Awal Rintis Karier Jadi Penyanyi di Luar Negeri, Anggun Selalu ke Restoran India demi Makan Nasi

Anggun mengaku selalu pergi ke Restoran India setiap hari untuk makan nasi. Menu yang ia pesan semuanya ayam, seperti chicken biryani, butter chicken, hingga chicken tandoori.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 28 Jul 2024, 08:32 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 08:32 WIB
6 Gaya Glamor Anggun C Sasmi Perlihatkan Perut Rata Pakai Baju Harry Halim di Acara High End Brands Shopee
Anggun C. Sasmi jadi salah satu artis yang hadir di acara soft launching high-end brands Indonesia by Shopee (HEB). [Foto: IG/anggun_cipta]

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan karier Anggun C Sasmi untuk go international tidaklah mudah. Ada pula cerita yang belum terungkap hingga ia bisa seterkenal sekarang.

Pertama kali ke London, pelantun tembang "Mimpi" itu tak mengenal siapa pun. Setiap malam, Anggun hanya berusaha untuk bisa masuk dapur rekaman dengan modal mengirimkan lagu.

"Baru sampai ke London, itu pertama kalinya ngitung uang untuk bujet transportasi, bujet nginep di hotel, dan bujet makan. Tau nggak makannya di mana? Selalu ke restoran India," cerita Anggun dalam sebuah podcast yang diunggah ulang akun TikTok @anggunmedia pada 25 Juli 2024.

Menu yang ia pesan pasti nasi dengan beragam olahan ayam, mulai dari chicken biryani, butter chicken, dan chicken tandoori. "Semua yang chicken, pakai nasi sampai jerawat gua banyak banget," sambung Anggun.

Semua itu menurutnya hanya demi makan nasi, karena ketidaktahuannya saat pertama kali di negeri orang. Pelantun lagu "Tua-Tua Keladi" itu juga mengingat momen saat kondisi cuaca dingin di London. Anggun yang merasa jaket kulit rumbai-rumbai bakal keren dipakai di luar negeri ternyata salah memprediksi. Ia malah makin kedinginan.

Ia pun mendapat pelajaran bahwa meski saat itu sudah terkenal di Indonesia, dirinya tetap bukan siapa-siapa di negeri orang. "Gue belajar untuk humble, untuk tahu bahwa dunia ini bukan cuma Indonesia. Dunia ini besar, kalau kamu mau jadi seseorang harus berjuang," sambungnya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Menetap di Prancis hingga 7 Tahun

Anggun C Sasmi. (Liputan6.com/ ist)
Anggun C Sasmi. (Liputan6.com/ ist)

Mulanya, Anggun berpikir untuk mencoba kariernya di Belanda, karena ia tahu di sana banyak orang Indonesia. Tapi, Anggun akhirnya mendarat di Prancis karena di Eropa jarak antar-negara hanya perlu digapai sekitar satu jam saja dengan kereta.

"Gue tuh dari dulu kepengen banget naik Eiffel tower, norak banget sebenernya," kata Anggun sebagai awal mulanya ia berkarier dan menetap di Prancis.

Anggun diketahui tujuh tahun tinggal di Prancis, ia juga bertemu dengan banyak orang yang membantu kariernya naik. "Ternyata mereka (orang Prancis) lebih fleksibel daripada orang Inggris," wanita berusia 60 tahun itu memberi alasan lain suka tinggal di Prancis.

Unggahan yang disukai oleh lebih dari 8.595 pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar. "Puluhan tahun di liar negeri, logat dan gayanya masih Indonesia banget. Nggak ada kalimatnya yang ditambah bahasa Inggris..you know Anggun," tulis seorang warganet.

"Siapa yang mau nonton konser Anggun 28 nanti bareng yuk," ajak warganet.

"Kirain Anggun diajak suaminya ke sana, berarti dari nol ya," tukas warganet.

"Selama dia bicara, nggak ada satu pun pakai bahasa Inggris, salut," warganet memujinya.

"Andai artis lain diwawancara seperti ini pasti nyelip bahasa Inggris," kata warganet.


Anggun Akan Konser di Jakarta

Potret Anggun C Sasmi Duet Bareng Waldjinah di Pura Mangkunegaran, Tampil Memukau
Anggun C Sasmi merupakan penyanyi Indonesia yang sudah mendunia. Kariernya di dunia tarik suara tentu sudah diakui banyak orang. Hingga saat ini ia masih terus berkarya dan kerap tampil di luar negeri. (Liputan6.com/IG/@teamanggun)

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, 10 Juli 2024, penyanyi diva internasional berdarah Indonesia, Anggun C. Sasmi, akan kembali ke Tanah Air untuk menggelar konser tunggal one-night-only bertajuk #enchantingANGGUN. Konser yang diselenggarakan oleh promotor Flashback Motion, akan berlangsung pada Minggu, 28 Juli pukul 18.00 WIB di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Kerinduan Anggun untuk konser tunggal di Indonesia seperti gayung bersambut dengan para penggemarnya. Terbukti sejak tahap pertama penjualan tiket dibuka pada 21 April lalu dengan harga spesial, cuma dalam waktu beberapa jam terjual habis untuk alokasi tahap pertama dari total keseluruhan tiket yang dijual, baik di kelas VVIP, VIP, Festival, maupun Tribune.

Umbu Djoka Djawakoda, Founder & Project Director Flashback Motion mengatakan pihaknya bangga menjadi promotor yang akan menggelar konser tunggal Anggun. "Kita tahu Anggun merupakan sosok superstar yang telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang pagelaran musik bergengsi internasional," sebutnya.


Konser yang Berbeda

Aksi Memukau Anggun C Casmi Saat Nyinden di Jalanan Paris
Anggun C Sasmi penyanyi 48 tahun tampil memukau saat nyinden dalam acara yang digelar di Paris, Prancis pada 8 Juni 2022 waktu setempat. Anggun berhasil membuat bangga Indonesia di mata dunia. (Instagram/anggun_cipta)

Berbeda dari konser-konser sebelumnya, keunikan dan keunggulan konser tunggal Anggun kali ini menggabungkan secara eksklusif suara ikonik Anggun yang elegan dengan iringan aransemen musik dari Andi Rianto dan Magenta Orchestra. Direncanakan Anggun akan menyanyikan lebih dari 20 lagu, termasuk sekian lagu lain bersama teman-teman musisi ternama, yaitu Ahmad Albar, Ian Antono, Isyana Sarasvati, dan Fabio Asher.

"Bersama Anggun, kami mempersiapkan suguhan kompilasi pilihan lagu-lagu hits Anggun dengan aransemen yang diperbaharui, sebagai perpaduan rock dan orkestra, yang akan menghasilkan Rock Deluxe bertaraf internasional," ungkap Andi Rianto, Musisi dan Komposer, Pemimpin Magenta Orchestra.

Dengan iringan orkestra, penonton bakal merasakan immersive experience baik secara audio maupun visual, dari diva dunia Anggun, khusus dipersiapkan bagi para fans di tanah air yang merindukan Anggun tampil di Indonesia.

#enchantingANGGUN tak hanya akan memamerkan kemampuan vokal Anggun yang memukau, tetapi juga penampilan panggung yang menawan. Penonton bakal dibawa ke dalam suasana magis yang menggabungkan musik, cahaya, dan efek visual menakjubkan.

Infografis Penyanyi Dangdut dari Masa ke Masa
Infografis Penyanyi Dangdut dari Masa ke Masa. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya