Chile Gempa, 8 Kabupaten di Jatim Waspada Tsunami

Sebanyak 8 kabupaten/kota di Jawa Timur diharapkan waspada terhadap kemungkinan terjadinya tsunami akibat gempa 8,2 skala Ritcher di Chile.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 02 Apr 2014, 19:38 WIB
Diterbitkan 02 Apr 2014, 19:38 WIB
gempa
Ilustrasi Gempa

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 8 kabupaten/kota di Jawa Timur diharapkan waspada terhadap kemungkinan terjadinya tsunami akibat gempa 8,2 skala Ritcher yang terjadi di Chile. Letak wilayah yang terdampak berada di Jatim selatan.

Delapan kabupaten/kota tersebut yaitu Jember, Pacitan, Malang, Trenggalek, Banyuwangi, Blitar, Tulungagung dan Lumajang. "Sesuai dengan protapnya, kami sudah komunikasikan ke masing-masing kabupaten," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Sudarmawan ketika dihubungi Liputan6.com, Rabu (02/04/2014).

Berdasarkan rekomendasi BMKG, status untuk wilayah Jatim adalah waspada. Untuk status waspada, masyarakat diminta tenang dan jauh dari pantai dan tidak diwajibkan evakuasi. Menurut Sudarmawan, evakuasi baru dilakukan jika status ditetapkan awas.

"Kalau awas baru diberlakukan evakuasi menyeluruh," ujarnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir, gelombang tsunami melanda sejumlah kawasan pesisir Indonesia mulai dari Papua hingga Lampung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya