Kriteria Pemimpin Ideal Bagi Jokowi

Bagi Jokowi, seorang pemimpin itu harus mengerti apa yang diinginkan rakyat.

oleh Tim Liputan 6 SCTV diperbarui 20 Mar 2014, 02:06 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2014, 02:06 WIB
Prinsip Kepemimpinan Jokowi
Blusukan menjaring Aspirasi Rakyat

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta yang sangat akrab dengan gaya blusukannya. Nama Joko Widodo alias Jokowi mulai mencuat saat ia menjabat sebagai Walikota Solo.

Sejumlah gebrakan ia lakukan sejak masih menjabat sebagai Walikota Solo. Bahkan gaya blusukannya ternyata menjadi magnet kuat di tengah hausnya masyarakat mencari sosok pemimpin baru. Bagi Jokowi, seorang pemimpin itu harus mengerti apa yang diinginkan rakyat.

"Rakyat selalu ingin didengar apa yang menjadi kesulitan, apa saja yang menjadi permasalahan, dan sebagainya. Problem masyarakat tersebut akan memberi kita kekayaan spiritual dan sebagai latihan batin kita," kata Jokowi dalam tayangan Indonesia Baru di SCTV, Rabu (19/3/2014).

Pemimpin juga harus bisa membagi tugas, pekerjaan dan urusan. "Harus ada batasan antara keluarga, bisnis dan pemerintahan. Jangan dicampur aduk. Istri tidak bisa ikut campur urusan pemerintahan" imbuh dia.

Selengkapnya saksikan di video berikut ini:

(Mevi Linawati)

Baca juga:

[VIDEO] Sejarah Jokowi Senang Musik Cadas

Jokowi Nyapres, Apa Benar Warga DKI Rela?

[VIDEO] Bersentuhan Kulit dengan Rakyat ala Jokowi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya