Viral 2 Pria WNA Jadi Pelayan di Acara Pernikahan di Klaten, Lengkap Pakai Peci dan Sarung

Bukan jadi tamu, dua orang pria WNA yang diketahui berasal dari Swiss itu justru terlihat membantu mengantar makanan ke para tamu nikahan di Desa Bero, Kecamatan Trucuk, Klaten, Jawa Tengah.

oleh Henry diperbarui 23 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 04:00 WIB
Viral 2 Pria WNA Jadi |Pelayan di Acara Pernikahan di Klaten, Lengkap Pakai Peci dan Sarung.
Viral 2 Pria WNA Jadi |Pelayan di Acara Pernikahan di Klaten, Lengkap Pakai Peci dan Sarung. foto: TikTok @panitia_kembar

Liputan6.com, Jakarta - Momen acara pernikahan yang tak terduga kerap jadi sorotan dan membuat suasana semakin meriah. Baru-baru viral di TikTok terlihat warga negara asing (WNA) ikut ambil bagian dalam acara pernikahan.

Bukan jadi tamu, dua orang pria yang diketahui berasal dari Swiss itu justru terlihat membantu mengantar makanan alias jadi pelayan ke para tamu nikahan di Desa Bero, Kecamatan Trucuk, Klaten, Jawa Tengah.

Hal itu diketahui dari beberapa video yang diunggah pemilik akun TikTok @panitia_kembar. Dari tiga video viral tersebut, kedua bule itu bernama Dominic dan Robin. Pada video yang berdurasi singkat itu keduanya terlihat mereka mengenakan baju batik cokelat dan sarung, serta salah satunya ada yang memakai peci hitam.

Kedua pria WNA tersebut tampak riuh di dapur rumah warga bersama para pemuda lainnya. Dengan cekatan, Dominic dan Robin membawa sejumlah piring berisi hidangan kepada para tamu. Mereka seperti tak punya beban, bahkan tampak senang bisa terlibat dalam acara pernikahan tersebut.

Senyumannya tetap terpancar saat mereka berhenti di depan para tamu. "Bulene ladhen di senek i ustad e mergo ganteng (Bulenya jadi pelayan dimarahin ustad karena ganteng)," tulis keterangan unggahan pada, Kamis, 19 September 2024.

Memiliki tampilan yang berbeda dengan karang taruna setempat, tak heran jika Dominic dan Robin menjadi pusat perhatian. Sementara itu, diketahui Dominic dan Robin tidak tinggal di wilayah tersebut, mereka hanya bertamu. Awalnya, pemilik akun @panitia_kembar memiliki saudara yang sudah bekerja di Bali sejak 2011.

Lantas ada acara di Klaten, saudara pemilik akun @panitia_kembar pun mengajak Dominic dan Robin untuk pulang kampung bersamanya. "Temen e mas saya dari Bali, ketemu di Bali pulang kampung sama mas saya. Cuma main mas, temen e mas saya," tulis pemilik akun @panitia_kembar pada 17 September 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemain Naturalisasi Karang Taruna

Viral 2 Pria WNA Jadi |Pelayan di Acara Pernikahan di Klaten, Lengkap Pakai Peci dan Sarung
Viral 2 Pria WNA Jadi |Pelayan di Acara Pernikahan di Klaten, Lengkap Pakai Peci dan Sarung.  foto: TikTok @panitia_kembar

Momen pria WNA dari Swiss ikut jadi pelayan jamuan di acra nikahan di Klaten ini mendapatkan banyak perhatian dari warganet. Bahkan ada yang beranggapan kedatangan kedua pria itu untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) ala Oxford, hingga bak pemuda desa yang jadi karang taruna.

"KKN dari Oxford University," komentar seorang warganet.

"Gak kalah keren sama pemain bola yang naturalisasi lo," sahut warganet lain membandingkan dengan pesepak bola naturalisasi di timnas Indonesia.

"Naturalisasi karang taruna 😂🥰,” sebut pengguna yang lain.

"Mas Robin" bakal jawab "dalem dek" gk ya," tulis warganet yang lain.

"Mau booking buat bulan november bisa ga ya ini? Kebetulan daerah klaten juga lho aku 😭😭😭 wkwkw," candar warganet lainnya.

Di tahun lalu, ada pengalaman unik dialami pasangan pengantin dari Yogyakarta yang berkaitan dengan para WNA. Momen kocak yang dialami pasangan itu dibagikan dalam laman TikTok @argtnjl.

Dalam video yang berdurasi 15 detik itu, tampak sepasang pengantin yang serasi memakai baju pengantin berwarna merah maroon dan bawahan kain batik. Diketahui, keduanya melangsungkan pernikahan dengan adat Jogja. 


WNA di Acara Pernikahan

Viral 2 Pria WNA Jadi |Pelayan di Acara Pernikahan di Klaten, Lengkap Pakai Peci dan Sarung.
Viral 2 Pria WNA Jadi |Pelayan di Acara Pernikahan di Klaten, Lengkap Pakai Peci dan Sarung. foto: TikTok @panitia_kembar

Menariknya, saat gelaran pernikahan diadakan, banyak bule yang mengerumuni mereka untuk minta foto bareng. "Di saat nikahanmu jadi wisata bule bule," tulis pemilik akun dalam video, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @argtnjl, Kamis, 19 Oktober 2023.

Rupanya, sepasang pengantin itu menggelar pernikahan di Ndalem Ngabean Jogja. Di mana, venue tersebut juga dipakai para turis untuk berwisata.  Gedung ini terletak di dekat Alun-Alun Kidul Jogja, sehingga banyak bule yang berlalu lalang, yang kemudian terkesima dengan acara pernikahan khas di sana.

Dalam video singkat yang dibagikan, tampak rombongan bule yang ramai-ramai meminta foto bareng pasangan pengantin. Mereka pun tampak bergaya saat berpose dengan pangantin.  Menariknya lagi, orang yang memotret mereka adalah kerabat dari mempelai, terlihat dari baju seragam yang dikenakan.

Setelah selesai berfoto, rombongan bule itu pun bersalaman dengan pengantin, layaknya tamu undangan yang mengucapkan selamat atas pernikahan mereka.  Pemilik akun juga menunjukkan foto bareng bule saat di pelaminan. Momen pernikahan itu pun ikut mencuri perhatian warganet.


Pengantin Jadi Spot Foto Turis Asing

Momen Pernikahan Dikira Wisata oleh Rombongan Bule, Ramai Minta Foto Bareng
Momen pernikahan dikira wisata oleh rombongan bule, ramai minta foto bareng. (Sumber: TikTok @argtnjl)

Banyak yang menyebut jika para turis asing itu terkesima dengan kostum adat yang dikenakan oleh pasangan pengantin. Karena itu, pasangan pengantin dianggap sebagai spot foto yang bagus oleh rombongan bule tersebut.  Para bule juga pasti penasaran dengan acara adat yang tidak mereka temui di negaranya.

Pemilik akun juga menjelaskan jika venue yang dia pakai untuk pernikahan memang dilalui oleh para turis saat jalan-jalan, sehingga mereka bebas keluar masuk. Diketahui, bule-bule tersebut silih berganti mengajak foto sang pengantin. "Minta foto sama bule (x). Bule minta foto (v)," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan video.

Video viral yang mencuri perhatian itu pun dibanjiri beragam komentar dari warganet. Selain banyak yang memuji penampilan menawan dari sang pengantin, tak sedikit pula dari mereka menceritakan pengalaman yang sama saat melihat bule tak diundang datang kondangan.

"Haha dikira spot foto kali ya," komentar seorang warganet. "Ini gedung di deket alun-alun kidul ga sihhh. Dulu pas sodara nikahan di sana juga banyak bule2 pada amazed liat nikahan sodara huahahahaha," ujar warganet lain.

 

Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia
Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya