Momen Warga Salah Kenali Kaesang Pangarep Sebagai Gibran Saat di Pasar: Saya Bukan Cawapres tapi Ketua Umum Partai

Presiden Joko Widodo (Jokowi), memiliki dua putra yaitu Gibran Rakabuming yang sempat menjabat sebagai Wali Kota Surakarta dan Kaesang Pangarep yang kini merupakan Ketua Umum PSI. Keduanya sering salah dikenali oleh warga.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 29 Nov 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023, 20:00 WIB
Momen Kaesang Pangarep salah dikenali sebagai Gibran Rakabuming yang kini jadi cawapres Prabowo
Momen Kaesang Pangarep salah dikenali sebagai Gibran Rakabuming yang kini jadi cawapres Prabowo. (Dok: TikTok @wongegibran)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), memiliki dua putra yaitu Gibran Rakabuming yang sempat menjabat sebagai Wali Kota Surakarta dan Kaesang Pangarep yang kini merupakan Ketua Umum PSI. Meski keduanya memiliki fitur wajah yang berbeda, namun setelah lama dikenal ternyata masih ada juga yang salah memanggilnya.

Momen itu terjadi saat Kaesang Pangarep, anak ketiga Presiden Jokowi sedang mendatangi sebuah pasar. Tak sendirian, Kaesang kali itu didampingi istrinya, Erina Gudono.

Saat sedang keliling, ada seorang penjual yang menyapa Kaesang tapi justru memanggilnya dengan Gibran. "Mampir dulu mas Gibran," teriak seorang penjual di pasar tersebut yang disoraki oleh pengunjung lantaran salah sebut nama, dikutip dari akun TikTok @wongegibran, diunggah pada 21 November 2023.

"Saya Kaesang, saya bukan cawapres pak.. saya bukan cawapres, saya adalah ketua umum," balas Kaesang spontan. 

Erina yang tak lepas menggandeng tangan Kaesang terlihat tersenyum dan sedikit nyengir saat tahu suaminya salah dikenali. Sementara Kaesang yang membawa boneka Teddy Bear hanya bersikap santai.

Warganet yang menonton video tersebut pun merespons dengan beragam komentar. "Tiba-tiba keinget Irfan Hakin salah orang, yang nikah Kaesang yang diselametin Gibran wkwkw," tulis seorang warganet.

"Kaesang takut dicium bapak-bapak karena dianggap mas Gibran," sambung yang lain. 

"Dari dulu nggak bisa bedain yang mana mas Gibran dan Kaesang," ungkap warganet lainnya.

"Tas lu kenapa beruang Kaesang," tanya warganet.


Kaesang Blusukan di Papua

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep blusukan ke Pasar Yotefa Awiyo, Jayapura. (Foto: Dokumentasi PSI).

Mengutip dari kanal Pemilu Liputan6.com, Rabu (29/11/2023), Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mulai melakukan safari politik. Dia pun memilih gaya blusukan untuk menyapa masyarakat, khususnya di Papua.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini pun memilih blusukan ke Pasar Yotefa Awiyo, Jayapura pada Senin 27 November 2023. Dia pun tampak berbincang dengan salah seorang pedagang buah yang ada di pasar. Dia juga terlihat membeli dagangan milik beberapa pedagang.

"Cuma singkong, nanas, sama peci khas Papua," kata Kaesang, Selasa, 28 November 2023.

Selain pedagang buah, Kaesang juga singgah di tempat penjual oleh khas Papua seperti noken dan juga mahkota kepala. Dia juga ikut membelinya.

Sepanjang berkeliling di Pasar Abepura, Kaesang terlihat banyak berfoto bersama masyarakat. Masyarakat di pasar juga terdengar meneriaki Kaesang anak Presiden. Sebagai informasi, Kaesang tengah melanjutkan safari politiknya dengan mendatangi beberapa tempat di Papua.

Mulai dari Panti Asuhan Putri Kerahiman, rumah-rumah tokoh masyarakat hingga ke pasar-pasar. Dia juga menggelar berbagai konsolidasi dengan Dewan Pimpinan Wilayah PSI.


Dapat Satu Kursi di Setiap Wilayah

Kaesang Pangarep Sambangi Markas Golkar
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat tiba di DPP Golkar di Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/10/2023). Dalam pertemuan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Kaesang berdialog tentang Pemilu 2024 serta isu politik terkini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kaesang Pangarep menggelar konsolidasi bersama pengurus partai dan caleg se-Papua di gedung Papua Youth Creative Hub, Jayapura.

Dia pun mengaku banyak bertanya soal strategi yang dilakukan para caleg PSI untuk bisa meraih suara pemenangan dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Instruksinya sama di semua kota, saya selalu tanya nanti yang ada di DPR, untuk yang nyaleg di DPRD Kota Kabupaten, Provinsi nanti strateginya seperti apa. Mereka paparkan buat kasih tunjuk ke teman-temannya," sebut Kaesang dalam keterangannya, Senin, 27 November 2023.

Dia menjelaskan tidak memberikan arahan khusus kepada para calegnya. Kaesang menegaskan pertemuan dengan konsep kopi darat wilayah (Kopdarwil) ini sebagai ajang berbagi ilmu.

"Jadi bukan saya kasih instruksi tapi lebih ke ngajak ini loh contoh yang baik seperti ini, ini kurang bagus, nanti kita perbaiki biar kita bisa menang di 2024 nanti," jelasnya. Kaesang disebut memasang target untuk para caleg agar bisa merebut satu kursi DPR RI di setiap dapil.

Dia mengaku sudah menyiapkan kader perempuan agar turut memenuhi kapasitas 30 persen di Parlemen. "Ya Insyaallah bisa dapat satu kursi setiap dapil di DPR RI. Untuk keterlibatan kader perempuan kita ikuti aturan minimal 30 persen, kita pastikan lebih dari itu," tandas Kaesang.


Masa Kampanye Pemilu 2024

Kaesang Pangarep Sambangi Markas Golkar
Sementara Airlangga Hartarto menunggunya di ruang pertemuan yang telah lebih awal tiba di Gedung DPP Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Masa kampanye Pemilu 2024 akan dimulai perdana pada Selasa, 28 November 2023. Para politikus maupun elite partai menyambutnya untuk kerja elektoral.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep mengaku tidak ada persiapan khusus untuk hari kampanye pertama. Dia mengungkapkan sedang berfokus untuk melakukan perayaan hari ulang tahun PSI yang ke-9 pada 9 Desember nanti.

"Tidak ada (persiapan kampanye). Paling kita untuk persiapan tanggal 9 nanti, 9 Desember buat ulang tahun ke-9 PSI," ujar Kaesang di Jayapura, Papua, Senin, 27 November 2023.

Dia menjelaskan tugas kampanye sudah dibagi kepada setiap pengurus partai. Kaesang mengatakan hanya memberi arahan terhadap cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka untuk tersenyum lebih lebar.

"Ya bagi-bagi semua (tugas), saya kan cuma wakil dewan pengarah TKN, mengarahkan Mas Cawapres senyum lebih lebar. Engga (jarang senyum) tapi lebih lebar," kata Kaesang.

Sebelumnya diberitakan, Rakyat Muda Mudi dan Santri Nasionalis (PSN Peramu) menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka.  

Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya