Lepas Kasus Sumber Waras, Ini Senjata Politik Andalan Ahok

Ahok menilai ada satu sifat dan sikap yang membedakannya dari politikus lain.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 16 Jun 2016, 12:34 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2016, 12:34 WIB
Kilas Balik Ahok, Gubernur Baru Jakarta
Pada tahun 2009, Basuki mencalonkan diri dan terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Bangka Belitung mewakili Partai Golkar. Ia sukses meraup 119.232 suara dan duduk di Komisi II. (Dok.Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama aliasĀ Ahok dikenal sebagai pejabat yang galak dan berani. Namun, dia menilai bukan sifat 'pemarahnya' yang membedakan dirinya dari politikus lain.

Menurut dia, ada hal pokok yang menjadi pembeda itu. Yakni, sikapnya yang bersih dan berani mengungkap harta kekayaan milikinya.

"Apa yang membedakan saya dengan politikus yang umum? Saya bersih, saya berani periksa harta saya, biaya hidup saya, saya berani dorong undang-undang pembuktian harta terbalik pejabat. Saya selalu katakan, kalau pejabat tidak bisa buktikan harta dari mana tidak boleh jadi pejabat," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Kemudian, dia menceritakan konsistensinya mempopulerkan transakasi nontunai sejak masih menjabat anggota DPRD di Belitung. Hal itu juga yang diterapkan di DKI. Sistem ini diusungnya untuk menjaga 'kebersihan' di lingkungan kerjanya.

"Kamu pernah enggak dengar pejabat sekelas saya ngomong konsisten dari DPRD, sampai bupati, sampai DPR RI, sampai sekarang. Konsisten saya teriakan itu (pembuktian harta) saya juga pejabat yang mengatakan kunci memberantas korupsi adalah tidak boleh ada transaksi tunai, seluruh Indonesia. Saya sampaikan juga, gaji mesti naik kan. Makanya kita lakukan di DKI," kata Ahok.

Hal tersebut juga yang membuatnya sulit digoyang oleh lawan politik. Beberapa waktu lalu, mantan Bupati Belitung Timur itu sempat diterpa isu korupsi dalam pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Namun, KPK tidak menemukan bukti ada indikasi korupsi.

Dia menduga lawan politiknya sengaja mencari cara lain untuk menjatuhkan nama baiknya. Kali ini melalui kasus suap reklamasi.

"Sama kayak kasus Sumber waras kan, pengin bangkitkan opini ke orang, 'Ahok itu enggak bersih', yang dijual Ahok, Ahok punya brand apa sih? Saya bersih. Jadi bangun opini itu, jadi merek saya ini pengin dihancurin tahu enggak? Berapa banyak sih yang ngomong soal Sumber Waras saya pasti salah coba? Banyak yang ngomong. Sampai BPK saja ngomong," tukas Ahok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya