Video Viral Orang Heran Lihat Jemaah Salat Beda Arah Kiblat di GBK Jakarta

Satu kelompok tampak salat membelakangi dinding kaca, sementara yang lain menghadap sisi kanan pembatas tersebut. Momen ini diduga direkam dari laga tim nasional (timnas) Indonesia kontra Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa, 11 Juni 2024.

oleh Asnida Riani diperbarui 13 Jun 2024, 16:52 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2024, 16:01 WIB
Viral di TikTok
Video viral orang heran lihat jemaah salat beda arah kiblat di Stadion Utama GBK Jakarta. (dok. tangkapan layar video TikTok @gunawnnurpamb_/https://www.tiktok.com/@gunawnnurpamb_/video/7379274554394479878)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah momen diduga dari laga tim nasional (timnas) Indonesia kontra Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa, 11 Juni 2024, jadi viral di dunia maya. Klip singkat itu memperlihatkan seorang pria bingung mendapati jemaah salat beda kiblat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

"Jadi yang betul salatnya menghadap ke mana?" katanya di video dalam Bahasa Jawa. Video berganti memperlihatkan jemaah salat di dua ruang berbeda yang bersebelahan di SUGBK. Satu kelompok tampak membelakangi dinding kaca, sementara yang lain menghadap sisi kanan pembatas tersebut.

Saat artikel ini ditulis, video tersebut telah mencatat lebih dari 600 ribu penyangan dan mengundang beragam komentar. Tidak sedikit warganet yang ikut heran mendapati kejadian tersebut. "Kayaknya yang betul yang kanan (menghadap sisi kanan dinding kaca) baru lihat ada posisi yang sebelah kiri," tulis seseorang.

"Emang gak pake aplikasi buat nentuin arah kiblat? 😂," sahut pengguna lain. Selaras dengan itu, seorang warganet berkomentar, "Di hp ada aplikasi kiblat semudah itu sekarang kita cari arah kiblat."

"Yang penting niatnya ya. Mereka masih inget solat walau nonton bola," bela yang lain. "Selama tidak tahu emang diperbolehkan. Tapi kan bisa cek dulu. Mungkin itu yang masuk ikutin yang sebelumnya saja," tulis pengguna berbeda.

"Itu kalo ditarik garis lurus yang satu ke old Trafford uang satunya ke Santiago Bernabeu mas 😂," canda seorang warganet. "Itu kalau bisa dikasih tulisan kiblat, biar yang sholat gk bingung dan GK salah kiblat 😩," yang lain menyarankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Laga Timnas Indonesia vs Filipina

Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk (kiri) berusaha melewati pemain Filipina, Michael Baldisimo, pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Terlepas dari itu, pertandingan berakhir dengan kemenangan Timnas Indonesia yang unggul 2-0 atas Filipina. Kendati demiikian, menurut kanal Bola Liputan6.com, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengaku belum puas dengan kualitas lini depan skuad racikannya selepas putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menurut dia, skuad Garuda banyak menciptakan peluang, tapi sering kali bermasalah dalam finishing. Gol pembuka kontra The Azkals bahkan baru tercipta pada menit 32 lewat aksi gelandang Thom Haye. "Jujur saya tidak bisa memberi nilai baik pada lini depan," ucap Shin saat konferensi pers selepas pertandingan di SUGBK, Selasa malam, 11 Juni 2024.

"Memang mereka (para pemain lini depan) harus evaluasi diri dengan baik," sambung pelatih yang pernah mengantar Timnas Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018 itu. Juru taktik itu juga menyiratkan bahwa pihaknya kemungkinan bakal mencoba mencari tambahan pemain baru untuk lini depan.

Shin tidak menutup kemungkinan mengajukan naturalisasi bagi pemain asing berdarah Indonesia bila dinilai tampil baik dan bisa mendongkrak kualitas skuad Garuda. "Saya akan mencari terus pemain-pemain depan yang baik," ucapnya.


Sejarah Baru bagi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pemain Timnas Indonesia, Thom Haye (tengah) berusaha melewati kepungan pemain Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Shin Tae Yong menyambung, "Memang jika ada pemain yang berdarah Indonesia dan performanya baik, pastinya akan diajukan lagi (untuk naturalisasi)."

Berkat kemenangan melawan Filipina, Timnas Indonesia berhasil sekaligus mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia 2027. Ini jadi kali kedua secara berturut-turut skuad Garuda bakal tampil di kompetisi sepak bola level Asia tersebut.

Dalam putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia finis sebagai peringkat dua grup F dengan perolehan 10 poin dari 6 pertandingan. Skuad Garuda terpaut 18 angka dari Irak yang menyapu bersih kemenangan di seluruh laga, dan unggul empat angka dibanding Vietnam yang bertengger di urutan ke-3.

Perolehan ini membuat Timnas Indonesia mencetak sejarah, mengingat ini kali pertama Merah Putih mencapai fase kualifikasi dalam format yang dipakai sekarang. Pasukan Shin Tae Yong kini menunggu undian fase grup putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dijadwalkan berlangsung di Kuala Lumpur pada 27 Juni 2024.


Jadwal Laga Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Thom Haye setelah mencetak gol pertama ke gawang Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ada tiga grup pada fase ini. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bakal dipasangkan bersama lima negara lain. Daftar keseluruhan mencakup Jepang, Korea Selatan, Iran, Australia, Arab Saudi, Qatar, Irak, Bahrain, Yordania, Oman, Palestina, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, China, Kirgizstan, Korea Utara, dan Kuwait.

Timnas Indonesia bisa memesan tiket ke turnamen yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko jika menempati dua posisi teratas grup. Berikut jadwal laga Ronde 3 ualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

Matchday 1: 5 September 2024

Matchday 2: 10 September 2024

Matchday 3: 10 Oktober 2024

Matchday 4: 15 Oktober 2024

Matchday 5: 14 November 2024

Matchday 6: 19 November 2024

Matchday 7: 20 Maret 2025

Matchday 8: 25 Maret 2025

Matchday 9: 5 Juni 2025

Matchday 10: 10 Juni 2025

Jika gagal menduduki dua posisi teratas grup putaran ketiga, jalan Indonesia menuju Piala Dunia 2026 belum tertutup. Penghuni urutan tiga dan empat grup masih berpeluang memburu tempat dengan melangkah ke ronde keempat kualifikasi.

Di sini, enam tim yang berjuang dibagi jadi  dua grup. Mereka saling sikut, dan hanya pemenang grup yang lolos ke turnamen utama.

Bila tidak bisa melakukannya, timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026. Syaratnya adalah jadi runner-up grup. Kalau menduduki posisi tersebut, timnas bakal menghadapi peringkat dua grup lain. Pemenang, lalu melaju ke play-off antarkonfederasi alias putaran kelima.

Infografis Head to Head Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Infografis Head to Head Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya