Ini Bukti Jokowi Dukung Pemberantasan Korupsi

Selain fokus pada pencegahan korupsi, Jokowi mengatakan memberikan perhatian yang kuat pada upaya penegakan HAM.

oleh Hanz Jimenez SalimMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 16 Agu 2018, 11:34 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2018, 11:34 WIB
Lihat Kemeja Motif Unik Jokowi Saat Cek Kesehatan di RSPAD
Bakal calon presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) dan KH Ma'ruf Amin (kiri) saat tiba di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8). Jokowi mengenakan kemeja unik bertuliskan 'Bersih, Merakyat, Kerja Nyata'. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memgungkapkan komitmennya untuk memberantas korupsi dalam pidato kenegaraannya di MPR/DPR/DPD. Sebab, kata dia, korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dilawan dengan cara-cara yang luar biasa.

"Pemerintah akan terus mendukung upaya KPK untuk memberantas korupsi. Pemerintah juga memberikan prioritas yang tinggi pada upaya pencegahan sebagaimana halnya dengan upaya penindakan," kata Jokowi di Gedung MPR/DPR/DPD, Kamis (16/8/2018).

Untuk itu, kata Jokowi, pemerintah telah mengeluarkan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, melalui Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2018 sebagai arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi.

Selain itu, Pemerintah juga meneruskan inisiatif Saber Pungli, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang sampai semester I tahun 2018 telah melaksanakan 2.911 kegiatan Operasi Tangkap Tangan.

Selain fokus pada pencegahan korupsi, Jokowi mengatakan memberikan perhatian yang kuat pada upaya penghormatan, perlindungan, pemenuhan, dan penegakan Hak Asasi Manusia.

Inilah, kata dia yang menjadi semangat Pemerintah dalam mengeluarkan PeraturanPresiden Nomor 33 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Tahun 2015-2019.

"Pemerintah berupaya mempercepat penyelesaian kasus-kasus HAM masa lalu serta meningkatkan perlindungan HAM agarkejadian yang sama tidak terulang lagi di kemudian hari," ujar dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya