Penyelundupan 13 Pucuk Senjata Api di Bandara Sentani Digagalkan

Senjata yang ditemukan pagi terdapat di Gudang Cargo Nayag dan dikirim via kargo dari Jakarta.

oleh Katharina Janur diperbarui 11 Agu 2014, 13:15 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2014, 13:15 WIB
bandara sentani

Liputan6.com, Jayapura - Kepolisian Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, menggagalkan penyelundupan 13 pucuk senjata api yang rencananya akan dikirimkan ke Merauke dan Timika.

Kapolsek Kawasan Bandara Sentani, Iptu Yubelina Wally, mengatakan ketiga belas senjata itu di antaranya jenis Jeriko 941 sebanyak 6 pucuk. Goferne M1911 sebanyak 1 pucuk, Revolver 1 pucuk, pistol jenis G26 sebanyak 4 pucuk, APS Karibe 1 pucuk, Seklerko 1 pucuk, dan WG laras panjang 1 pucuk.

"Kami masih terus selidiki dan dalami siapa pemilik senjata ini. Penggagalan senjata ini bisa kami lakukan berkat kerja sama kepolisian dan petugas perhubungan di Bandara Sentani," katanya, Senin (11/8/2014)

Yubelina melanjutkan, senjata yang ditemukan pagi tadi terdapat di Gudang Cargo Nayag dan dikirim via cargo dari Jakarta dan dilanjutkan menuju Timika dan Merauke.

Sebelumnya Polda Papua juga pernah menggagalkan sejumlah penyelundupan senjata api lewat jalur transportasi laut untuk dipasok ke sejumlah wilayah Pegunungan Tengah Papua. Polisi mengklaim sejumlah senjata api ini dipasok dari Ambon, Palu, Papua Nugini dan Filipina bagian Selatan.

Sementara pelaku yang telah diamankan dalam penyelundupan senjata api sepanjang tahun ini ada lebih dari 7 orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya