa Barat, Dressedlikeparents. Sebagaimana diketahui, jenama fesyen dengan spesialisasi apparel custom itu jadi sorotan awal tahun ini karena produknya dipakai penyanyi Amerika Serikat (AS), Billie Eilish.

Jaket kulit itu dipakai dalam dua model berbeda oleh Jokowi dan Prabowo, dipadukan dengan kemeja putih dan kopiah hitam serasi. Tidak hanya keduanya, menurut unggahan Instagram lini mode tersebut, pejabat lain seperti Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan bakal calon presiden Ganjar Pranowo juga kedapatan mengenakan busana rilisan pihaknya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu bahkan disebut membeli tiga produk dari merek lokal tersebut. Di salah satu unggahannya, Dressedlikeparents menulis, "#DLPFORPRESIDENT Three Musketeers wearing @dressedlikeparents 🔥 Terima kasih Bapak RI1 @jokowi Pak capres @prabowo dan Pak menteri @zul.hasan for wearing our piecess!! Such a pleasure❤️🙌🏻#masyaaAllah #LOCALPRIDEGANGGANG."

Tidak ketinggalan, brand lokal itu mengomentari unggahan Prabowo yang memperlihatkan ia dan Jokowi memakai jaket rilisan mereka, menulis, "Best couple outfit won this year." Selain, pihaknya juga berkomentar, "Unforgettable" di unggahan Jokowi, dan menghaturkan terima kasih pada Mendag, yang juga berbagi unggahan serupa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dipakai Billie Eilish

Billie Eilish memakai fesyen karya anak muda bandung
Billie Eilish memakai fesyen karya anak muda Bandung. (Dok: Instagram @soniadewi)

Sebagaimana disinggung, produk rilisan Dressedlikeparents, yang dirancang remaja bernama Callista Aldenia, sebelumnya sudah dipakai Billie Eilish saat menggelar konser di AS. Ini awalnya dibagikan Sonia Wiriadinata, ibunda Callista, di akun media sosialnya.

Disebut bahwa ada empat set custom outfit yang dipesan Eilish lewat pengarah gayanya sejak 2022. Salah satunya berupa kaus lengan panjang "the clash blue stripe" yang dikenakan pelantun Therefore I Am itu di konser Olivia Rodrigo tahun lalu.

Menurut Sonia, Dressedlikeparents membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk mengerjakan proyek custom outfit yang dikenakan penyanyi AS itu. Putrinya bahkan rela lembur dan tidak mengikuti ujian demi mengejar tenggat waktu pengerjaan busana yang dimaksud.

"Thank you so much @billieeilish for wearing The Clash Blue Stripe by @dressedlikeparents in @oliviarodrigo concert MasyaAllah Tabarakallah, Alhamdulillah ya Allah congrats sayangku kaka Ita @valdstc @dressedlikeparents," tulis Sonia. 

Masih di unggahan yang sama, ia juga menuliskan, "Finally doa dalam tahajud kaka Ita terkabul satu-satu yaa, salah satu doanya someday baju buatannya dipake sama Billie Eilish dan Rich Brian." Callista sendiri mengaku kaget dengan ramainya pemberitaan mengenai dirinya yang mendesain baju untuk penyanyi idolanya.

 


Tampil dengan Produk Lokal

INACRAFT on October 2023
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tur di sebagian area pameran INACRAFT on October 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 4 Oktober 2023. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Sementara itu, Jokowi memang acap kali memerkan tampilan serba lokal di berbagai kesempatan. Sebelum ini, ia dan beberapa menteri yang menghadiri acara pembukaan INACRAFT on October 2023 tampil kompak berkemeja batik Pekalongan warna hijau sage.

Menurut Ketua Bidang Youth Planner and Development Program INACRAFT, R. Asyfa Fuadi, warna ini diasumsikan pihaknya untuk mewakili jiwa anak muda yang bebas. Lebih lanjut, Fajar Dewa dari Museum Batik Pekalongan, mengatakan bahwa motif di kemeja batik itu merupakan motif baru.

"Motif campuran di tengah menunjukkan perkembangan kota, sementara ini (bagian sisinya) yang bermotif geometris merupakan penyanggah dari perkembangan itu," katanya dalam wawancara terpisah di area paviliun Pemerintah Kota Pekalongan, 4 Oktober 2023. "Ini sebenarnya motif baru, hasil modifikasi motif lawasan, termasuk jlamprang."

Warna hijau sage, Dewa mengatakan, merupakan pesanan "panitia INACRAFT." "Tapi secara filosifisnya, hijau melambangkan kedamaian dan spiritual," imbuhnya. Perajin batik Pekalongan disebut hanya membuat kain batik yang kemudian dibagikan untuk dijahit sendiri.


Dukung Produk Fesyen Lokal

Jokowi
Murid SMK Negeri 4 Jambi bikin kemeja putih Presiden Jokowi yang ikonis. (dok. tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Dukungan pada produk fesyen lokal juga ditunjukkan Jokowi saat pamer pakai kemeja putih, yang merupakan bagian dari tampilan ikonisnya, buatan murid-murid SMKN 4 Jambi.

"Baju yang saya pakai ini juga produksi SMK Negeri 4 Jambi. Saya pesan dua bulan lalu. (Setelah) jadi, langsung saya pakai. Bagus juga," katanya di sela kunjungan ke SMK 2 Bengkulu pada 20 Juli 2023, seperti diunggah di video kanal YouTube Sekretariat Presiden, 29 Juli 2023.

Klip tersebut berganti memperlihatkan momen kunjungan Jokowi ke SMKN 4 Jambi pada 16 Mei 2023. Tampak di sana Presiden Jokowi berkeliling melihat ragam kegiatan di sekolah, hingga ia melakukan sesi pengukuran untuk dibuatkan kemeja.

Salah satunya, tampak orang nomor satu di Indonesia itu mengangkat kedua tangan di atas kepala untuk diukur lingkar dadanya oleh seorang murid SMK. "Saya pesan baju di sini," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan saat itu. "Saya tunggu nanti mungkin sebulan lagi jadi."

Ketika ditanya mengapa memutuskan memesan kemeja dari sekolah tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjawab, "Tadi saya lihat, desain bajunya, fesyen bajunya, saya lihat bagus, makanya saya pesan. Kalau sudah jadi, saya lihat, (apakah) kekecilan, kegedean, atau bagus."

Ketika akhirnya kemeja putih itu dipakai, mereka kedapatan menanggapi. Di sana, tampak seorang guru memuji kerja para muridnya. "Kalau saya lihat, bajunya pas, kerahnya (pas), bahunya juga. Harapannya suatu saat bisa kita antar ke sana (Istana). Berdoa ya kapan-kapan bisa ke Istana," ujar dia.

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air.
Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya