50 Pembicara Dijadwalkan Tampil di Kahforward 2024, dari Santo Suruh hingga Pandawara

Akan ada lebih dari 50 pembicara dan 40 kelas di Kahforward 2024 yang akan digelar pada 28--29 September 2024.

oleh Henry diperbarui 20 Sep 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 06:30 WIB
Sejumlah Sosok Siap Bagikan Pengalaman Ciptakan Efek Positif Berkelanjutan, dari Santo Suruh sampai Pandawara.
Sejumlah Sosok Siap Bagikan Pengalaman Ciptakan Efek Positif Berkelanjutan, dari Santo Suruh sampai Pandawara. (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Brand perawatan diri untuk pria, Kahf kembali menghadirkan Kahforward yang akan menghadirkan sejumlah sosok inspiratif seperti Santo Suruh dan Pandawara. Tahun ini, gerakan inklusif ini bertemakan Langkah Berdampak, yang bertujuan untuk mengangkat solusi inovatif dan positif, tidak hanya di Indonesia namun juga dunia.

Kahforward 2024 akan digelar di Indonesia Arena pada 28--29 September 2024 di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat. Program ini ingin menunjukan bahwa anak muda Indonesia dapat menginspirasi masyarakat untuk berani mengambil langkah nyata dengan tagar #LangkahBerdampak.

"Kami mendorong generasi muda untuk mengambil langkah berani dan efek positif yang berdampak tidak hanya untuk dirinya, tapi untuk komunitasnya dan Indonesia," kata Billy Dharmawan selaku Brand Manager Kahf dalam jumpa pers di sebuah mal di kawasan Senayan Jakarta Pusat, Rabu, 18 September 2024.

"Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak Kahf Bro dan individu pada umumnya untuk menciptakan kontribusi yang berarti dan berkelanjutan," lanjutnya.

Selama dua hari, Kahforward akan menghadirkan pembicara internasional dan nasional, community class and workshop, community networking, art & immersive installation, sampai teknologi perawatan diri pria terbaru seperti robot perfume maker dan skin-check analyzer.

Ada lebih dari 50 pembicara dan 40 kelas akan digelar, memberikan kesempatan untuk berkumpul dan berdiskusi hangat dengan para Kahf bro. Ada juga bazar terkurasi yang menyediakan berbagai produk makanan dan minuman serta fesyen dari banyak pengusaha lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bermula dari Langkah Kecil

Sejumlah Sosok Siap Bagikan Pengalaman Ciptakan Efek Positif Berkelanjutan, dari Santo Suruh sampai Pandawara
Sejumlah Sosok Siap Bagikan Pengalaman Ciptakan Efek Positif Berkelanjutan, dari Santo Suruh sampai Pandawara.  (Liputan6.com/Henry)

Sebagai salah satu pembicara, Pandawara Group akan menyampaikan misi mereka memberikan dampak positif melalui aksi nyata.

"Kita percaya bahwa setiap langkah kecil yang kita ambil dapat berpengaruh pada perubahan yang berarti dalam komunitas kita dan tentunya lingkungan. Melalui Kahforward, kita punya platform untuk mengajak lebih banyak orang untuk mengambil langkah ini dan secara kolektif mempersiapkan masa depan untuk kehidupan dan lingkungan yang lebih baik," ucap Muchamad Ikhsan Destian, Pandawara Group sekaligus pembicara Kahforward.

"Yang jelas nanti kita akan menceritakan kiprah kita selama empat tahun lewat panduan Mas Andy F Noya, dan tentunya harapannya bisa menginspirasi banyak orang dan mereka yang datang punnya sesuatu yang bermanfaat untuk dibawa pulang," sambungnya.

Ikhsan menyatakan bahwa dampak besar yang diberikan Pandawara Group dalam sisi lingkungan itu berawal dari langkah-langkah kecil yang dilakukan bersama para local heroes. Mereka juga didukung Kahf untuk membuat langkah besar, seperti sering mendukung kegiatan Pandawara Group baik dalam pembersihan sungai maupun pantai.

Sementara, penyanyi Kunto Aji mengajak generasi muda untuk mengambil langkah nyata yang dapat membawa perubahan positif. Penyanyi asal Yogyakarta ini lagu-lagunya dikenal banyak memuat pesan positif yang memberikan ketenangan jiwa.


Bermanfaat untuk Orang dan Lingkungan

Sempat Ditentang, Ini 8 Potret Pantai Loji di Sukabumi yang akan Dibersihkan Pandawara Group
Pantai Loji Sukabumi (Sumber: Instagram/pandawaragroup)

"Sebagai musisi dan penulis, musik itu punya dampak besar untuk kejiwaan untuk mendengarnya. Saya menulis untuk ke hal positif, lebih ke katarsis emosi, meski nangis pendengarnya jadi lega. Setelah itu, bisa mengambil langkah positif untuk berdampak besar," ungkapnya. Namun, Kunto Aji menegaskan bahwa lagu tak bisa dijadikan obat akan tetapi bisa jadi katarsis hingga membentuk mood yang dibutuhkan setiap pendengarnya.

Sedangkan, Ricky Harun yang termasuk salah seorang Kahf bro merasa bertanggung jawab untuk memberikan contoh kepada orang lain secara positif dengan melakukan hal-hal kecil yang juga bermanfaat untuk orang ataupun lingkungan sekitar.  "Saya percaya inisiatif dari Kahf ini bisa mendorong aksi nyata dan kolaborasi untuk menciptakan dampak positif di semua komunitas," ucap Ricky Harun.

Selain Pandawara, Kahforward tahun ini menghadirkan Raditya Dika, Santo Suruh, Bagus Muljadi, Noe Sabrang, Belva Devara, Iman Usman, Iyas Lawrence, Deliang Al Faraby, Pandawara, Andy F. Noya, Marco & Marlo, Alffy Rev, 10 besar peserta Clash of Champions, hingga pembicara internasional seperti Ammar Kandil (Yes Theory) dan lainnya. Peserta berkesempatan untuk berpartisipasi di berbagai lokakarya dan kelas komunitas, termasuk plastic recycling, creator classes, podcast workshop, dan coffee-making class.


Hiburan Musik dan Komika di Kahforward

Mekari Conference 2023
(kiri-kanan) Moderator Devina, General Manager Vindes Awan Prasetyo, Paragon Technology Innovation Billy Dharmawan, VP Marketing Communication KLY Adam Saputra, dan Head by.U Riko Ringgoato saat menjadi narasumber dalam Mekari Conference 2023 di ICE, BSD, Tangerang, Banten, Kamis (7/9/2023). Mekari Conference 2023 bertemakan "Winning The Gen Z: Understanding The Needs, Habits, and Preference of The Next Generation of Consumers". (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, akan ada penampilan dari stand-up comedian Abdur Arsyad, special music performance dari Kunto Aji, Maliq & D’Essentials, dan lainnya yang akan terus diumumkan di kanal media sosial Kahf.

"Kita juga berencana mendatangkan sosok atlet, inginnya salah satu atlet Olimpiade Paris kemarin yang dapat medali emas, tapi ternyata agak sulit karena soal jadwal. Buat pengganti kita mungkin akan mengundang salah seorang pemain timnas Indonesia yang tampil di kualifikasi Piala Dunia, mudah-mudahan bisa cocok waktunya,” ungkap Billy sambil menyebutkan nama pesepak bola naturalisasi yang masih dalam proses konfirmasi.

Program Kahforward #LangkahBerdampak diharapkan dapat menjadi sebuah gerakan yang fokus pada menciptakan aksi nyata, kolaborasi, dan gerakan dengan tujuan membentuk masa depan generasi muda.

Program ini juga berkomitmen untuk menjadikan langkah nyata melalui aksi sosial seperti pembangunan Jembatan dan Masjid di area terpencil. Dampak ini juga akan direalisasikan dalam aspek sustainability, pendidikan, olahraga, dan ekonomi.

 

Infografis Daftar Top 10 Kharisma Event Nusantara
Infografis Daftar Top 10 Kharisma Event Nusantara. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya