Kriteria Shampoo untuk Rambut Kering yang Wajib Diketahui dan Tips Perawatan untuk Menjaga Kelembapan Alaminya

Cek kriteria shampoo untuk rambut kering yang tepat supaya perawatan rambutmu memberikan hasil yang diharapkan. Sudah tahu apa saja?

oleh Wuri Anggarini diperbarui 15 Mei 2024, 12:48 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2024, 12:37 WIB
Kriteria Shampoo untuk Rambut Kering yang Wajib Diketahui dan Tips Perawatan untuk Menjaga Kelembapan Alaminya
Ilustrasi shampoo. (c) Shutterstock/TanyaBond

Liputan6.com, Jakarta Mencari shampoo untuk rambut kering mungkin jadi 'PR' tersendiri buat yang memiliki jenis rambut yang satu ini. Ya, pemilihan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut memang disarankan agar perawatan rambut yang dilakukan memberikan hasil yang sesuai dengan harapan. Bagi pemilik rambut yang memiliki permasalahan kering, kasar, dan rapuh, penggunaan shampoo jadi hal yang penting sebagai bagian dari hair care routine sehari-hari.

Tapi, seperti apa sih kriteria shampoo yang cocok untuk rambut kering dan rekomendasi perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatannya? Biar nggak salah pilih, intip dulu deretan tipsnya berikut ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Rambut Kering dan Penyebabnya

Kriteria Shampoo untuk Rambut Kering yang Wajib Diketahui dan Tips Perawatan untuk Menjaga Kelembapan Alaminya
Penyebab rambut kering. (c) Shutterstock/siro46

Rambut kering menjadi salah satu permasalahan yang paling umum dan banyak dialami. Ada beberapa ciri-ciri yang menandai kondisi rambut kering, seperti warna yang tampak lebih kusam, susah diatur, mengembang, bercabang dan mudah rontok. Selain itu, teksturnya pun jadi lebih kaku atau terasa keras.

Kondisi rambut seperti ini biasanya terjadi karena minimnya tingkat kelembapan di area kulit kepala. Akhirnya, lapisan rambut terluar mengalami kerusakan yang membuat warnanya jadi tampak kusam dan nggak sehat. Penyebabnya pun beragam, bisa karena paparan sinar matahari dan polusi, terlalu sering menggunakan alat hair styling rambut, keramas dengan air panas, atau paparan bahan kimia dari pelurusan atau pewarnaan rambut.


Tips Memilih Shampoo untuk Rambut Kering

Nggak semua shampoo itu sama dan bisa digunakan dalam kondisi rambut apapun. Beda kebutuhan dan permasalahan yang dialami rambut tentunya membuat kandungan formula yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Jadi, jangan pernah asal pakai shampoo jika ingin rambut keringmu terawat dengan baik. Lalu, apa saja sih kriteria shampoo yang tepat untuk permasalahan rambut yang satu ini?

1. Pahami Kondisi Kulit Kepala dan Rambut

8 Penyebab Rambut Kusam yang Jarang Disadari dan Rekomendasi Perawatan untuk Kembalikan Kilau Alaminya
Ilustrasi rambut kusam. (c) Shutterstock/Kmpzzz

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menemukan kriteria shampoo yang tepat untuk rambut kering adalah memahami kondisi kulit kepala dan rambut. Cek terlebih dulu apakah permasalahan rambut yang dimiliki adalah kering dengan jenis kulit kepala yang juga kering dan mudah mengelupas? Atau justru kamu punya permasalahan kulit kepala lain seperti ketombe?

Dengan mengenali permasalahan yang ada, kamu bisa lebih tepat memilih formula shampoo yang sesuai. Sebab, salah pilih shampoo bukan hanya tidak memberikan hasil perawatan yang diharapkan, tapi juga bisa menyebabkan masalah baru.


2. Fokus pada Formula yang Melembapkan

8 Penyebab Rambut Kusam yang Jarang Disadari dan Rekomendasi Perawatan untuk Kembalikan Kilau Alaminya
Salah pilih shampo. (c) Shutterstock/Pixel-Shot

Karakter rambut kering yang kasar dan rapuh membuatnya sangat memerlukan perawatan yang tepat. Jadi, jangan lupa untuk selalu fokus mencari shampoo yang punya efek melembapkan dan menjaga hidrasi alami kulit kepala dan rambut.

Jadi, penting untuk mencari shampoo dengan kandungan bahan-bahan yang mampu memberikan kelembapan pada rambut dan kulit kepala secara optimal. Dengan begitu, kamu bisa memberikan nutrisi tambahan yang diperlukan rambut agar bisa tetap sehat, bercahaya, dan memancarkan kilau alaminya.


3. Hindari Shampoo dengan Kandungan Sulfat

8 Penyebab Rambut Kusam yang Jarang Disadari dan Rekomendasi Perawatan untuk Kembalikan Kilau Alaminya
Keramas dengan shampo yang tepat. (c) Shutterstock/Sarayut Sridee

Sulfat merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam shampoo. Fungsinya sebagai zat pembersih yang menghilangkan berbagai kotoran, minyak, polusi, dan masih banyak lagi. Namun, sebagai zat pembersih, bahan yang satu ini justru juga bisa mengikis kelembapan alami di kulit kepala yang kemudian membuatnya jadi semakin kering dan kaku.

Jadi, perhatikan lagi kandungan shampoo yang digunakan secara rutin. Jangan sampai salah perawatan membuat hasilnya jadi nggak sesuai harapan. Meskipun sulfat menghasilkan busa yang banyak, tapi hal tersebut bisa berakibat buruk bagi kondisi rambut kering.


4. Hindari Shampoo dengan Kandungan yang Mengiritasi

9 Penyebab Cat Rambut Pudar Lebih Cepat dan Tips Perawatan agar Warnanya Tahan Lama
Salah pilih shampo. (c) Shutterstock/Olha Kozachenko

Shampoo untuk rambut kering sebaiknya tidak mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Misalnya saja alkohol, paraben atau pewangi buatan. Pasalnya, jika diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala yang kering, bisa menyebabkan iritasi.

Bahan-bahan tersebut juga cukup sensitif pada kulit kepala dan rambut, karena dapat mengikis dan mengurangi kelembapan alaminya. Pastikan baca label produk terlebih dulu untuk menghindari bahan-bahan yang satu ini ya.


5. Temukan Shampoo dengan pH Seimbang

Menguatkan Rambut dan Menyehatkan Kulit Kepala
Ilustrasi Rambut Sehat Terawat Credit: pexels.com/Pingo

Tips lain yang perlu diperhatikan saat memilih shampoo untuk rambut kering adalah memperhatikan pH yang terdapat di dalam sebuah produk. Secara umum, kulit kepala memiliki tingkat pH alami antara 4,5-5,5 yang cenderung bersifat asam. Hal ini membuat rambut dan kulit kepala terhindar dari masalah jamur dan bakteri.

Sayangnya, banyak produk shampoo di pasaran yang memiliki pH di atas 7 dan inilah yang menyebabkan kulit kepala jadi berketombe. Shampoo dengan pH tinggi juga bisa membuat kondisi rambut cenderung kering dan kasar. Jadi, disarankan untuk memilih shampoo dengan kandungan pH yang sesuai dengan pH alami kulit kepala untuk menjaga rambut tetap lembut dan berkilau.


6. Pilih Shampoo dengan Protein Alami

13 Tips Perawatan Rambut Rusak yang Praktis Dilakukan, Nggak Perlu ke Salon Cukup di Rumah Aja
Perhatikan kandungan produk. (c) Shutterstock/Pixel-Shot

Tahukah kamu kalau protein merupakan salah satu zat yang diperlukan dalam menyusun rambut? Kekurangan protein bisa menyebabkan berbagai tanda kerusakan rambut seperti kering dan mudah patah. Nah, komponen utama penyusun rambut sendiri terdiri atas protein alami yang dikenal dengan nama keratin.

Keratin pada dasarnya diproduksi alami oleh tubuh, sayangnya akan berkurang seiring dengan pertambahan usia atau pemakaian hair styling tools yang terlalu sering. Untuk memenuhi kebutuhan rambut, pastikan pilih shampoo yang memiliki kandungan protein alami. Hal ini sangat penting untuk menambah asupan protein rambut dari luar sehingga tekstur rambut kering bisa pulih kembali halus secara perlahan.


7. Mengandung Antioksidan

Kenali 8 Vitamin untuk Kesuburan Rambut, Penting buat Jaga Kesehatan dan Kilau Alaminya!
vitamin E untuk pertumbuhan rambut. (c) Shutterstock/metamorworks

Radiasi sinar ultraviolet jadi salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan rambut, termasuk faktor utama penyebab rambut kering. Efeknya nggak hanya sampai di situ saja, karena ternyata paparan sinar UV ini bisa merusak sel rambut dan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Kondisi tersebut ditandai dengan rambut kusam, mudah rapuh, warnanya memudar, serta muncul uban.

Jadi, ketika memilih shampoo untuk rambut kering, pastikan yang memiliki kandungan antioksidan. Formula ini sangat penting untuk melawan tanda penuaan dini pada rambut, serta menutrisi kembali rambut yang rusak dengan cara melapisi kutikula dengan kelembapan.


8. Memiliki Kandungan Vitamin E

Tips Rambut Sehat
Ilustrasi Rambut Sehat / Freepik by ansiia

Vitamin menjadi zat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Salah satunya adalah vitamin E yang dikenal dengan banyak manfaatnya. Mulai dari menstimulasi pertumbuhan rambut, mempertahankan kilau alaminya, menghambat penuaan rambut, serta mengurangi kondisi rambut kering dan bercabang.

Jadi, perhatikan produk shampoo yang akan dibeli, pastikan yang mengandung vitamin E. Kandungan ini bisa diperoleh lewat komposisi seperti argan oil atau sunflower seed oil. Perawatan secara rutin bisa mengembalikan kilau rambut alaminya, lho! 


Tips Perawatan Rambut Kering

Rambut Mudah Patah
Ilustrasi wanita mengalami rambut kering dan patah. (Shutterstock/Schandula)

Selain memperhatikan pemilihan shampo untuk rambut kering, ada juga beberapa tips perawatan yang perlu diperhatikan oleh pemilik jenis rambut yang satu ini. Yuk, saatnya terapkan satu per satu secara konsisten!

1. Keramas dengan Air Dingin

Nggak cuma memperhatikan kandungan shampoo yang digunakan, ternyata suhu air saat keramas juga perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya, suhu air yang  terlalu panas bisa mengikis minyak alami di kulit kepala serta membuka lapisan kutikula pada rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut jadi kering dan kusam.

Jadi, disarankan untuk keramas dengan air dingin yang relatif lebih aman untuk mempertahankan minyak essensial pada kulit kepala dan rambut. Selain itu, air dingin juga bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut.

2. Gunakan Kondisioner

13 Tips Perawatan Rambut Rusak yang Praktis Dilakukan, Nggak Perlu ke Salon Cukup di Rumah Aja
Gunakan kondisioner. (c) Shutterstock/New Africa

Nggak cuma shampoo untuk rambut kering yang perlu diperhatikan sebagai hair care routine. Pemakaian kondisioner juga diperlukan untuk merawat rambut agar kembali sehat. Jika shampoo berfungsi untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, kondisioner berperan untuk menjaga kelembapannya dengan maksimal.

Namun, perhatikan pemakaian kondisioner yang tepat ya! Idealnya, pakai produk hanya sebatas bagian tengah batang rambut hingga ujungnya saja. Hindari terkena kulit kepala karena bisa membuat rambut jadi makin berminyak.

3. Jangan Lewatkan Vitamin Rambut

Ciri-ciri Rambut Rontok Berlebihan yang Wajib Diwaspadai, Segera Temukan Perawatan yang Tepat!
Vitamin rambut. (c) Shutterstock/IVASHstudio

Rambut memerlukan nutrisi yang tepat untuk menjaga kilau alaminya. Selain perawatan dari dalam lewat makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya lewat penggunaan vitamin rambut.

Untuk memberikan perawatan maksimal, pastikan produk yang dipilih memiliki kandungan vitamin E dan argan oil yang berperan untuk menjaga kilau alami rambut. Disarankan juga untuk memakai vitamin dengan kandungan heat protection untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari maupun alat penataan rambut bersuhu tinggi. Jadi, kamu bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi akibat suhunya yang panas.

4. Rutin Melakukan Hair Mask

Ritual perawatan rambut nggak hanya terbatas pada keramas menggunakan shampoo untuk rambut kering saja. Penting juga nih untuk melakukan hair mask secara rutin, minimal setiap sebulan sekali. Hair mask menjadi rutinitas untuk menutrisi rambut dan menjaga kelembapannya dengan lebih maksimal.

Hair mask bisa diterapkan dengan menggunakan bahan alami. Misalnya saja memanfaatkan kuning telur yang kaya lemak dan protein untuk menambah hidrasi rambut, pisang yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, atau lidah buaya yang bekerja untuk melembapkan, melembutkan, dan menambah kilau rambut. Lakukan secara rutin untuk memberikan hasil yang diharapkan!

5. Jangan Lupa Penuhi Asupan Nutrisi Setiap Hari

Selain harus melakukan perawatan dengan produk khusus rambut seperti shampoo untuk rambut kering, penting juga untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh. Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga memerlukan asupan nutrisi yang tepat untuk mempertahankan kesehatannya.

Jadi, pastikan kebutuhan nutrisi sehari-hari terjaga dengan baik, seperti vitamin A, C, zat besi, biotin, dan berbagai mineral lainnya untuk menjaga kesehatan rambut dengan maksimal. Jika kesehatannya terjaga, tingkat kelembapan alami rambut pun akan meningkat yang artinya meminimalisir masalah rambut kering.

Bagi kamu yang memiliki rambut kering, pastikan perhatikan beberapa tips di atas yang bisa menjadi panduan untuk memilih shampoo yang tepat demi perawatan rambut yang maksimal. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya