Klaim Zulkifli Hasan Raih Dukungan 75% Dipertanyakan Timses Hatta

Dengan mengandalkan SK dan disesuaikan dengan KTP, Hatta Rajasa yang masih menjabat sebagai Ketua Umum PAN itu disebut masih unggul.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 10 Feb 2015, 12:30 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2015, 12:30 WIB
Kandidat Ketua Umum PAN Hatta Rajasa bersama Sekjen DPP PAN Zulkifli Hasan (kanan) saat silaturahmi pengurus DPW dan DPD PAN di Kuta, Denapsar, Bali.(Antara)

Liputan6.com, Jakarta - Tim sukses calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengklaim bahwa sang calon sudah memperoleh 75% suara calon pemilih. Namun, tim sukses Hatta Rajasa, yang mencalonkan diri kembali untuk menjadi Ketua Umum PAN pada Kongres PAN mendatang, mempertanyakan klaim tersebut.

"Klaim sih sah-sah saja. Yang jelas kami langsung lakukan verifikasi siapa-siapa yang hadir dan apakah voters atau tidak. Kalau hanya berdasar yang hadir maka bisa saja mengecewakan karena yang hadir banyak tapi bukan voters," ujar Sulistyowati, timses Hatta yang juga Wakil Sekjen PAN melalui pesan singkat, Selasa (10/2/2015).

Karena itu, lanjut Sulistyowati, pihaknya langsung melakukan verifikasi berdasar SK dan disesuaikan dengan KTP. Dia menjelaskan, dengan mengandalkan SK dan disesuaikan dengan KTP, Hatta Rajasa yang masih menjabat sebagai Ketua Umum PAN itu jelas masih unggul.

"Sepanjang yang kami tahu, saat sama-sama pertemuan Indonesia Timur yang hadir di Manado lebih banyak, dan itu berdasarkan SK dan disesuaikan KTP voters yang hadir. Itupun baru Indonesia Timur, belum lagi Jawa, Sumatera dan DPW dan DPD lain," tandas Sulistyowati.

Sebelumnya, Ketua DPP PAN Totok Daryanto menyatakan, dukungan untuk Zulkifli Hasan maju sebagai Ketua Umum PAN sudah mencapai 75% lebih dari peserta kongres dan kader-kader partai di daerah. Sebagian besar pengurus dari daerah Jawa sudah mendukung Ketua MPR tersebut.

Selain itu, menurutnya di Pulau Sumatera, peta kekuatan juga mayoritasnya mendukung Zulkifli Hasan. Baik dari Sumut, Lampung, Kepri, Bengkulu, dan Babel. Saat ditanya soal dukungan di Indonesia Timur, Totok menegaskan perlahan-lahan dukungan mulai datang setelah ada isu ancaman di Plt-kan. (Ado/Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya