Jelang Tarawih Akbar, Pengurus Istiqlal Antisipasi Pembagian Takjil

Jemaah tarawih akbar di Masjid Istiqlal diprediksi mencapai puluhan ribu.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Mei 2018, 18:06 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2018, 18:06 WIB
Khusyuk, Ribuan Jemaah Salat Tarawih Pertama di Masjid Istiqlal
Jemaah saat menunaikan salat tarawih malam pertama Ramadan 1439 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (16/5). Tarawih malam pertama Ramadan 1439 H di Masjid Istiqlal dihadiri oleh ribuan jemaah. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Masjid Istiqlal tak melakukan persiapan khusus jelang tarawih akbar bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Acara itu rencananya akan dihelat di Masjid Istiqlal, Sabtu (26/5/2018).

"Kita enggak ada persiapan khusus. Ya paling persiapan antisipasi kalau pada saat pembagian takjil," kata Kepala Bagian Protokol Abu Hurairah Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, Jumat (25/5/2018).

Ia memperkirakan peserta tarawih akbar yang akan ikut berbuka puasa bersama di Istiqlal mencapai puluhan ribu orang. Padahal, di hari biasa jemaah yang berbuka puasa di Istiqlal hanya 6 ribuan.

"Nah kalau ditambah sama mereka yang peserta tarawih Akbar itu datang sebelum Magrib, mana coba, siapa yang mau kasih makan," ungkapnya.

Untungnya, Pemerintah Daerah turun tangan membantu. meski, menurut Hurairah, bantuan berupa paket makanan kecil.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pindah Tempat

Seperti diketahui, awalnya Pemprov DKI berencana melaksanakan Salat Tarawih Akbar di Monas pada 26 Mei mendatang. Namun, ide itu menuai kritik dari berbagai ulama.

Akhirnya rencana salat berjemaah tersebut dialihkan, dari Monas ke Masjid Istiqlal. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, keputusan tersebut diambil guna mengakomodir masukan dari ulama.

"Kita mendengar yang disampaikan para ulama, kita dalam urusan ibadah ya merujuk pada para ulama. Karena itu kemudian rencana Salat Tarawih akan tetap diadakan pada 26 Mei dan InsyaAllah di Masjid Istiqlal," katanya di Balai Kota Jakarta, Senin (21/5).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengklaim sudah berkoordinasi dengan para ulama termasuk MUI dan juga pengurus masjid Istiqlal terkait rencana Tarawih Akbar itu.

Reporter: Nur Habibi

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya