Bogor Diguyur Hujan, Katulampa Siaga IV

Ketinggian permukaan Bendungan Katulampa, Bogor, diperkirakan akan terus bertambah.

oleh Bima Firmansyah diperbarui 15 Mar 2015, 17:59 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2015, 17:59 WIB
Bendungan Katulampa
Bendungan Katulampa di Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Bima Firmansyah)

Liputan6.com, Bogor - Tinggi muka air (TMA) di Bendungan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, mengalami peningkatan. Terpantau berada di posisi 60 centimeter atau Siaga IV.

Meningkatnya permukaan bendungan peninggalan zaman kolonial Belanda itu lantaran turunnya hujan dengan intensitas deras di wilayah Puncak dan wilayah Kota Bogor.

"Posisinya sekarang di angka 60 centimeter atau Siaga IV. Pantauan cuaca, hujan deras merata di Puncak dan Bogor," kata penjaga Bendungan Katulampa‎ Andi Sudirman saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (15/3/2015).

Andi memprediksi, ketinggian debit sungai Ciliwung diperkirakan akan terus bertambah karena wilayah Puncak dan sekitarnya hingga kini masih diguyur hujan.

"Untuk di wilayah Katulampa sendiri masih hujan deras," ujar Andi.

Andi mengimbau warga agar selalu waspada, terutama yang tinggal di dekat aliran Sungai Ciliwung. "Kita selalu berkoordinasi dengan pihak pintu air lainnya seperti di Depok dan Jakarta," ungkap dia.

Pohon Tumbang

Hujan yang mengguyur wilayah Bogor sejak siang juga menumbangkan sebuah pohon besar di Jalan Pajajaran, Kota Bogor. Pohon itu menimpa mobil Avanza warna silver.

Peristiwa yang terjadi pada pukul 15.00 WIB itu tak menelan korban jiwa. Sopir mobil Avanza tersebut adalah Ade Kurniawan yang bertempat tinggal di Ranca Bungur, Kecamatan Bogor Barat, Kabupaten Bogor.

"Awalnya saya berangkat dari arah Jambu Dua menuju Botani Square, tapi pas di depan Plaza Telkom kan macet, tiba-tiba pohon tumbang mengenai atap mobil hingga kaca mobil pecah. Alhamdulilah saya selamat," kata dia di tempat kejadian.

Ade menuturkan begitu pohon menimpa mobil, ia langsung mengevakuasi sang istri dan anaknya dan bergegas keluar dari pintu mobil sebelah kiri untuk menyelamatkan diri.

"Pas kejadian, pokoknya saya langsung selamatkan keluarga. Saya dan keluarga shock langsung keluar mobil dari pintu kiri karena di kanan mobil sudah tertutup ranting pohon," tukas Ade. (Ali/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya