Hotel Unik di Yogyakarta, Mirip Hidup di Zaman Purba dan Punya Restoran dalam Gua

Sebuah hotel di Yogyakarta menawarkan keunikan bagi tamu dengan konsep seperti menginap dalam gua. Paleo Stone Age, nama hotel tersebut dulunya adalah lokasi tambang kemudian disulap menjadi penginapan unik.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 07 Okt 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 08:00 WIB
Hotel Unik di Yogyakarta, Mirip Hidup di Zaman Purba dan Punya Restoran dalam Gua
Hotel Unik di Yogyakarta, Mirip Hidup di Zaman Purba dan Punya Restoran dalam Gua. (Dok: TikTok @explorewithbella)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah hotel di Yogyakarta menawarkan keunikan bagi tamu dengan konsep seperti menginap dalam gua. Paleo Stone Age, nama hotel tersebut dulunya adalah lokasi tambang kemudian disulap menjadi penginapan unik.

Pengalaman menginap di hotel tersebut diungkap seorang traveler di TikTok dengan akun @explorewithbella pada 1 Oktober 2024. "Hotel ini nawarin pengalaman unik untuk tidur di dalam gua. Udah kayak zaman purba aja nggak sih?" tanyanya di konten tersebut.

Meski konsepnya seperti menginap dalam gua, namun tamu tetap mendapatkan fasilitas selayaknya hotel di era modern. Terdapat AC, toilet duduk, dan tidurnya memakai kasur, wifi dan aminities lainnya.

Secara lokasi hotel tersebut ada di bekas tambang yang sebenarnya masih asri, bukan kota yang tiba-tiba dibangun seperti gua. Di sini mereka pun punya restoran di dalam gua. "Jujur ini cantik banget dan kelihatan mewah, padahal minimalis dan simpel dekorasinya," ulasnya lagi.

Untuk urusan rasa, makanan di restoran tersebut menurutnya tak perlu diragukan lagi. "Jadi mata, hati, dan perut semua happy," cetusnya.

Tak sampai di situ saja, pada malam harinya tamu yang menginap bisa menikmati suasana malam sambil bakar-bakaran menu seperti jagung dengan teman sekamar atau keluarga. Menginap di hotel tersebut menurutnya bisa menjadi alternatif kemping. 

Selain itu tidak perlu takut menginap, karena meski dalam gua di seluruh hotel penerangannya memadai. "Kalau ke sini kalian jangan kupa eksplorasi patungnya ya, dan aku saranin explore-nya malam aja supaya terlihat cantik banget," sarannya lagi.

 


Harga Hotel per Malam

Hotel Unik di Yogyakarta, Mirip Hidup di Zaman Purba dan Punya Restoran dalam Gua. (Dok: TikTok @explorewithbella)
Hotel Unik di Yogyakarta, Mirip Hidup di Zaman Purba dan Punya Restoran dalam Gua. (Dok: TikTok @explorewithbella)

Ada banyak patung manusia purba dan makhluk di zamannya seperti dinosaurus. Untuk Anda yang penasaran, harga kamar di Paleo Stone Age ternyata masih relatif terjangkau yaitu mulai Rp350.000--Rp1.000.000 per malam.

Tertarik menginap? Lokasi hotel ini berada di Jl Betoro Lor, Karangasem, Kecamatan Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta. Konten yang sampai berita ini ditulis sudah disukai oleh lebih dari 5127 pengguna TikTok itu pun mendapat banyak komentar.

"OK AKU CATAT UTK HOTEL BILA KE YOGYA LAGI 🙏🙏🙏," tulis seorang warganet. "sy sdh pernah menginap. seru polll.. aplg buat ank indihome 👍😏," sahut yang lain.

"Aku sdh kesitu...asyik... bisa cm makan di restonya ajaa..." tulis yang lain. "aku pernah disitu dannkmr terbesar tamu pertm nya aku hehhehe itu kt org yg jagan," pengalaman warganet.

"mirip goa lawa ada kafe nya 👍," komentar yang lain. "insya Allah klau libur pengen🙏😃," yang lain tampak tertarik. "Woouooow.. asyiiik .. banget ..👍🤩👍.. pingiiin.." tulis warganet lagi.


Hotel Bawah Tanah yang Unik

Tempat tidur yang disediakan dalam Deep Sleep Hotel, "hotel terdalam di dunia" yang terletak 419 meter di bawah tanah.
Tempat tidur yang disediakan dalam Deep Sleep Hotel, "hotel terdalam di dunia" yang terletak 419 meter di bawah tanah. (Sumber: Go Below)

Mengutip dari kanal Citizen Liputan6.com, 8 April 2024, hotel unik lainnya berkonsep di bawah tanah ada di Wales, Eropa. Hotel Deep Sleep terletak dalam kompleks tambang batu lempung Cwmorthin di Snowdonia, Wales, yang merupakan tambang batu slate terbengkalai terbesar di dunia. Terletak 419 meter di bawah permukaan tanah, hotel ini menjadi hotel terdalam di dunia.

Dibuka resmi pada April 2024 oleh Go Below, hotel ini memiliki empat kabin kamar tidur berdua, kamar tidur pribadi, sebuah ruangan berbentuk gua dengan tempat tidur ganda, area makan, dan fasilitas toilet. Operasionalnya hanya tersedia pada hari Sabtu untuk penginapan satu hari.

Hotel ini menyuguhkan pengalaman menginap yang anti-mainstream di dalam tambang, dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan pemandangan yang memukau. Harganya pun sangat terjangkau, hanya 550 poundsterling per malam atau sekitar Rp11 juta.

Fasilitas yang ada mencakup air mengalir, listrik, dan bahkan Wi-Fi melalui kabel ethernet sepanjang satu kilometer dari antena 4G di permukaan. Tak hanya merasakan tidur di bawah tanah, pengunjung juga bakal melewati rute curam dan menantang melalui poros tambang tua untuk mencapai hotel ini. 


Cara Menuju Hotel yang Unik dan Menegangkan

Tampak dari Deep Sleep Hotel yang terletak di bawah tanah.
Tampak dari Deep Sleep Hotel yang terletak di bawah tanah. (Sumber: Go Below)

Untuk memesan kamar di hotel ini, pengunjung dapat melakukannya secara online, lalu pada hari Sabtu, mereka perlu berkumpul di markas Go Below di sekitar Blaenau Ffestiniog untuk bertemu dengan pemandu terlatih yang akan memandu mereka ke hotel bawah tanah.

Perjalanan menuju ke Hotel Deep Sleep dimulai dengan mendaki selama 45 menit melintasi pegunungan, diikuti dengan istirahat di sebuah pondok kecil sebelum melanjutkan turun ke tambang Cwmorthin. Rute yang menantang ini termasuk tangga-tangga tua, jembatan terlantar, dan slacklines. Keseluruhan perjalanan ke hotel ini biasanya memakan waktu sekitar satu jam.

Saat tiba di Hotel Deep Sleep, para tamu bakal disambut dengan minuman hangat dan hidangan gaya ekspedisi. Dikenal sebagai Deep Sleep, properti tersebut terletak di Snowdonia, Wales, di dasar tambang batu serpih yang ditinggalkan, melaporkan CBS. Pengalaman liburan ini adalah salah satu contoh yang paling nyata dari pepatah lama bahwa perjalanan lebih penting daripada tujuan.  

 

Infografis Destinasi Wisata Bahari yang Populer di Indonesia
Infografis Destinasi Wisata Bahari yang Populer di Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya