Kostum Debat Cawapres ke-2, Pasangan Ganjar-Mahfud Md Pakai Utility Shirt Buatan Bandung, Prabowo dan Anies Tukaran Pakai Jas

Pasangan Ganjar-Mahfud Md berganti kostum debat, sedangkan pasangan Anies-Muhaimin serta Prabowo-Gibran memilih tetap konsisten dengan kostum debat capres sebelumnya dengan sedikit twist.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 22 Jan 2024, 07:46 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2024, 20:00 WIB
Kostum Debat Cawapres ke-2, Pasangan Ganjar-Mahfud Md Pakai Utility Shirt Buatan Bandung, Prabowo dan Anies Tukaran Pakai Jas
Pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. (dok. Screenshoot Youtube Kompas TV)

Liputan6.com, Jakarta - Minggu (21/1/2024) malam menjadi waktu pelaksanaan Debat Capres ke-4 sekaligus menjadi debat calon wakil presiden (debat cawapres) ke-2. Para pasangan capres dan cawapres kembali adu kostum di panggung debat yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Pasangan capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang tiba pertama kali di karpet merah melepas jas hitam bertuliskan Amin mereka saat muncul di panggung debat. Pasangan itu hanya mengenakan kemeja putih dan celana bahan hitam yang memberi kesan santai tapi tidak terlalu kasual.

Sementara, pasangan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tetap konsisten mengenakan kemeja biru sebagai kostum kampanye mereka. Bedanya, Prabowo mengenakan jas berkancing dua, seolah bertukar kostum dengan Anies Baswedan yang sempat membuatnya kesal dalam debat lalu.

Sedangkan Gibran hanya mengenakan kemeja yang dipadankan dengan celana hitam. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu kembali mengenakan sneakers monokrom andalannya keluaran brand Aerostreet.

Pasangan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md kembali menunjukkan gaya fesyen berbeda. Bila dalam Debat Capres ke-2 mereka kompak mengenakan jaket bomber Top Gan, kali ini mereka menggantinya dengan utility shirt. Lagi-lagi buatan brand Bandung, Hoya Fields (sebelumnya ditulis Timechine Co. red).

Dalam acara debat malam ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU menetapkan tema debat energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rangkaian Agenda Debat Cawapres ke-2

Kostum Debat Cawapres ke-2, Pasangan Ganjar-Mahfud Md Pakai Utility Shirt Buatan Bandung, Prabowo dan Anies Tukaran Pakai Jas
Pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (dok. Screenshoot Youtube KompasTV)

Debat cawapres kedua kembali menghadirkan para kandidat calon wakil presiden dari nomor 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md. Debat dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Komisioner KPU RI August Mellaz saat jumpa pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Jumat, 19 Januari 2024, menjelaskan debat akan dimulai dengan pemaparan visi misi pada segmen pertama. Pasangan calon nomor urut 1 akan menyampaikan visi misinya di urutan pertama diikuti oleh nomor selanjutnya sesuai urutan.

"Berdasarkan debat sebelumnya, pembukaan segmen satu akan dipaparkan oleh calon wakil presiden nomor urut 1," jelas Mellaz.

Mellaz memastikan format debat cawapres tidak akan ada yang berubah, masih dalam durasi 150 menit dan berisi enam segmen. Segmen pertama pembukaan dengan visi misi para calon, segmen dua dan tiga pertanyaan panelis, segmen empat dan lima tannya jawab antar kandidat, dan segmen enam penutup atau closing statement.

"Format tidak berubah tetap enam segmen, durasi tetap 150 menit dengan jeda iklan dan khusus debatnya 120 menit," Mellaz menjelaskan.


Daftar Panelis Debat Cawapres

Kostum Debat Cawapres ke-2, Pasangan Ganjar-Mahfud Md Pakai Utility Shirt Buatan Bandung, Prabowo dan Anies Tukaran Pakai Jas
Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (dok. Screenshoot Youtube KompasTV)

KPU juga menetapkan 11 nama sebagai panelis. Para panelis itu terdiri atas mayoritas akademisi dan beberapa diantaranya praktisi yang tergabung dalam organisasi masyarakat sipil.

Nama Panelis Debat Cawapres untuk debat keempat Pilpres 2024, yaitu:

  • Prof. Abrar Saleng (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam Universitas Hasanuddin),
  • Dr. Arie Sudjito (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada),
  • Prof. Arif Satria (Ahli Ekologi Politik/Rektor Institut Pertanian Bogor),
  • Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria),
  • Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform),
  • Prof. Hariadi Kartodihardjo (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB)
  • .Prof. Ridwan Yahya (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu),
  • Rukka Sombolinggi (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara),
  • Prof. Sudharto P. Hadi (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010–2015),
  • Prof. Sulistyowati Irianto (Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia), 
  • Tubagus Furqon Sofhani (Ahli Perencanaan Wilayah dan Pedesaan Institut Teknologi Bandung).

Agenda Kampanye Akbar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres pada Selasa (12/12/2023).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres pada Selasa (12/12/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube KPU RI)

Rangkaian debat itu merupakan bagian dari kampanye Pilpres 2024 yang diwadahi KPU. KPU RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada 17 Januari 2024 telah menandatangani jadwal kampanye akbar untuk Pemilu 2024. Berdasarkan Keputusan KPU nomor 78 tahun 2024 tentang Penetapan Jadwal Kampanye Pemilihan Umum Melalui Metode Rapat Umum Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Pada surat itu disebutkan bahwa Kampanye Pemilihan Umum melalui metode Rapat Umum Partai Politik dan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dibagi menjadi zona dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Kampanye Pemilihan Umum melalui metode Rapat Umum Partai Politik dan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dibagi menjadi 3 zona;

2. Zona A terdiri dari 13 provinsi, zona B terdiri dari 13 provinsi, dan zona C terdiri dari 12 provinsi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan kampanye akbar pada 21 Januari sampai 10 Februari 2024 dengan para peserta pemilu terutama calon presiden dan wakil presiden dapat melakukan kampanye besar. Meski pembagian zonasi sudah dipetakan, ada jadwal yang bentrok antara para peserta pemilu atau berada di satu wilayah di hari yang sama. Hal itu berpotensi terjadi gesekan.

Untuk itu, Komisioner KPU Republik Indonesia August Mellaz mengatakan, akan menggandeng Polri untuk berkoordinasi soal pengamanan. "Kami akan jadwalkan rapat koordinasi antara tim paslon, KPU, dengan pihak kepolisian," kata Mellaz seperti dikutip Sabtu, 20 Januari 2024.

Infografis Kesiapan Muhaimin, Gibran dan Mahfud MD Jelang Debat Cawapres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kesiapan Muhaimin, Gibran dan Mahfud MD Jelang Debat Cawapres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya