Harga Jaket Bomber Ganjar-Mahfud di Debat Capres Pemilu 2024, Diproduksi Terbatas Brand Lokal Bandung

Pasangan Ganjar-Mahfud tampil mencolok dengan jaket bomber yang visualnya dipersonalisasi. Sementara, Anies-Muhaimin tampil formal dan Prabowo-Gibran memakai baju kampanye mereka.

oleh Asnida Riani diperbarui 08 Jan 2024, 16:10 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2024, 09:30 WIB
Capres-Cawapres 03 Ganjar-Mahfud Kenakan Jaket Bomber ala Film Top Gun
Lokasi berlangsungnya debat ketiga Pipres 2024 dijaga ketat ribuan personil gabungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 tampil dengan gaya mereka masing-masing saat menghadiri Debat Capres edisi ke-3 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Januari 2024. Di antaranya, pasangan Ganjar-Mahfud tampil mencolok dengan jaket bomber yang visualnya dipersonalisasi.

Ya, pasangan capres-cawapres nomor urut 03 ini memakai custom Steeves Flight Jacket berhias patch "Sat Set Tas Tes" rilisan brand lokal Bandung, Timechine Co. Di unggahan Instagram-nya, Minggu, jenama mode itu menuliskan bahwa jaket tersebut merupakan bagian dari koleksi deadstock dan surplus mereka.

Karenanya, itu "dibuat secara terbatas." Di deskripsi produknya, mereka menulis, "Steeves Flight Jacket kami meniru model jaket penerbangan USAF L-2B, versi lebih ringan dari jaket penerbangan MA-1 dan lebih cocok untuk dipakai sepanjang tahun."

"L-2B digunakan sejak pertengahan tahun 1950-an hingga digantikan jaket CWU-36/P pada akhir tahun 1970-an," imbuhnya. "Steeves Flight Jacket terbuat dari nilon twill dan dilapisi kain sutra rayon premium. Jaket ini memiliki panjang badan yang pendek, namun tetap memiliki ruang ekstra yang pas di dada agar lebih nyaman."

Merujuk kanal penjualan brand itu di e-commerce, harga jaket Ganjar-Mahfud tanpa tambahan patch dibanderol Rp749 ribu. Barangnya sekarang masih tersedia dalam ukuran XS, S, dan M, sementara L dan XL sudah habis terjual. Berdasarkan keterangan di sana, stok jaket tersebut sisa tujuh buah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Barang-Barang Lokal

Ekspresi Ketiga Calon Presiden Saat Adu Gagasan pada Debat Ketiga Pelimu 2024
Foto kombinasi Capres nomor urut 01 Anies Baswedan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo saat beradu gagasan dalam debat ketiga Capres Pemilu tahun 2024 di Istora Senaya, Jakarta, Minggu (7/1/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan Ganjar-Mahfud yang terbilang lebih mencolok dari capres dan cawapres lain ini mengundang berbagai komentar di jagat maya. Salah satu pengguna X, dulunya Twitter, menulis, "Debat Capres emang selalu rasa Met Gala buat Ganjar-Mahfud."

Sementara itu, Anies-Muhaimin tampil formal dengan setelan jas hitam fit tubuh. Lalu, Prabowo-Gibran masih dengan kemeja biru muda yang menjadi baju kampanye mereka. Gibran terlihat memakai sepatu seri Hoops High Series dari AeroStreet, merek lokal asal Klaten, Jawa Tengah.

Di deskripsi produknya tertulis, "TIDAK AKAN JEBOL setelah dicuci atau kehujanan karena menggunakan teknologi baru Shoes Injection Mould, bahan sole dicairkan dengan tekanan tinggi menyatu sempurna dengan bahan kain dari sepatu tanpa menggunakan proses lem."

Sepatu itu kini sedang diskon, menurut akun e-commerce mereka, dari semula Rp319 ribuan, sekarang jadi Rp159,9 ribu, namun hanya tersisa ukuran 37 saja. Sebelum ini, Gibran sudah memakai sepatu juga dari merek tersebut saat tampil di Debat Cawapres, beberapa waktu lalu.


Tampilan di Debat Capres Edisi Perdana

Debat Perdana Capres Pilpres 2024
Tiga Calon Presiden, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (kiri ke kanan) mengangkat tangan usai debat perdana Pilpres 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di debat capres 2024 edisi pertama yang berlangsung pada 12 Desember 2023, pasangan Ganjar-Mahfud memilih tampilan monokrom, namun tetap cukup mencolok dengan pilihan kata tidak biasa di busana mereka. Tidak ketinggalan, keduanya juga menambahkan sentuhan lokal lewat sepatu yang dipakai.

Serasi dengan warna potongan mode yang dipilih, alas kaki ini merupakan rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat: Pijak Bumi.  Merujuk situs webnya, dikutip 13 Desember 2023, capres dan cawapres nomor urut tiga ini memakai item seri "Saki Skeleton."

Dijelaskan bahwa rangkaian sepatu lokal ini dibuat dengan "menghindari pemakaian bahan katun murni dan mengganti bagian atas sepatu dengan 70 persen katun daur ulang yang berasal dari limbah tekstil pabrik."

Pihaknya juga menulis, "Tidak ada limbah, yang ada adalah sumber daya berharga yang berada di tempat yang salah. Oleh karena itu, penerapan praktik daur ulang merupakan salah satu pilar penting untuk membantu menghemat sumber daya dari waktu ke waktu."


Tampilan Capres-Cawapres

Debat Capres 2024
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyalami capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo di arena debat Capres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut dijabarkan bahwa sepatu yang dipakai pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD itu diklaim memakai karet alam sebagai sol dan poliester daur ulang untuk tali sepatu. Sepasang sepatu, yang sebenarnya terdiri dari beberapa pilihan warna, ini dibanderol seharga Rp519 ribu dan tersedia dalam ukuran 36--44.

Bersama sepatu lokal berbahan daur ulang, Ganjar memakai kemeja putih bertuliskan "Sat Set" di sisi kanan, sementara "Tas Tes" tertulis di kemeja Mahfud MD. Tim Citizen6 merangkum per 12 Desember 2023 bahwa kata "Sat Set" merupakan ungkapan yang diambil dari bahasa Jawa.

"Sat set sat set" dalam bahasa Jawa dapat diartikan sebagai "cepat," "segera," atau "lekas." Kata ini kerap digunakan untuk menyegerakan suatu urusan yang sedang dilakukan.

Sementara itu, pasangan capres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mengenakan setelan jas berwarna hitam dan kemeja putih yang memberi kesan tampilan formal. Lalu, capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, kompak mengenakan kemeja biru muda yang memang jadi busana kampanye mereka.

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya