Menteri Lukman: Persiapan Haji 2017 Mendekati Final

Persiapan mulai dari penginapan hingga catering

oleh Taufiqurrohman diperbarui 08 Jul 2017, 07:22 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2017, 07:22 WIB
Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1438 H Jatuh Hari Minggu
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan persiapan pelayanan ibadah haji pada tahun ini progresnya sudah semakin membaik.

Lukman menyampaikan, ada dua persiapan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Rai baik di Indonesia maupun di Tanah Suci, Arab Saudi.

"Alhamdulillah di Tanah Suci hampir mendekati final karena sejumlah hotel baik di Makkah di Madinah itu seluruhnya tersewa sudah kontrak, termasuk juga seluruh perusahaan catering," kata Lukman Hakim Saifuddin di Kantor akementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 7 Juli 2017.

Terkait urusan perusahaan transportasi yang akan membawa seluruh jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Makkah maupun dari Makkah ke Madinah, begitu juga dari Jeddah ke Makkah termasuk dengan Arafah dan Mina, juga sudah hampir rampung 100 persen.

"Jadi boleh dikatakan hampir 100 persen persiapan di Saudi Arabia ini sudah mendekati final," ungkap dia.

Sementara, persiapan pelayanan haji di Tanah Air yang sedang dikebut pengerjaannya, yakni terkait dokumen perjalanan termasuk proses visa jemaah haji yang akan menunaikan rukun Islam yang kelima pada tahun ini.

"Ini terus kita intenskan, sehingga kemudian pada saatnya nanti pada 28 Juli itu adalah tanggal kloter pertama seluruh jemaah haji, kita berangkatkan dari seluruh embarkasi ada 13 embarkasih yang akan memberangkatkan seluruh jemaah haji kita," beber Lukman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya