Imam Besar Istiqlal: Tak Ada Masalah Keagamaan Serius Saat Ini

Menurut Nasaruddin, harus dibedakan antara masalah dengan tantangan. Saat ini Indonesia tengah mengalami pembengkakan kualitas umat.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 06 Apr 2017, 07:49 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2017, 07:49 WIB
Nasaruddin
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (Liputan6.com/Ahmad Romadoni)

Liputan6.com, Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar menilai tidak ada masalah serius soal keagamaan di Indonesia saat ini. Sejauh ini semua masih berjalan wajar saja.

"Kalau saya melihat enggak ada problem serius dialami bangsa ini dari segi keagamaan. Semua berjalan apa adanya dan Insyaallah semua wajar-wajar semua," kata Nasaruddin Umar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 5 April 2017.

Hal itu disampaikan pula saat berdiskusi dengan Presiden Jokowi. Berbagai hal dibicarakan dalam diskusi yang dilakukan sambil santap siang itu.

Menurut Nasaruddin, harus dibedakan antara masalah dengan tantangan. Saat ini Indonesia tengah mengalami pembengkakan kualitas umat. Penambahan kualitas ini tak lepas dari peran pemerintah dalam meningkatkan pelayanan pendidikan.

"Ternyata ada hasilnya, ada buahnya. Terjadilah pembengkakan kualitas umat, pembengkakan kader warga bangsa. Otomatis nilai kritisnya muncul. Jadi harus bedakan antara nilai kritis yang semakin kuat dan problem itu sendiri," ujar dia.

Hal inilah yang harus disikapi dengan bijak baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Memang setiap bangsa punya masalahnya sendiri, tinggal bagaimana menyelesaikan masalah dan tantangan itu.

"Nah bangsa indonesia juga tidak luput dari persoalan kecil, memang butuh kerja sama. Mungkin dalam rangka itu Pak Presiden meminta saya juga ikut berbicara soal hal itu," ujar Nasaruddin Umar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya