Transjakarta Tambah 20 Bus Gratis Thamrin-Semanggi Mulai Senin

Puluhan armada gratis itu akan melintasi rute koridor satu mulai dari kawasan Thamrin, Sudirman, hingga Bundaran Semanggi dan sebaliknya.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 01 Apr 2016, 15:34 WIB
Diterbitkan 01 Apr 2016, 15:34 WIB
20151222-Transjakarta-JT
Petugas mengecek Kopaja terintegrasi Transjakarta terparkir di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Selasa (22/12). Saat ini terdapat 320 bus tampilan baru Kopaja AC yang akan beroperasi di rute-rute yang terintegrasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta PT Transjakarta akan mengoperasikan 20 bus angkutan sedang gratis di koridor satu, mulai Senin 4 April mendatang. Penambahan bus gratis ini untuk mengantisipasi kebijakan penghapusan sistem 3 in 1.

"Mulai Senin kita coba operasikan 20 bus gratis dari Transjakarta. Sebelumnya sudah ada 3, kita tambah jadi 20 bus," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di kantor PT Transjakarta, Jalan Mayjen Sutoyo, Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat (1/4/2016).

Nantinya, puluhan armada itu akan melintasi rute koridor satu mulai dari kawasan Thamrin, Sudirman, hingga Bundaran Semanggi. Begitu juga sebaliknya. Armada gratis itu akan tersedia sampai waktu yang belum ditentukan.

"Kita coba untuk mengantisipasi itu (penghapusan 3 in 1). Animonya kita lihat bagaimana. Nanti ditambah jika memang kurang," tutur Budi.

Tak seperti bus Transjakarta biasa, armada bus gratis itu tidak melalui jalur busway. "Seperti bus reguler lainnya, bus ini akan melintas di kiri, tidak dalam jalur koridor khusus. Operasional dua shift sampai jam 10 malam," terang Budi.

Dia juga menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir apabila penghapusan jalur 3 in 1 akan berdampak pada peningkatan volume kendaraan pribadi.

"Yang pasti koridor satu sudah siap. Masyarakat jangan takut naik kendaraan umum. Kami akan hitung ulang ketersediaan Transjakarta. Apakah koridor satu yang kira-kira sekarang dioperasikan 60 sampai 70 bus ini, sudah cukup atau bagaimana," pungkas Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya