Pria Batalkan Nikah Saat Persiapan Hampir Beres 100 Persen, Calon Pengantin Wanita Tuntut Ganti Rugi ke Pengadilan

Calon suami membatalkan pernikahan karena merasa tidak sekufu dengan pihak wanita. Kemudian keluarga wanita mengajukan tuntutan ke pengadilan karena menanggung malu dan pihak pria tidak mau mengganti biaya yang telah dikeluarkan.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 10 Okt 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2024, 03:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi gaun pengantin. (dok. pexels.com/Dmitry Zvolskiy)

Liputan6.com, Jakarta - Pembatalan perkawinan pada saat-saat terakhir bukan saja menyebabkan calon pengantin terpaksa menanggung malu. Keluarga kedua belah pihak juga mengalami kerugian karena telah mengeluarkan uang untuk pesta pernikahan yang telah dikeluarkan.

Di Facebook, seorang pengacara dikenali sebagai Jastina Mohd Junus berkisah tentang wanita asal Malaysia yang memiliki pengalaman yang sama. Jastin mengungkap cerita seorang wanita yang calon suaminya memutuskan batal menikah sebelum tanggal pernikahan.

"Kejadian mirip tak jadi nikah. Saya ada satu kejadian seperti ini. Sebulan lagi akan menikah tiba-tiba pihak laki-laki membatalkan karena alasan tidak sekufu dengan semua persiapan yang sudah dibuat," tulisnya seperti dikutip dari laman Mstar pada Rabu (9/10/2024).

"Masih terngiang-ngiang di telinga saya dalam grup WhatsApp. Pihak perempuan ingin bicara baik-baik untuk ganti rugi persiapan pernikahan, tapi pihak laki-laki bersikeras tidak mau ganti rugi satu sen pun," katanya.

Ia juga masih ingat keterangan keterangan yang diberikan oleh pihak orangtua calon mempelai wanita. Menurutnya, pelapor telah mempersiapkan segala sesuatu untuk acara penting tersebut, seperti katering, membayar biaya penghulu, baju pernikahan, serta suvenir untuk para tamu.

Malah, keluarga serta teman pelapor telah membayar transportasi dan penginapan untuk persiapan acara pernikahan. "Ya mereka menanggung malu dan aib. Semua orang bertanya karena iba sampai trauma tidak ingin mengenal laki-laki lagi. Bapak ibunya malu, terpaksa memberitahu bahwa batal nikah," ceritanya.

Tuntutan Keluarga Perempuan Menang di Pengadilan

Ilustrasi pernikahan, menikah, Islami
Ilustrasi pernikahan, menikah, Islami. (Image by teksomolika on Freepik)

Pernikahan yang kebetulan rencananya akan diadakan setelah Lebaran juga membuat keluarga perempuan tak nyaman. Mereka terus-menerus ditanya alasan batal menikah dengan bermacam spekulasi.

Akhirnya, pihak keluarga perempuan meminta keadilan dan melaporkan kejadian ke pengadilan. "Kami bawa tuntutan itu ke Mahkamah Sipil. Pihak tergugat gagalkan pengaduan atas alasan Mahkamah Sipil tidak memiliki wewenang," kata pengacaranya lagi.

"Tapi tebak? Mahkamah Sipil memiliki bidang untuk mendengar kasus ganti rugi tidak jadi kawin melibatkan orang Islam tapi ada syaratnya," jelasnya.

Selama proses mediasi, pihak laki-laki masih bersikeras tidak mau membayar ganti rugi. Namun, gugatan calon mempelai wanita yang dirugikan menang. "Jadi waktu untuk mereka bayar (ganti rugi) sudah ditentukan, sekiranya mereka tidak bayar sesuai keputusan Mahkamah maka akan kembali bertemu di pengadilan," bebernya.

Menurut pengacara itu, kasus tersebut bukan semata-mata tentang uang. Tapi, kasus ini juga melibatkan nama baik calon pengantin dan keluarganya.

Kisah Selebgram Batal Nikah H-1

Ransel hingga Kamer, Ini 5 Mahar Pernikahan Unik untuk Traveler
Ilustrasi mahar pernikahan (pixabay.com)

Sebuah kisah pilu dialami seorang selebgram asal Sukabumi bernama Devita Sri Suci. Ia batal menikah karena sang calon suami mendadak memutuskan hubungan H-1 sebelum hari pernikahan, padahal Devita telah menggelar siraman dan pengajian jelang pernikahan.

Kisah selebgram Devita batal nikah viral berkat unggahan akun TikTok @developphoto penyedia jasa fotografi yang mengabadikan momen jelang hari bahagianya. "Ini bukan acara nikahan ya mba, ini pengajian dan siraman tanggal 16 Agustus, H-1 acara dibatalkan yaitu tanggal 17 Agustus dan rencana akad dan resepsi tanggal 18 Agustus tapi takdir berkata lain," tulis akun TikTok @developphoto.

Dalam unggahan viral itu, vendor foto yang bertugas memperlihatkan momen calon pengantin wanita menjalani acara pengajian. Devita Sri Suci yang populer di Instagram memiliki pengikuti 35,9 ribu itu tampak memakai busana cantik serba payet bernuansa biru dongker.

Vendor fotografi itu mengajak warganet berdoa serta memberi dukungan untuk Devita. Diketahui unggahan telah ditonton 3,5 juta kali serta banjir komentar dari warganet.

 

Warganet Ikut Syok

Devita Sri Suci, selebgram asal Sukabumi batal menikah H-1 padahal sudah menggelar acara siraman
Devita Sri Suci, selebgram asal Sukabumi batal menikah H-1 padahal sudah menggelar acara siraman. (Dok: TikTok @developphoto)

"Kenapa batal nikah?" tanya seorang warganet di TikTok. "Punten mau tanya ..yang ngebatalin pernikahan dr pihak siapa???" yang lain penasaran juga.

"Lebih baik batal nikah daripada gagal di saat sudah menikah😌," balas warganet lainnya. "Sumpah sedih sesedihnya lemes sakit nyesek pas dikasih tau ka vv batal padahal aku nunggu nunggu bgt hari H nya," warganet lain yang mengenal sang calon pengantin tampak iba.

"Batal nikah ga enak tapi gagal rumah tangga itu lebih nggak enak, jadi nggak enak semuanya," tulis yang lain menguatkan calon pengantin. 

Setelah viral kisahnya, publik pun penasaran dengan sosok Devita Sri Suci. Mengutip dari akun Instagram miliknya, ia adalah seorang Selebgram dan TikToker yang sering berbagi konten kecantikan dan rekomendasi produk.

Ia memiliki pengikut sampai 444,7 ribu pengikut di TikTok, juga 36 ribu pengikut di Instagram. Konten yang Devita buat biasanya membahas tentang ulasan produk mulai dari skincare hingga makeup.

Diketahui Devita dilamar kekasih pada 2023. Hubungan asmara yang terjalin di antara Devita dan sang calon suami ternyata juga sudah lumayan lama. Mereka berpacaran sejak 2019.

Empat tahun setelahnya, pada 23 Desember 2023, Devita dilamar. Sebenarnya di media sosial unggahan tentang pria yang batal menikahi Devita berseliweran di media sosial. Pria itu bernama Yogi Kevi Maulana. 

Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia
Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya