Lawan Radikalisme, Polisi di Tangerang Ceramah Keliling Masjid

Sabilul menganggap cara itu merupakan bagian dari upaya melawan keyakinan radikal dan pemikiran ekstrem.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 04 Agu 2017, 18:11 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2017, 18:11 WIB
Kapolresta Tangerang AKBP Sabilul Alif
Kapolresta Tangerang AKBP Sabilul Alif dalam acara diskusi mencegah paham radikalisme (Liputan6.com/Delvira Chaerani Hutabarat)

Liputan6.com, Tangerang - Sejumlah cara dilakukan Polresta Tangerang untuk mendeteksi dini tindak radikalisme. Salah satunya dengan membuat Pos Khidmat atau program Polisi Ceramah Kamtibmas setelah salat Jumat.

Kapolresta Tangerang AKBP Sabilul Alif mengatakan, ceramah polisi selalu diisi dengan materi yang menyejukan. Sabilul menganggap cara itu merupakan bagian dari upaya melaywan keyakinan radikal dan pemikiran ekstrem.

"Jadi, program ini kita giatkan untuk memberi masukan soal paham-paham mana yang benar dan yang tidak," kata Sabilul di Aula Puspemkab Tangerang, Jumat (4/8/2017).

Tak hanya Pos Khitmad, Polresta Tangerang juga membentuk program Pos Ngariung yang dilakukan setiap malam. Pon Ngariung juga melibatkan para tokoh agama dan masyarakat. 

"Pos ngariung maksudnya polisi ngobrol bareng menjaga kampung. Kami akan melibatkan Kiai dan ibu-ibu," kata dia.

AKBP Sabilul menyebut, Polresta Tangerang terus melakukan pendekatan ke para ibu-ibu dengan membentuk kegiatan khusus Perempuan dan anak yang dinamakan Pos Purna (Polisi Peduli Perempuan dan Anak). Dia percaya, ibu menjadi benteng awal untuk menjauhkan anak dari hal-hal negatif, termasuk radikalisme.

"Program ini dibentuk karena anak-anak mudah terkena (radikalisme). Nanti ibu yang mengetahui bisa melaporkan," Sabilul menandaskan.


Saksikan video Menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya