Bendungan PSN Jadi Sarana Pengelolaan Air dan Pereduksi Banjir di 3 Kabupaten di NTT

Presiden Jokowi baru saja meresmikan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, (NTT) Selasa kemarin.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 05 Okt 2024, 05:18 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 06:14 WIB
Bendungan PSN Jadi Sarana Pengelolaan Air dan Pereduksi Banjir di 3 Kabupaten di NTT.
Bendungan PSN Jadi Sarana Pengelolaan Air dan Pereduksi Banjir di 3 Kabupaten di NTT. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, (NTT) Selasa kemarin. Bendungan ini digarap Indra Karya sejak 2017 dengan memiliki luas area genangan mencapai 297 hektare dan daya tampung 45 juta meter kubik yang dirancang untuk mereduksi banjir hingga 15% di Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Malaka.

Pada sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan pentingnya peran air sebagai kunci kemakmuran di NTT, yang mencakup manfaat menanam padi, jagung, dan singkong bagi para petani. “Pemerintah dalam sepuluh tahun ini telah membangun bendungan di NTT ada empat, satu Rotiklot, dua Raknamo, tiga Napun Gete, dan yang sekarang Bendungan Temef,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora menjelaskan, Bendungan Temef merupakan Bendungan Proyek Strategis Nasional (PSN) keempat garapan Indra Karya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Saya mewakili manajemen dan seluruh karyawan Indra Karya berharap bendungan-bendungan di Provinsi Nusa Tenggara Timur bisa menjadi penyedia ataupun pengelola sumber daya air bagi wilayah di sekitarnya. Sekarang sudah terdapat empat bendungan yang kita garap dan telah diresmikan, Raknamo di 2018, Rotiklot di 2019, Napun Gete di 2021, dan Temef di 2024 yang baru saja terlaksana,” terang Gok Ari pasca peresmian Bendungan Temef Kecamatan Oenino dan Polen.

 


Mendukung Ketahanan Pangan Lewat Irigasi

Bendungan PSN Jadi Sarana Pengelolaan Air dan Pereduksi Banjir di 3 Kabupaten di NTT
Bendungan PSN Jadi Sarana Pengelolaan Air dan Pereduksi Banjir di 3 Kabupaten di NTT.  foto: istimewa

Kehadiran Temef yang terletak di desa Oenino dan Desa Kobaki berada di daerah aliran sungai (DAS) Noel Benanain yang memiliki panjang 45,48 kilometer dan luas mencapai 550,98 kilometer persegi. Peran Temef adi kunci kesejahteraan di NTT dengan mendukung ketahanan pangan melalui manfaat irigasi pada lahan seluas 4.500 hektare.

PT Indra Karya (Persero) ikut berkontribusi sebagai BUMN penyedia jasa konsultan supervisi Bendungan Temef yang akan menyediakan kebutuhan air baku untuk 28 ribu keluarga di Kecamatan Polen, Noemuti Timur, dan Kabupaten Malaka, serta memiliki potensi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTM) dengan kapasitas 2 x 1,0 MW.

Acara peresmian itu turut hadir Manajemen PT Indra Karya (Persero) VP Corporate Secretary Okky Suryono, VP Operation and Business Development Gagah Guntur Aribowo, GM Engineering Division I Yuli Astuti, Manager Operasi Amin Mardiyantono Hadi, dan tim Indra Karya Proyek Supervisi Bendungan Temef. 

 

Infografis Siklon Seroja Berlalu, Pulau dan Danau Muncul di NTT. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Siklon Seroja Berlalu, Pulau dan Danau Muncul di NTT. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya