Gaya Kasual Gusti Bhre Saat Naik Pesawat Kelas Ekonomi, Bikin Warganet Terpesona

Tampak dalam antrean masuk ke dalam pesawat, Gusti Bhre sedang menunggu penumpang lainnya untuk menemukan tempat duduknya. Seorang pramugari terlihat memeriksa tiket penumpang dan gerak-gerik Gusti Bhre terekam secara singkat.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 18 Jul 2024, 16:38 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 16:00 WIB
Gusti Bhre dari Keraton Solo, Mangkunegara X tampak naik sebuah maskapai pesawat dan duduk di kelas ekonomi
Gusti Bhre dari Keraton Solo, Mangkunegara X tampak naik sebuah maskapai pesawat dan duduk di kelas ekonomi. (Dok: TikTok @irxvys)

Liputan6.com, Jakarta - GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo atau yang lebih dikenal dengan Gusti Bhre, merupakan salah satu penerus dinasti keturunan Mataram. Sepak terjangnya kerap disorot publik, termasuk baru-baru ini saat kedapatan naik pesawat dan duduk di kelas ekonomi sebuah maskapai penerbangan asal Indonesia.

"Aku awali hari Senin ku dengan senyum manis dari Kanjeng Gusti Bhre," tulis seorang pengguna TikTok dengan akun @irxvys pada 16 Juli 2024.

Tampak dalam antrean masuk ke dalam pesawat, Gusti Bhre yang bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X ini sedang menunggu penumpang lainnya untuk menemukan tempat duduknya. Seorang pramugari terlihat memeriksa tiket penumpang dan gerak-gerik Gusti Bhre terekam secara singkat.

Di unggahan lain terlihat saat ia sudah turun dari pesawat. Gusti Bhre mengenakan busana kasual dengan kemeja warna hijau army yang dipadu kaus putih dan celana hitam.

Gaya fesyen-nya dalam padu padan juga terlihat cukup menarik, karena pria kelahiran 1997 itu tampak melipat ujung celananya. Penampilan ini agak berbeda dari yang biasanya dilihat publik pada acara-acara penting, dengan pakaian resmi ala Keraton Solo, seperti pada Malam Satu Suro di Surakarta beberapa waktu lalu.

Lulusan S1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini memakai kaca mata dan tampak membawa koper kecilnya sendiri. Tak sendirian, tampaknya Gusti Bhre juga bersama seorang temannya yang juga membuat warganet salah fokus (salfok).  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warganet Berkomentar

Gusti Bhre yang bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X tampak naik sebuah maskapai pesawat dan duduk di kelas ekonomi. (Dok: TikTok @irxvys)
Gusti Bhre yang bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X tampak naik sebuah maskapai pesawat dan duduk di kelas ekonomi. (Dok: TikTok @irxvys)

Unggahan singkat di TikTok itu pun jadi viral. Sebanyak 35 ribu lebih pengguna memberikan tanda suka dan setidaknya video telah ditonton oleh 389 ribu kali.

Warganet pun berkomentar, "Real penumpang adalah raja."

"Kalo kalian lihat Gusti Bhre secara langsung, lebih ganteng dari yang tersebar di media, serius," tulis yang lain.

"Banyak yang nggak tahu kalau Gusti Bhre ini komisaris PT KAI," warganet lain memberi tahu.

"Masih muda sudah jadi komisaris KAI," seru warganet.

"Dia naik ekonomi?" Tanya warganet yang kemudian dibenarkan pembuat konten bahwa memang sederhana sekali.

"Apakah mas Bhre naik economy class, bener-bener deh love love," timpal warganet.

"Akkhh Gusti Bhre pesonanya," warganet terpesona.

"Bismillah calonku wong jowo kaya Gusti Bhre," harap warganet.

Diketahui GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo atau Mangkunegara X resmi naik takhta menjadi pemimpin Puro Mangkunegaran Solo, pada 12 Maret 2022. Ia adalah putra bungsu pasangan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX. 

 


Gusti Bhre Hobi Fotografi

Bhre, Raja Mangkunegara X
Pada pengukuhan itu, sang ibu, Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX meminta putra bungsunya selalu memberikan ketenteraman bagi Pura Mangkunegaran.

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 29 Maret 2023, diketahui Gusti Bhre menekuni hobi fotografi. "GPH Bhre Cakrahutomo dikenal sebagai penggiat fotografi, terlihat dari unggahannya di akun Instagram pribadi miliknya. Dirinya sering mengunggah foto-foto bertema human interest dan landscape," tulis akun Instagram @mataramroyalblood.

Semenjak memimpin Puro Mangkunegaran Solo, beberapa kali Gusti Bhre Sudjiwo mengunggah sejumlah kegiatannya di akun Instagram terverifikasi. Salah satunya, 10 potret yang diunggah untuk memperingati setahun naik takhta. 

"1 tahun. Kemajengan awit labuh sesarengan, kamukten ugi tumrap sesarengan (kemajuan didapat dari kerja sama, kesuksesan juga didapat karena kolaborasi bareng)," Tulis Gusti Bhre Sudjiwo.

Maret 2023, digelar peringatan hari jadi Pura Mangkunegaran ke-266 sekaligus mendukung perhelatan KTT Asean Summit 2023. "Dihadiri oleh K.G.P.A.A Mangkoenagoro X, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsuadi, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming, CEO Katadata Metta Dharmasaputra dan 100 CEO lainya,” cuit akun Instagram @pracima.mn, bersama sebuah foto.


Pesan Ibunda Saat Gusti Bhre Dikukuhkan Sebagai KGPAA Mangkunegara X

Gusti Bhre Cakrahutomo atau Bhre Sudjiwo
GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo atau Mangkunegoro X yang resmi naik takhta menjadi pemimpin Puro Mangkunegaran Solo merayakan ulang tahun ke-26. (Foto: Dok. Instagram @puromangkunegaran)

Mengutip dari kanal News Liputan6.com, 12 Maret 2022, sebelumnya pada acara pengukuhan Gusti Bhre sebagai KGPAA Mangkunegara X, tampak ia mengenakan bawahan berupa kain batik bermotif parang dengan atasan beskap hitam dikukuhkan langsung oleh ibundanya Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Sedangkan ibunda Bhre mengenakan kebaya berwarna biru dengan riasan wajah sederhana. Sebelum pengukuhan, beberapa laki-laki dan perempuan muda berpakaian khas Jawa menaiki bagian pendopo Pura Mangkunegaran dengan membawa sejumlah pusaka milik Mangkunegaran.

Saat pengukuhannya, istri KGPAA Mangkunegara IX tersebut meminta supaya putra bungsunya itu selalu memberikan ketenteraman bagi Pura Mangkunegaran. Kemudian, prameswari dalem menyerahkan piagam pengukuhan kepada Bhre di hadapan ratusan tamu yang hadir.

Di kesempatan itu, Bhre berjanji selalu melestarikan budaya yang selama ini berjalan di Pura Mangkunegaran. "Secara tulus juga akan menegakkan Pancasila dan UUD 1945," katanya.

Saat pengukuhan KGPAAA Mangkunegara X, terlihat tokoh-tokoh penting hadir. Ada antaranya Ganjar Pranowo yang saat itu masih menjadi Gubernur Jawa Tengah, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, serta perwakilan dari sejumlah Keraton Mataram.

 

Infografis Geger Keraton Agung Sejagat
Infografis Geger Keraton Agung Sejagat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya