Anggun dengan Setelan Marun, Kate Middleton Peluk Hangat Remaja Penderita Kanker Langka di Istana

Foto Kate Middleton bersama remaja penderita kanker adalah foto resmi pertamanya sejak mengumumkan bahwa pengobatan kankernya telah selesai.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 03 Okt 2024, 07:01 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2024, 07:01 WIB
Anggun dengan Busana Marun, Kate Middleton Peluk Hangat Remaja Penderita Kanker Langka di Istana
Kate Middleton memeluk hangat remaja penderita kanker langka yang diundang ke Istana Windsor. (dok. Instagram @princeandprincessofwales/https://www.instagram.com/p/DAoPPEMNX6F/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton kembali aktif tampil di publik setelah mengumumkan pengobatan kankernya selesai dijalani. Putri Wales itu bergabung dengan suaminya, Pangeran William, menghadiri upacara penobatan di Istana Windsor berdasarkan unggahan di Instagram, 2 Oktober 2024.

Kate sebenarnya tidak menghadiri acara penobatannya. Ia baru menemui seorang remaja perempuan bernama Liz Hatton yang berusia 16 tahun setelah upacara.

Liz adalah remaja penderita kanker langka dan agresif yang diagnosisnya keluar pada Januari 2024. Calon fotografis itu diundang William dan Kate untuk berfoto bersama usai upacara penobatan setelah William mengetahui kisah hidup remaja tersebut melalui London Air Ambulance Charity.

Mengutip Hello Magazine, Kamis (3/10/2024), Liz memenuhi undangan tersebut ditemani ibunya Vicky Robanya, ayah tirinya Aaron dan saudara laki-laki Mateo. Dalam sebuah foto, Kate yang tampil anggun dibalut setelan warna merah marun itu terlihat memeluk hangat remaja tersebut.

Setelah pertemuan tersebut, Pangeran William dan Putri mencuit, "Senang bertemu dengan Liz di Windsor hari ini. Seorang fotografer muda berbakat yang kreativitas dan kekuatannya telah menginspirasi kami berdua. Terima kasih telah berbagi foto dan cerita Anda dengan kami. W&C."

Pertemuan itu juga mengesankan bagi Liz. Melalui media sosialnya, dia membagikan foto-foto tersebut dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para bangsawan atas kebaikan mereka. "Orang-orangnya sangat ramah, tulus, dan baik hati. Saya sangat senang bahwa saya dan keluarga saya mendapatkan pengalaman ini."


Foto Resmi Pertama Kate Middleton Usai Umumkan Selesai Kemoterapi

Anggun dengan Busana Marun, Kate Middleton Peluk Hangat Remaja Penderita Kanker Langka di Istana
Kate Middleton dan Pangeran William berfoto bersama remaja penderita kanker langka bersama keluarganya. (dok. Instagram @princeandprincessofwales/https://www.instagram.com/p/DAoPPEMNX6F/?img_index=1/Dinny Mutiah)

Foto tersebut adalah foto resmi pertama sang putri sejak dia mengonfirmasi bahwa dia akan kembali bekerja setelah perawatan kemoterapinya berakhir. Pada Senin, 9 September 2024, ia mengonfirmasi sudah menyelesaikan proses kemoterapi preventif lewat video pendek yang diunggahnya di Instagram @princeandprincessofwales.

Putri Wales pun menyampaikan perasaannya lewat narasi yang dibacakannya di sepanjang video. Perempuan berusia 42 tahun itu mengungkapkan bahwa sembilan bulan terakhir merupakan masa yang sangat sulit baginya dan keluarga. Kehidupan berubah secara cepat dan ia beserta keluarganya harus mencari jalan keluar dari 'badai dan jalan yang tak jelas ujungnya'.

"Perjalanan kanker itu kompleks, menakutkan, dan tidak bisa diprediksi untuk semuanya, terutama mereka yang paling dekat denganmu," ucap Kate.

Setelah proses pengobatan selesai, fokusnya kini adalah menjaga dirinya terbebas dari kanker. Ia mengatakan bahwa meski kemoterapi selesai, jalannya untuk pulih sepenuhnya masih panjang dan ia harus menjalaninya setahap demi setahap setiap hari.

"Aku bagaimana pun menantikan kembali bekerja dan menjalani sedikit lebih banyak kegiatan publik dalam beberapa bulan mendatang ketika aku bisa," imbuhnya.


Tugas Pertama Usai Pengobatan Kanker Selesai

Makna di Balik Gaun Nuansa Biru yang Dikenakan Kate Middleton saat Umumkan Selesai Pengobatan Kanker
Umumkan selesai jalani pengobatan kanker, intip makna di balik gaun yang dikenakan Kate Middleton. [@princeandprincessofwales].

Perkataannya terwujud. Kate pun mulai bekerja meski tak langsung tampil di publik. Tugas perdananya saat itu tertuang dalam Surat Edaran Pengadilan resmi tentang tugas-tugas yang dilakukan bangsawan yang bekerja.

Melansir Mirror, Rabu (18/9/2024), sebuah entri pada Selasa, 17 September 2024, berbunyi, "Putri Wales, Joint Patron, Yayasan Kerajaan Pangeran dan Putri Wales, sore ini mengadakan 'Pertemuan Anak Usia Dini' di Kastil Windsor." Bahkan saat masih menjalani pengobatan, perhatian Kate pada isu tersebut tetap besar.

Istana Kensington mengonfirmasi bahwa ini adalah pertama kali Kate bekerja sejak ia dirawat di rumah sakit pada Januari 2024 untuk operasi perut. Sang putri menghabiskan dua minggu di rumah sakit sebelum pulang untuk memulihkan diri di rumah.

Beberapa minggu kemudian, dokter menginformasikan diagnosis sekunder kanker sebelum ia memulai kemoterapi pencegahan. Kate mendapat pujian minggu lalu atas pernyataannya yang membicarakan tentang perjalanan kankernya yang "rumit, menakutkan, dan tidak terduga."

Menantu Raja Charles III ini berbagi, "Dengan kerendahan hati, itu juga membawa Anda berhadapan langsung dengan kerentanan Anda sendiri dengan cara yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya, dan dengan itu, (muncul) perspektif baru tentang segala hal."

 


Muncul Saat Kebaktian dan Hadiri Undangan Diam-diam

Kate Middleton
Kenakan blazer kuning dan celana ankle, Kate juga tampak meemsona dengan sneakers putihnya. Kali ini Veja jadi pilihan alas kaki yang digunakan. [Foto: Instagram/ Kate Middleton]

Penampilan perdana Kate di publik sejak ia mengumumkan bahwa kemoterapinya selesai adalah saat ia terlihat duduk di samping Pangeran William yang mengendarai mobil, akhir September 2024. Pasangan Wales itu bergabung dengan Raja Charles III dan Ratu Camilla untuk kebaktian minggu di Gereja Crathie Kirk di Balmoral, Aberdeenshire.

Mengutip Hello Magazine, Senin, 23 September 2024, Kate terlihat mengenakan mantel kotak-kotak berwarna cokelat. Kate memadankan busananya dengan topi bulu dari Hicks & Brown yang pernah dikenakannya saat kebaktian pada Agustus 2024. Sementara, Pangeran William terlihat necis dalam setelan jas dan dasi biru pucat. 

Selanjutnya, Kate juga menghadiri rapat untuk program Natal tahun ini yang biasa ditanganinya sejak beberapa tahun terakhir. Minggu lalu, ibu tiga anak itu juga menghadiri undangan untuk menyaksikan pertunjukan siang Giselle dari English National Ballet di Sadlers Wells. Melalui media sosial setelah pertunjukan tersebut, anggota kerajaan itu menulis, "Selamat dan terima kasih kepada @ENBallet dan @Sadlers_Wells atas penampilan Giselle Akram Khan yang luar biasa kuat, mengharukan, dan menginspirasi. Kreativitas yang terbaik! C."

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya