4 Trik Membuat Bolu Kukus Anti Gagal dan Nikmat di Lidah, Sudah Mencobanya?

Bolu kukus adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang digemari oleh banyak orang karena kelembutannya dan rasa manis yang khas.

oleh Fachri pada 19 Agu 2024, 14:00 WIB
Diperbarui 19 Agu 2024, 13:58 WIB
[Bintang Resep Bolu Kukus, Menu Sederhana yang Bikin Hangat Acara Keluarga
Yuk bikin bolu kukus agar kumpul keluarga jadi lebih hangat dan menyenangkan. (Via: resepraktis.com)

Liputan6.com, Jakarta Bolu kukus adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang digemari oleh banyak orang karena kelembutannya dan rasa manis yang khas. Namun, meskipun tampaknya sederhana, membuat bolu kukus yang sempurna seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para pemula.

Banyak yang mengalami kegagalan seperti bolu yang tidak mengembang dengan baik atau tekstur tidak lembut seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, mengetahui rahasia di balik pembuatan bolu kukus yang anti gagal sangat penting untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pentingnya teknik dan bahan yang tepat dalam pembuatan bolu kukus tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari pemilihan bahan berkualitas hingga proses pengadukan yang benar, setiap langkah mempengaruhi hasil akhir.

Lalu, apa saja rahasia di balik bolu kukus anti gagal dan nikmat di lidah? Intip di bawah ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Pakai Tepung Terigu Protein Sedang

Setelah adonan bolu kukus jadi, kamu perlu memasukkan ke dalam cetakan dan isi hingga penuh. Hal itu bertujuan agar bolu kukus bisa mekar sempurna dan anti gagal. Selain itu, perlu memerhatikan jarak antar cetakan dan kamu bisa memberi jarak yang cukup supaya adonan bisa mekar merekah.

Tapi sebelum itu, panaskan terlebih dahulu panci kukusan dengan api besar dan jangan lupa lapisi penutup lapian dengan serbet bersih. Jika dirasa sudah cukup panas, masukkan adonan bolu ke dalam kukusan dan tutup hingga matang.

So, itulah empat trik agar bolu kukus yang dimasak mengembang sempurna dan anti gagal, wajib kamu coba!

 

(*)

Salah satu rahasia membuat bolu kukus anti gagal adalah dengan memakai tepung terigu yang berprotein sedang. Pasalnya, jenis tepung itu menjadi bahan yang paling tepat guna membuat bolu kukus mekar dan tidak bantat.

Untuk itu, kamu perlu memilih tepung terigu yang memiliki protein sedang dalam kondisi yang masih bagus, baru, serta tidak bau apek.

2. Pakai Telur Berukuran Sedang

Selain tepung terigu berprotein sedang, kamu juga perlu menggunakan telur yang berukuran sedang pula. Telur berukuran sedang memiliki berat sekitar 50 gram setelah terlepas dari cangkangnya. Dengan menggunakan telur berukuran sedang, tekstur bolu kukus bisa menjadi lebih lembut.

3. Kocok Gula dan Telur dengan Sempurna

Resep Bolu Kukus/resepkoki
Resep Bolu Kukus/resepkoki

Tips selanjutnya adalah kamu harus mengocok gula dan telur sampai mengembang sempurna. Untuk itu, kamu perlu mencampurkan gula, telur, dan vanilla dalam satu wadah, setelahnya mixer sampai mengembang dan bertekstur kental.

Kamu pun perlu menambahkan emulsifier ke dalam campuran dan mixer lagi sampai benar-benar rata. Setelah sudah mencapai tekstur yang diinginkan, masukkan tepung, minyak, air, atau bahan lainnya dan aduk sampai tercampur rata menggunakan spatula biasa. 

4. Isi Cetakan Adonan hingga Penuh

bolu kukus mekar durian susu
ilustrasi bolu kukus/Kritchai7752/Shutterstock

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya